Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida. Umat Hindu di Bali nih guys pernah dihebohkan dengan keberadaan dari Pura Mobil di Nusa Penida. Karenanya, tempat suci dari pura yang mistis tersebut berlokasi di Dusun Banjar, Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung-Bali yang anggap mempunyai bentuk artisektur yang tidak biasa ini nih.

Terdapat 13 pelinggih dan dua pelinggihnya yang berbentuk serupa dengan mobil. Wah kok bisa yaaa..

Mirip sekali nih dengan mobil jeep bentuknya dan dipercaya bahwa itu adalah pelinggih Ida Bhatara Ratu Gede Ngurah (siwa) dan Hyang Mami (Durga). Sementara itu, untuk bentuk yang satunya menyerupai dengan mobil VW kodok (VW Beatle),pelinggih dari para pengikutnya.

Masih banyak nih dari umat Hindu yang penasaran dengan fenomena tersebut. Kira-kira yang mana yang dijadikan sebagai pendirian pelinggih dari mobil tersebut.

Selama ini nih, umat Hindu di bali telah mempunyai landasan untuk panduan ketikan merancang dan membangun bangunan arsitektur (pemujaan/pelinggih) tradisional Bali yang terdapat dalam lontar Asta Kosala Kosali ini. Lontar tersebut mengenai falsafah dari terbentuknya arsitektur pura yaitu Tri Hita Karana, Panca Maha Buta dan Nawa Sanga.

Sumber Tentang Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Selain dari Asta Kosala Kosali ini nih, telah dibahasa dalam lontar Dewa Tattwa, Kusumadewa, Ithi Prakerti Padmabhuwana, Anda Bhuwana dan lain-lainnya. Landasan-landasan mengenai bangunan tradisional tersebut juga memiliki keterkaitan tentang ajaran etika dan moralitas kehinduan dari umatnya.

Apabila terhubung nih dengan sastra atau lontar yang ada, maka Pandita Dukuh Samiaga ini nih guys memberikan ungkapan bahwa pendirian dari pelinggih mobil bisa dikatakan tidak memakai landasan panduan rancang bangun arsitektur Tradisional Bali, yang memang tidak biasa digunakan oleh masyarakat Hindu Bali.