Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Sejarah Pura Mobil Di Nusa Penida

Sampai saat ini, masyarakat sekitas masih belum menemukan dasar dari tatwa itu sendiri atau sejarah yang tertulis atau disebut lontar terhdapa pendiri dari pelinggih mobil tersebut.

Oleh karenanya nih, ini telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat Karang Dawa. Namun beberapa tulisan yang membahasa terkait Pura Mobil ini terbangun dari fondasi mitos yang sanagat kuat.

Cerita tentang Pura Mobil Di Nusa Penida

Telah diceritakan dahulu nih jika warga Dawa berniat untuk membuka sebuah lahan perkebunan baru di area Pura Mobil dan dalam proses pengerjaannya, ditemukan beberapa batu karang besar yang harus dipindahkan ke tempat lain namun ketika batu tersebut dipindahkan keesokan harinya batu tersebut kembali ketempatnya semula.

Kejadian aneh seperti ini bukanlah yang pertama saja. Bahkan ketika dipindahkan batu itu akan tetap kembali ke tempatnya yang membuat masyarakat merasa sangat aneh dan tidak wajar dengan kejadian tersebut.

Lelah dengan itu, warga akhirnya meminta bantuan kepada orang yang tahu dengan hal-hal mistis. Hasil penerawangannya menjelaskan bahwa agar mereka mendirikan bangunan suci yang berada di kawasan tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa pada awalnya itu dibuatkan pelinggih sederhana berupa tumpukan batu. Dalam prosesnya tersebut, ada petunjuk yang sangat nyata dan niskala gaib bahwa Ida Bhatara yang berstana di Pura mobil mempunyai kendaraan “kereta” beroda empat tanpa kuda (menyerupai mobil).

Sebelum munculnya pelinggih mobil ini, setiap piodalan di pura tersebut sering terjadi kerasukan dan meminta untuk dibuatkan bangunan suci berbentuk kereta tanpa kuda atau mobil. Akhirnya nih dibangunlah kedua pelinggih tersebut yang awalnya hanya  terdapat dua pelinggih berbentuk mobil.

Tetapi setelah banyaknya orang yang melakukan sembahyang, maka dibangunlah pelinggih-pelinggih lainnya yang kemudian berkembang hingga saat ini.

Walaupun nih keluar dari bangunan tradisional bali, tetapi tidak menyurutkan hasrat berspiritual warga setempat. Telah lama warga di Karang Dawa ini menjadikan pelinggi berbentuk mobil tersebut sebagai tempat pemujaan.

Mitos tentang Pura Mobil Di Nusa Penida

Kisah-kisah mitos yang diceritakan dari zaman nenek moyang semakin menguatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kebesaran dan kekuasaan Hyang Mami. Tetapi, semakin kesini nih guys keberadaan dari ‘aura mistis’dari Pura Mobil semakin kuat yang menundukkan keyakinan masyarakat setempat. Sebab keberadaan kuasa Hyang Mami semakin nyata dirasakan oleh masyarakat Karang Dawa.