Wisata  

Pesona Air Terjun Tegenungan Yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Pesona Air Terjun Tegenungan Yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Air terjun Tegenungan saat ini semakin populer, bahkan dibuat sebagai tempat rekreasi dan tujuan wisata di pulau Dewata, Bali. Memang untuk tempat wisata air terjun yang populer masih didominasi oleh kawasan Bali Utara di kabupaten Buleleng, seperti air terjun Gitgit, Sekumpul dan Yeh Mampeh.

Bagianda yang sedang berlibur di Bali dan tinggal di daerah Bali Selatan dan enggan untuk bepergian ke air terjun, maka keberadaan Air Terjun Tegunungan atau Blangsinga ini bisa menjadi obat kerinduan anda dengan suasana alam yang hijau dan tropis.

pepohonan dengan aliran sungai yang jernih. Apalagi sekarang tempat ini ditata dengan sangat apik sehingga menjadi tujuan wisata wajib di pulau Bali.

Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun Kemenuh, mengambil nama desa. Dari bandara Ngurah Rai dibutuhkan sekitar 60 menit berkendara. Tempat wisata di Gianyar Bali ini merupakan salah satu wisata yang paling dekat dengan kota Denpasar dan bandara, sehingga dapat mengisi kegiatan liburan anda.

Objek Wisata Air Terjun Tegenungan Atau Blangsinga

Kini tegenungan waterfall cukup menarik, karena di tepi sungai terdapat bar dan restoran, sehingga aktivitas liburan Anda lebih lengkap dari tempat rekreasi ini.

Jadi nama air terjun Blangsinga dan Tegunungan tidak berbeda merujuk pada tempat yang sama, tetapi hanya karena jalur akses menuju lokasi yang berbeda, namun dengan berdirinya D’tukad River Club di Blangasinga kawasan ini semakin ramai.

Memang branding Tegenungan pertama kali dikenal wisatawan yaitu sekitar tahun 1998, nama tersebut muncul saat mahasiswa KKN UNUD tahun 1998-1999 mereka memperkenalkan tempat wisata ini dengan nama air terjun Tegenungan. Informasi di atas tentu penting agar wisatawan tidak bingung dengan dua nama yang berbeda.

Baca Juga: Destinasti Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Bali

Daya Tarik Air Terjun

Objek wisata alam Tegenungan Waterfall juga cukup populer sebagai tujuan wisata di pulau Dewata, Bali. Memang tempat ini menawarkan pemandangan yang cukup spektakuler.

Sehingga jumlah kunjungan ke tempat wisata di Bali semakin meningkat. Pengelola dari kedua belah pihak terus berbenah diri, meningkatkan berbagai pelayanan dan fasilitas.

Dan dilokasi air terjun Tegenungan telah disediakan ruang rias, toilet, restoran dan tempat bersantai, serta sejumlah spot untuk berfoto foto, fasilitas parkir yang cukup luas, wahana foto selfie dan gazebo di sepanjang jalan.

Gazebo ini tempat bersantai dan beristirahat, sambil menyaksikan keindahan alam air terjun yang instagramable dari kejauhan, serta tersedianya jalan setapak yang langsung menuju ke dasar air terjun, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses lokasi.

Lokasi tempat wisata air terjun tegenungan ini sangat strategis berada di jalur wisata ubud, sehingga agenda tour anda di bali tidak memakan banyak waktu untuk mengakses air terjun tegenungan gianyar ini.

Jadi jika anda seorang pecinta rekreasi alam dan berencana untuk menyewa mobil di Bali kemudian tour, ingin mengunjungi pasar Sukawati atau Ubud, maka anda harus mengunjungi air terjun Tegenungan, karena lokasinya searah dan cukup dekat.

Baca Juga: Daftar ATV di Ubud Bali yang Trends dan Diburu Para Artis

Untuk daya tarik wisata air terjun Tegenungan ini memiliki Air yang cukup jernih, sehingga jika pengunjung bisa merasakan kesegaran air terjun Tegenungan.

Uap beterbangan di wajah para pengunjung ditambah keindahan tebing batu, pada aliran sungai, menambah kealamiannya, bisa jadilah objek foto terbaik dalam tur Anda.

Aktivitas Wisata Yang Dilakukan

Wisatawan yang berkunjung ke tempat rekreasi ini dapat menikmati keindahannya dengan lebih maksimal, baik itu ingin mandi, berfoto atau trekking menyusuri sungai yang jernih dengan lembah-lembah hijau yang dipenuhi pepohonan tropis.

Berhati-hatilah jika mandi di bawah air terjun Tegenungan, karena aliran atau debit air yang cukup besar bisa berbahaya, jika ingin meminta petunjuk kepada petugas setempat.

Berlibur bersama teman atau keluarga ke tempat rekreasi alam air terjun ini, dari tempat parkir harus melewati ratusan anak tangga. Di atas anak tangga ini Anda bisa bersantai, berfoto foto dengan latar belakang air terjun.

Setelah puas Anda bisa melangkah lebih dekat dengan menuruni ratusan anak tangga, sampai di dasar lembah tepi sungai Anda bertemu dengan pemandian di dekat pura dengan air mancur dengan aliran air yang jernih.

Dari pemandian ini, Anda harus melanjutkan perjalanan menyusuri jalan datar sekitar 75 meter untuk sampai ke dasar air terjun, warung makan dan minum tersedia di lokasi, rasa penasaran dan lelah Anda akan terbayarkan setelah menyaksikan keindahan Tegenungan air terjun dari dekat.

Tempat wisata air terjun biasanya berada di dataran tinggi, namun air terjun Tegenungan berada di dataran rendah yang terlihat berbeda, cukup mudah diakses, cocok untuk mengisi liburan keluarga terutama anak-anak.

Jadi objek wisata air terjun Tegunungan Gianyar merupakan destinasi wisata di Bali yang akan memberikan warna berbeda untuk liburan anda di pulau Bali. Tempat wisata air terjun ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata selain pantai di Bali.

Transportasi Menuju Objek Wisata Air Terjun Blangsinga

Liburan di pulau dewata bali tentunya membutuhkan sarana transportasi untuk perjalanan wisata tidak ada angkutan umum menuju tempat rekreasi air terjun ini jika anda ingin transportasi wisata kami menyediakan jasa sewa mobil di bali plus sopir.

Sopir wisata dapat membawa Anda ke lokasi wisata. Atau Anda bisa mengikuti paket wisata di Bali dengan rute pilihan Anda sendiri, antara lain mengunjungi air terjun Tegenungan atau air terjun Blangsinga Gianyar.

Simak Juga: Telusuri 11 Air Terjun di Bali yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Pecinta alam dan pecinta rekreasi petualang dalam liburan mereka di Bali, Anda dapat menikmati berbagai rekreasi seperti mendaki Gunung Agung dan aktivitas motor cross, semua tersedia dan kami siap membantu Anda.

Rute Air Terjun Tegenungan Bali

Air Terjun Tegenungan terletak di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak sekitar 3 km dari Pasar Seni Sukawati. Selain Pasar Seni Ubud, pasar ini terkenal sebagai tempat berburu oleh-oleh khas Bali dengan harga murah. Jadi, Anda juga harus mengunjunginya.

Akses untuk mencapai air terjun ini sangat mudah. Anda dapat mencapainya dengan kendaraan pribadi atau Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil di Bali. Lokasinya kurang lebih 17 menit berkendara dari Ubud, 35 menit dari Kota Denpasar, atau 50 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Fasilitas Pariwisata Dan Akomodasi

Sebagai salah satu objek wisata alam yang populer di Bali, Air Terjun Tegenungan Gianyar telah dikelola dengan sangat baik. Aksesnya bagus dengan tangga berpagar besi. Untuk menunjang aktivitas wisata, sejumlah spot selfie juga telah disediakan. Tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah sudah termasuk parkir.

Selain memiliki area parkir yang luas, juga tersedia banyak warung makan dan minuman. Sepanjang jalan menuju air terjun juga terdapat toko-toko yang menjual oleh-oleh. Untuk akomodasi cukup mudah untuk menemukan hotel, homestay atau villa tidak jauh dari lokasi objek wisata ini. Demikian ulasan tentang Air Terjun Tegenungan semoga bermanfaat.