Bali  

Ini 8 Top Air Terjun di Gianyar Bali yang wajib di Kunjungi

Air Terjun di Gianyar Bali

Air Terjun di Gianyar Bali, daftar tempat wisata air terjun indah dan menarik. Yang wajib masuk dalam list tempat wisata untuk kamu kunjungi.

Kabupaten Gianyar populer sebagai pusatnya seni dan budaya ukir di Bali. Dan adalah Kabupaten dengan pemandangan alam yang menarik.

Tidak salah jika Kabupaten Gianyar menjadi satu diantara kabupaten di Bali sebagai Wilayah Tujuan rekreasi.

Berekreasi ke Kabupaten Gianyar akan terdapat beberapa pilihan pertunjukan rekreasi yang dapat kalian tentukan.

Dari berpetualang dengan Atv, berkunjung agrowisata kopi luwak, menelusuri sungai dengan rafting dan river tubbing, mencari budaya dan seni, dan ada banyak yang lain tipe rekreasi yang bisa kalian kerjakan di Kabupaten Gianyar.

Kabupaten Gianyar mempunyai tujuh kecamatan yang mana tiap kecamatannya populer akan hasil kebudayaan dan pemandangan alam yang unik.

Adapun daerah Kabupaten Gianyar menghampar dari Utara ke Selatan. Yang mana sisi selatan berbentuk daerah pantai.

Dan sungai yang mengucur di kabupaten Gianyar asal dari pegunungan di wilayah Utara ke Selatan yang hendak ke arah Samudra Indonesia.

Dan ini adalah sungai tetap dan menyalurkan air selama setahun.

Berekreasi di kabupaten Gianyar kalian tidak temukan Danau atau Gunung sebagai sebuah tempat wisata alam.

Sebagai penggantinya kalian akan temukan bentang alam cantik yang lain seperti sawah berundak di tegallalang, bukit-bukit elok dan Air terjun.

Meskipun tidak mempunyai danau atau pegunungan, Kabupaten Gianyar mempunyai banyak tempat wisata air terjun yang memesona.

Air terjun – Air Terjun di Gianyar Bali ini mempunyai daya tarik dan daya magnetnya tertentu yang sangat menarik dengan tempat wisata air terjun yang ada di kabupaten lainnnya.

Untuk kamu yang suka berpetualang, sebaiknya kalian membaca sampai habis artikel berikut.

Dalam artikel berikut kita akan mengulas tempat wisata air terjun menarik yang ada di kabupaten Gianyar Bali.

8 Top Air Terjun di Gianyar Bali

Berikut nama tempat wisata air terjun yang janganlah sampai kalian terlewat waktu berkunnjung ke Kabupaten Gianyar.

1. Air Terjun Tegenungan

6 Destinasi Wisata Untuk Bersantai di Bali
Air Terjun Tegenungan Sukawati dok. Istimewa

Air terjun Tegenungan berada di Kecamatan Sukawati persisnya Dusun Kemenuh. Mempunyai ketinggian 15 mtr. dan debet airnya benar-benar deras dan jernih.

Saluran air terjun ini adalah jalur Daerah Aliran Sungai Petanu yang mengucur di Dusun Kemenuh. Beberapa pelancong yang ingin bertandang ke air terjun ini dapat tiba tiap hari start pukul 06.30 sampai 18.30 WITA.

Untuk capai lokasi air terjun beberapa pelancong harus menuruni beberapa ratus anak tangga yang sudah teratur dengan baik sekali.

Adapun situasi asri, teduh, dan nyaman dengan pemandangan yang instagramable membuat air tejun ini jadi tujuan rekreasi terkenal.

Dan untuk ticket masuk beberapa pelancong cukup bayar Rp 10.000 Untuk pelancong lokal dan Rp 20.000 untuk pelancong asing.

Baca juga : 13 Daftar Tempat Wisata yang Searah Ubud, Apa saja itu?

Adapun daya magnet air terjun berbentuk gabungan prima air terjun dengan skema batu-batuan tebing yang cantik dan ada kolam alami di bawah saluran air terjun.

Beberapa pelancong bisa merendam, lakukan lompatan tebing dan memburu photo yang aesthetic waktu bertandang ke Air tejun Tegenungan.

Adapun sarana seperti ruangan basuh dan mengganti baju, lifeguard, toko cenderamata, dan rumah makan adalah sarana -fasilitas yang sudah ada disekitaran tempat wisata air terjun.

2. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Dusun Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Saluran air terjun Kanto lampo asal dari limpahan air irigasi subak yang mampet yang di gunakan untuk mengaliri sawah.

Air itu melimpah dan membuat air terjun dengan tinggi 16 mtr.. Namanya air terjun Kanto lampo karena ada bnayak pohon kanto lampo yang tumbuh disekitaran lokasi air terjun.

Kekhasan air terjun ini ialah skema batu-batuan hitam yang berundak -undak dan lumayan tinggi sebagai jalan untuk saluran air terjun turun ke bawah.

Dengan batu-batuan berundak-undak membuat saluran air yang jatuh menghajar batu-batuan itu hingga membuat air cipratan yang menebar.

Dan disamping itu ada sebuah goa warisan pasukan Belanda di seberang sungai.

Di bawah saluran air terjun ada kolam alami yang tidak demikian dalam, hingga kalian bisa berenang, merendam, bermain air dan memburu photo secara aman.

Akses jalan ke arah lokasi air terjun tidak demikian susah di menempuh , karena sudah teratur secara bagus.

Beberapa pelancong cukup menuruni tangga yang sudah teratur di tepian tebing.

Air terjun kanto lampo adalah air terjun yang dipandang suci oleh warga tradisi sekitaran air terjun.

Hingga ada banyak teritori suci yang berwujud pelinggih di tempat sekitaran air terjun. yang dipakai untuk cari Air Suci untuk upacara tradisi.

Tempat wisata ini membuka tiap hari , start pukul 08.00 – 17.00 WITA. Adapun harga ticket masuk ke dalam lokasi air terjun ialah 20.000 rupiah.

Adapun sarana pendukung rekreasi yang ada di Tempat wisata air terjun kanto lampo ialah Parkir, Toilet, Ruangan mengganti baju yang terpisahkan di antara wanita dan pria, loker penyimpanan barang dan cafe di tengah-tengah perjalanan ke arah air terjun yang jual beragam jenis minuman dan makanan.

3. Air Terjun Suwat

Air Terjun Suwat berada di Jl. Pura Dalam, Dusun Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Dan mempunyai ketinggian 15 mtr. dengan panorama alam yang menarik.

Dan ada di bawah saluran air terjun ada kolam alami. Hal yang unik dari tempat wisata air terjun suwat selainnya pemandangan alam yang indh dengan skema batu-batuannya.

Ada patung kura -kura sebagai iconic air terjun suwat. Ini kabarnya dulu ada beberapa kura -kura yang ada di sekitaran air terjun suwat.

Tempat wisata ini membuka tiap hari start pukul 08.00 sampai 19.00 Wita. dengan ticket masuk sejumlah Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk beberapa anak.

Adapun sarana yang dapat kalian dapatkan disekitaran tempat wisata ialah tempat parkir, Toilet, Spot photo, persewaan pelampung berenang dan rakit dan ada banyak yang lain sarana pendukung rekreasi yang dapat kalian dapatkan waktu bertandang ke Air Terjun Suwat.

4. Air Terjun Bandung

Air terjun Bandung adalah air terjun yang ada di saluran sungai Pakerisan, lokasinya pas ada di bawah bendungan Banjar tradisi

Bandung, Dusun Siangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Bendungan itu adalah bendungan yang sudah ada semenjak 300 tahun yang lalau atau persisnya semenjak era ke 17.

Tinggi air terjun capai 10 metre dengan kedalam kolam sebagai saluran sungai sekitaran 3 mtr.

Saluran air terjun dari Air terjun Bandung ini mengucur seperti gorden panjang yang dibuat oleh saluran air di bendungan itu.

Panorama alam air terjun demikian menarik dengan batu-batuan alam yang ada di lembah sungai membuat sebuah ngarai.

Simak juga : Mengapa Bali menjadi tujuan wisata favorit? Ini Alasannya

Dan jadi lajur penjelajahan kecil untuk ke lokasi air terjun lebih dekat.

Beberapa hal menarik yang dapat kalian kerjakan waktu bertandang ke Air terjun Bandung, selainnya berenang dan merendam di bawah saluran air terjun.

Kalian bisa lakukan lompatan tebing, water sliding , telusuri batu-batuan yang membuat ngarai dan memburu photo cantik.

Tempat wisata ini membuka tiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Adapun harga ticket masuk untuk masuk lokasi ini ialah Rp.10.000 untuk anak -anak dan Rp. 20.000 untuk dewasa.

5. Air Terjun Ulu Petanu

Air Terjun Ulu Petanu ada di Banjar Bayad, Dusun Kedisan, kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Tempat wisata ini betul -benar mempunyai panorama alam yang menarik, pada jalan steapak yang sudah teratur rapi dan ada kolam ikan hias disebelah dan kanan jalan setapak.

Selainnya kalian akan temukan Air Terjun Ulu Petanu tersebut, di tempat air terjun ada pemandian yang dan beberapa pancoran alam.

Kalian bisa menyaksikan bagaimana tebing -tebing batu-batuan yang ada di tempat wisata ini keluarkan air hingga kedengar gemericik ari yang demikian cantik yang dari alam.

Tempat wisata ini membuka tiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore hari.

6. Air Terjun Goa Rang Reng

Air terjun Goa Rang Reng ada di Banjar Gitgit, Dusun Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Namanya Air Terjun Goa Rang Reng karena pada hilir air terjun yang disebut hilir sungai ada sebuah gua yang namanya Goa Rang Reng.

Dan untuk sampai ke goa itu , beberapa pelancong harus menaiki batu-batuan kering di samping kiri air terjun.

Adapun daya magnet air terjun ini ialah keelokan saluran air terjun pada batu-batuan tebing berundak dan goa yang namanya Rang Reng.

Saluran air terjun ini asal dari saluran sungai yang namanya Tukad Cangkir yang disebut tatap muka dua sungai yang airnya asal dari sungai di wilayah Bangli dan Gianyar Utara.

Makin kebawah undakan batu-batuan makin melebar hingga saluran air terjun juga makin melebar.

Hingga Saluran air menebar lewat undakan batu-batuan dan jadi lebih agak miring dan tidak terjal.

Dan Goa Rang Reng adalah Goa yang ada di atas bebatuan berundak itu hingga seakan air mengucur dari mulut Goa.

Goa rang reng adalah goa yang menembus ke belakang dan ada lubang yang tertembus cahaya matahari.

Namanya Goa Rang Reng karena dalam goa ada warna yang beragam macam.

Di bawah saluran air terjun Goa rang reng ada kolam alami yang dapat kalian gunakan untuk bermain air, berenang atau memburu photo.

Panorama Goa Rang Reng demikian menarik dengan tebing -tebing batu dan tumbuhan -tumbuhan hijau yang tumbuh disekitaran lokasi air terjun.

Air terjun ini membuka tiap hari, bila kalian bertandang ke air terjun ini upayakan tidak untuk lagi terlampau sore.

Dan ticket masuk ke dalam lokasi air terjun ini sekitaran 10 ribu rupiah per-orang.

7. Air Terjun Manuaba

Air terjun Manuaba berada di Banjar Manuaba, Dusun Kendran, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Dan mempunyai tinggi air terjun ini sekitaran 10 mtr..

Dan di bawah saluran air terjun tercipta kolam alami yang dikitari oleh batu-batuan yang melingkar.

Kekhasan dari air terjun Manuaba ialah air terjun ini adalah kombinasi dari 7 mata air suci yang disebutkan tirtha.

Baca juga : Argumen ATV Adventure, Opsi ATV Baru di Ubud Bali

Dan di Ujung Barat Tempat wisata ini ada Goa yang namanya Goa Yeh daha yang berumur cukup tua.

Panorama sekitaran air terjun adalah tebing -tebing yang di tumbuhi oleh beragam jenis pohon-pohonan dan tumbuh -tumbuhan.

8. Air Terjun Taman sari

Air Terjun Taman Sari ada di Banjar Ngenjung Sari, Dusun Bakbakan, Gianyar Tempat wisata air terjun ini tawarkan daya tarik alam yang cantik sama air terjun bertingkat yang tercipta secara alami.

Bahkan juga tiap jenjang air terjun ada kolam alami yang bisa kalian pakai untuk rasakan kesegaran air terjun ini.

Tempat wisata Air Terjun ini membuka tiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore hari. Dan ada pancuran alami yang bermanfaat untuk tempat pembersihan diri.

Baca juga : Tempat Water Sport di Bali – Aktivitas Liburan Seru di Bali

Adapun sarana yang ada di tempat tempat wisata ini ialah tempat parkir yang lega, toilet , ruangan mengganti dan loket penyimpanan barang.

Dan ada sebuah warung kecil yang jual minuman dan makanan yang dapat kalian dapatkan.