Wisata  

Wisata Tersembunyi Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Wisata Tersembunyi Pantai Tegal Wangi Jimbaran
Suasana Sunset di pantai tegalwangi yang Terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya dekat dengan Ayana Resort Hotel. photo credit by nativindonesia.com

Wisata Tersembunyi Pantai Tegal Wangi Jimbaran – Terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya dekat dengan Ayana Resort Hotel. Anda bisa pergi ke Pura Tegal Wangi kemudian anda akan melihat pemandangan pantai pasir putih yaitu Pantai Tegal Wangi Jimbaran yang terletak tepat di depan pura.

Waktu tempuh jika berangkat dari Garuda Wisnu Kencana memakan waktu 16 menit perjalanan atau setara dengan 5,5 km.

Namun, jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, akan memakan waktu 30 menit berkendara. Bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak dipungut biaya baik parkir maupun tiket masuk. Anda bisa datang ke tempat ini kapan saja karena buka setiap hari.

Pilihan Transportasi Menuju Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Jika ingin ke Pantai Tegal wangi Jimbaran bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Jika Anda pendatang baru, Anda bisa menyewa kendaraan sekaligus menyewa jasa sopir.

Atau bisa juga pesan ojek online, namun yang perlu diketahui adalah sangat sulitnya mencari ojek online dari pinggir pantai.

Salah Satu Pantai Tersembunyi Di Bali

Pantai Tegal Wangi Jimbaran merupakan salah satu pantai tersembunyi. Perjalanan menuju lokasi harus melewati jalan berkelok-kelok yang sudah diaspal, disepanjang perjalanan juga akan melewati banyak pepohonan di kiri kanannya.

Meski lokasinya tersembunyi, namun sesampainya di sana Anda akan melihat banyak wisatawan yang berkunjung, terutama pada sore hari.

Pantai dengan Pemandangan Matahari Terbenam

Jika ingin melihat sunset yang sangat indah, maka datanglah ke Pantai Tegal Wangi. Perjalanan panjang dan harus melewati banyak pepohonan akan terbayar dengan pemandangan di Pantai Tegal Wangi.

Sunset yang dipadukan dengan deburan ombak pantai menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jangan lupa membawa kamera agar bisa mengabadikan momen spesial tersebut.

Pantai dengan Kolam Batu

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tegal Wangi tidak diperbolehkan berenang atau melakukan olahraga air lainnya. Ini karena ombaknya selalu besar.

Namun jika ingin bermain air, maka manfaatkan kolam yang terbuat dari bebatuan yang terletak di pinggir pantai. Kolam batu karang ini menjadi salah satu spot foto menarik yang menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

Bisa Melihat Perahu Nelayan

Daya tarik selanjutnya di Pantai Tegal Wangi adalah Anda bisa melihat pemandangan perahu nelayan yang berjalan di tengah pantai. Pemandangan ini akan sangat indah jika kapal berlayar saat matahari terbenam.

Menuju Bibir Pantai Harus Melewati Anak Tangga Berbatu

Sebagian besar pantai di Jimbaran terletak di bagian bawah, jadi jika Anda ingin pergi ke pantai, Anda harus melewati beberapa anak tangga. Lain halnya dengan Pantai Tegal Wangi, Anda harus melewati anak tangga yang terbuat dari bebatuan karang. Anda harus berhati-hati saat turun karena bebatuannya tajam.

Pesona Pantai Tegal Wangi Jimbaran tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Berkunjung ke tempat ini sangat cocok jika Anda datang bersama keluarga. Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam dari atas tebing jika enggan turun.

Lokasi pantai Tegal Wangi di Jimbaran

Berada di kawasan desa adat Jimbaran, tepatnya jalan menuju hotel Ayana Resort. Ikuti penunjuk arah ke arah Pura Tegal Wangi, dan Anda akan melihat hamparan pantai tepat di depan pura.

Di pantai ini, Anda bisa melihat panorama tebing tinggi dengan pepohonan hijau jika Anda berada di tepi tebing sebelum memasuki pantai Tegal Wangi. Hotel Ayana Resort juga terlihat dari tebing ini dan Rock Bar juga terlihat dari tempat ini.

Untuk mengakses pantai ini sangat mudah karena jalannya sudah beraspal yang bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Pantai Tegal Wangi terletak di Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Lokasinya berada di Pura Segara Tegal Wangi dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Jika Anda datang dari Pantai Muaya Jimbaran, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 kilometer. Dari hotel Ayana (sebelumnya Ritz Carlton) hanya berjarak sekitar 100 meter. Jadi agar lebih mudah menuju lokasi, cari dulu petunjuk arah menuju Hotel Ayana.

Sebelum memasuki security check di Hotel Ayana terdapat jalan yang belok kanan dan terus mengikuti jalan tersebut dan anda akan sampai di tempat parkir Pura Segara Tegal Wangi. Disarankan agar pengemudi selalu berhati-hati dan mengurangi kecepatannya.

Pantai ini memiliki tebing-tebing yang tinggi, sehingga dari depan Pura Tegal Wangi kita akan melihat keindahan pantai dari atas karang dengan deburan ombak yang keras dengan air biru kehijauan yang mendekati pantai berpasir putih kasar.

Untuk menuju pantai dari depan Pura Tegal Wangi kita harus menuruni jalan yang agak terjal, dengan berjalan kaki sekitar 20 meter kita akan sampai di pantai Tegal Wangi, jadi kita harus berhati-hati karena tidak ada tangga. Pantai Tegal Wangi hanya memiliki garis pantai kurang lebih 100 meter.

Meskipun pantai ini memiliki wilayah yang kecil dan garis pantai yang pendek, namun memiliki keindahan yang sangat menawan. Apalagi jika berkunjung pada sore hari karena kita akan melihat keindahan matahari terbenam atau sunset di Bali. Pantai ini juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan oleh desa adat setempat seperti upacara melasti.

Kegiatan Yang Biasa Dilakukan Pengunjung

Bersantai untuk menyegarkan otak, memancing ikan, dan berfoto-foto. Pantai ini masih alami sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal yang melakukan sesi prewedding di pantai ini dengan latar belakang tebing, ombak dan pemandangan sunset. Pantai ini tidak memiliki fasilitas penunjang seperti tempat wisata lainnya.

Baca juga : Mitos Bunut Bolong, Terowongan Pohon Bali yang Mistis

Kawasan ini masih bebas dari pedagang dan fasilitas umum seperti toilet. Namun jika ingin menikmati makanan khas resto seafood silahkan datang ke pantai muaya atau pantai kedonganan yang tidak jauh dari pantai tegal wangi. Ada beberapa tips yang bisa digunakan.

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dari pantai ini, berkunjunglah pada siang hari. Jangan lupa siapkan sunblock agar kulit tidak terbakar.

Pemandangan malam hari di Pantai Tegal Wangi tidak kalah indahnya, namun Anda perlu berhati-hati karena cuaca terkadang tidak terkendali. Harap diperhatikan bahwa tidak ada warung makan di pantai ini, jadi disarankan agar Anda membawa makanan dan minuman sendiri.

Sumber artikel : https://www.kabarwisatabali.com/pantai-tegal-wangi-jimbaran-daya-tarik-lokasi-dan-tiket-masuk/