Wisata  

Simak Tips Ke Nusa Penida Sendiri – Dijamin Lebih Murah

Tips Ke Nusa Penida Sendiri

Tips Ke Nusa Penida Sendiri –  Ternyata ada juga tidak ingin menghabiskan waktu liburan di tempat wisata karena mahalnya biaya tour. Apalagi jika wisata dilakukan bersama keluarga, jumlah pesertanya sangat banyak. Bisa dipastikan biaya yang dibutuhkan untuk liburan tentu lebih banyak.

Padahal, jika Anda tahu cara menghemat liburan, tentu Anda akan lebih menghemat biaya yang dibutuhkan. Dan juga kita juga akan membahas Tips Ke Nusa Penida Sendiri. Kita harus tahu dulu tentang Nusa Penida.

Apalagi bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke Nusa Penida pasti pernah mendengar tentang Nusa Penida namun belum pernah ke sana. Ya, jika kita berada di luar pulau Jawa, kita pasti membutuhkan jarak yang jauh untuk sampai ke Nusa Penida.

Karena Nusa Penida sendiri berada di selatan pulau Bali. Jadi bagi anda yang ingin ke Nusa Penida harus ke Bali.

Baca juga : Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Untuk sampai ke Nusa Penida, Anda harus memahami cara menyeberang dari Bali. Anda juga harus menyiapkan uang tambahan untuk biaya penyeberangan. Agar tidak kekurangan anggaran, menghitung biaya adalah pilihan terbaik sebelum ke sana.

Simak Tips Ke Nusa Penida Sendiri – Dijamin Lebih Murah

Untuk bisa menghemat biaya saat liburan ke Nusa Penida, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Berikut tips liburan ke Nusa Penida agar lebih hemat dan irit

Pilih Tour Agent Yang Menyediakan Paket Tour Termurah

Jika Anda memutuskan untuk berlibur, gunakan paket wisata untuk menghemat biaya. Pastikan Anda memilih agen wisata yang menyiapkan paket wisata dengan harga termurah.

Anda bisa mengecek beberapa agen tour untuk mendapatkan informasi biaya tour ke Nusa Penida menggunakan paket tour. Biasanya setiap agen menawarkan paket harga dan fasilitas yang berbeda.

Tanya teman atau keluarga yang pernah ke Nusa Penida

Yang pernah ke Nusa Penida pasti sudah tahu cara menuju Nusa Penida. Dengan teman atau saudara yang tahu cara menuju Nusa Penida, Anda akan lebih menghemat waktu dan uang di Nusa Penida.

Jika teman atau saudara menggunakan paket wisata, Anda juga dapat berkonsultasi dengan mereka tentang layanan dari agen mana yang paling tepat untuk digunakan.

Jika jaraknya dekat, lebih baik berjalan kaki

Banyak sekali tempat wisata di Nusa Penida yang bisa dikunjungi. Jika Anda sudah merencanakan liburan dari satu tempat ke tempat lain, dan jaraknya dekat, sebaiknya lakukan dengan berjalan kaki. Ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk sewa kendaraan di Nusa Penida.

Coba Pilih Makanan yang Lebih Murah Tapi Sehat

Mungkin kita bisa dengan mudah menemukan restoran di Nusa Penida. Untuk menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam, pastikan Anda memilih restoran yang paling murah.

Selama Anda memilih makanan yang sehat, mungkin tidak menjadi masalah saat berlibur ke sana. Daripada Anda harus menghabiskan banyak anggaran untuk makan di restoran.

Tips Ke Nusa Penida Sendiri berikutnya adalah Siapkan Uang Tunai

Nusa Penida tidak seperti Bali yang memiliki mesin ATM hampir di setiap titik keramaian. Tidak mudah menemukan mesin ATM di Nusa Penida, meskipun ada yang jaraknya cukup jauh.

Oleh karena itu, saya sarankan Anda menyiapkan uang tunai terlebih dahulu agar tidak perlu repot mencari ATM. Pastikan Anda memiliki cukup uang tunai untuk akomodasi, hadiah, kebutuhan pribadi, dan pengeluaran tak terduga.

Pilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

Waktu keberangkatan juga harus diperhatikan sebelum menentukan waktu perjalanan. Sebaiknya jangan pergi ke Nusa Penida saat musim hujan, karena umumnya angin dan ombak akan cukup kencang. Terutama mereka yang takut air, bisa sangat bersemangat di sepanjang jalan.

Kemudian yang harus anda perhatikan lagi adalah menyesuaikan jadwal liburan anda ke nusa penida dengan jadwal hari raya hindu. Hal ini dikarenakan hampir sepanjang tahun umat Hindu memiliki ritual sembahyang, sehingga sewaktu-waktu pemerintah daerah dapat menutup penyeberangan ke Nusa Penida atau pulau lainnya.

Tips Ke Nusa Penida Sendiri lainnya adalah Sewa Pemandu Wisata

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengunjungi Nusa Penida, saya sarankan Anda menyewa Pemandu Wisata. Hal ini untuk memudahkan anda, karena sinyal di Nusa Penida masih cukup buruk, sehingga anda akan kesulitan untuk membuka GPS.

Menggunakan jasa pemandu wisata tentu sangat membantu karena biasanya mereka lebih tahu kapan waktu yang tepat untuk datang ke suatu tempat wisata, kemudian juga menjelaskan lebih jauh tentang kearifan lokal.

Tips Ke Nusa Penida Sendiri

Pastikan Tubuh Anda Dalam Kondisi Prima

Anda harus memastikan tubuh Anda dalam kondisi prima. Bawa vitamin dan obat untuk jaga-jaga. Dan yang paling penting, jangan memaksakan perjalanan jika tubuh Anda merasa tidak bisa melakukannya.

Sebelum pergi berlibur ke pantai Nusa Penida, Anda bisa mempersiapkan hal-hal berikut untuk memudahkan Anda selama liburan.

1. Siapkan Fisik

Karena pantai-pantai di Nusa Penida terkenal dengan tebing-tebingnya yang tinggi, tentunya untuk bisa menyentuh pasir pantai dan ombaknya anda harus turun jauh kebawah. Karena tebing di Nusa Penida yang menjulang tinggi, tentunya Anda harus melewati ratusan anak tangga.

Oleh karena itu, sebelum mengunjungi Nusa Penida untuk menikmati keindahan bentang alamnya, Anda perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Salah satunya dengan berolahraga.

2. Sediakan Sunblock

Cuaca panas Nusa Penida perlu menjadi perhatian Anda. Sebaiknya siapkan sunblock untuk mengurangi sunburn saat berlibur di Nusa Penida.

Tabir surya dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV. Tambahan kacamata, topi, dan syal bisa membantu Anda menghindari terik matahari di Nusa Penida.

3. Sisihkan lebih banyak anggaran untuk konsumsi

Daerah ini cukup kering, sehingga masyarakat tidak dapat memenuhi beberapa kebutuhan secara mandiri. Hampir semua kebutuhan pokok, seperti beras dan sayur-sayuran, didatangkan dari kota-kota di pulau Bali.

Untuk menyebabkan barang di sana mahal. Maka dari itu, untuk liburan di Nusa Penida harus menyiapkan budget lebih untuk konsumsi.

Anda ingin berhemat saat berlibur di Nusa Penida, Anda bisa membawa botol minum dan mengisi ulang botol Anda di hotel. Selain itu, Anda bisa membawa snack atau roti sebelum menyeberang ke Nusa Penida untuk menghemat budget Anda.

4. Gunakan Penyedia Pendukung

Karena sinyal internet yang tidak memadai, Anda tidak boleh berani pergi sendiri tanpa pemandu wisata. Karena bisa jadi Anda akan kesulitan mencari tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Selain menyiapkan provider pendukung, Anda juga bisa mengandalkan pemandu wisata dari masyarakat lokal di sana yang sudah familiar dengan rute dan lokasinya.

Atau jika Anda memiliki kenalan di sana, Anda juga bisa mengandalkan mereka untuk berkeliling Nusa Penida. Jangan sampai Anda pergi sendiri, tanpa sinyal dan orang yang mengerti kawasan Nusa Penida.

5. Pilih Akomodasi dan Transportasi yang Nyaman

Memilih akomodasi yang nyaman juga disarankan bagi Anda yang hanya ingin staycation di Nusa Penida. Anda bisa memilih hotel di Nusa Penida yang nyaman dengan pemandangan pantai yang indah.

Selain itu, perlu memperhatikan transportasi penunjang, mengingat topografi Nusa Penida yang berbukit dan berliku. Hal ini seringkali menyulitkan pengemudi untuk mengemudikan kendaraan.

Jika Anda kurang mahir berkendara dengan kondisi jalan yang berkelok dan sempit, tidak disarankan membawa mobil atau motor sendiri.

Lebih baik jika Anda menyewa mobil dengan sopir, sehingga Anda dapat duduk dengan tenang dan nyaman sampai Anda tiba di tempat tujuan.

Baca juga : 8 Tempat Belanja Murah di Bali yang Belum Banyak Orang Tahu!

Nah itu dia beberapa Tips Ke Nusa Penida Sendiri semoga bermanfaat ya.. selamat berlibur