Wisata  

Air Terjun Tibu Sampi, Spot wisata Air Terjun Baru di Tabanan

Air Terjun Tibu Sampi, Spot wisata Air Terjun Baru di Tabanan

Air Terjun Tibu Sampi di Bali sebuah spot wisata baru yang belum banyak orang mengetahui keberadaannya. Spot airterjun ini sangat cocok untuk Anda yang ingin cari ketenangan yang berada di daerah terpencil yang jauh dari hiruk-pikuk dan keramaian kota.

Lokasi Air terjun Tibu Sampi ini ditemukan berada di sebuah Banjar Kemetug Kanciana yang merupakan bagian dari desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Bali.

Menurut keterangan Perbekel atau Kepala Desa Gunung Salak yang sempat ditemui ” Wayan Wija ” menjelaskan air terjun ini merupakan salah satu dari total 5 air terjun yang berada di Dusun Gunung Salak. Dan masuk kedalam daftar tempat wisata yang ada di Tabanan Bali.

Daya Tarik Air Terjun Tibu Sampi

Spot air terjun ini sudah ada dari dulu namun baru sekarang mulai dipublikan lewat sosial media “Air terjun ini merupakan sebuah maha karya alam semesta yang sudah ada sejak dulu dan bukan air terjun buatan,” pejelasan dari Wayan Wija

Ketinggian air terjun ini sekitar 7 sampai 8 meter yang jatuh ke sungai dan membuat sebuah kolam dibawahnya. Debit air yang jatuh memang tidak terlalu besar saat musim kemarau. Tetapi airnya sangat bersih dan segar, jadi bagi wisatawan yang ingin menikmati deburan air yang terjun dari ketinggian bisa anda lakukan disini.

Ketenangan alam sekitar ditambah gemericik air terjun yang jatuh dari tebing ini menbuat kita merasa lebih santai dan tenang. Disamping itu alam yang sejuk selama perjalanan menuju air terjun tibu sampi ini sangat menentramkan.

Karena alam yang masih sepi dengan rumah pemukiman penduduk lolak yang harus dilewati tidak begitu padat. Menurut warga setempat mengatakan Air Terjun Tibu Sampi terasa Manis, kepercayaan warga di tempat, rasa manis itu muncul karena airnya datang dari 10 sumber mata air alami yang berkumpul di air terjun ini

Air Terjun Tibu Sampi
Suasana Air terjun tersembunyi di Tabanan Bali – Airnya jernih dan menyegarkan

Akses menuju Air Terjun Tibu Sampi

Tapi akses untuk capai air terjun ini masih lumayan curam dan licin. Air terjun ini belum banyak dikenali oleh wisatawan hingga sedikit wisatawan yang datang ke sini.

Bagi anda yang mau mengujungi spot ini sebaiknya gunakan sepeda motor. Karena untuk mencapai tempat air terjun tibu sampi ini, harus melewati jalan setapak yang digunakan sebagai jalan utama menuju di Desa Gunung Salak.

Baca juga : Air Tejun Mabun – Waterfall Tersembunyi di Kubutambahan Buleleng

Untungnya jalan setapak yang ada saat ini sudah dipadatkan dengan beton dengan lebar kurang lebih dua meteran. Karena itu sangat susah dan tidak cukup untuk akses mobil agak susah.

Menurut Kepala Desa dulunya tidak ada akses jalan, cuma ada jalan untuk menuju perkebunan. Kemudian perbaikan dengan rabatan beton baru lakukan pada tahun 2017 lalu,”

Saat ini air terjun ini yang telah kelole oleh pihak desa bersama dengan prajuru desa adat dan subak desa Gunung Salak. Pada 2020 lalu, tempat wisata alternative ini memperoleh bantuan hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Kemenparekraf) sebesar Rp 75 juta.

Fasilitas dan Tiket Masuk Air Terjun

Bantuan itu selanjutnya direalisasikan untuk membuat sarana pendukung yaitu anak tangga dari tempat parkir motor untuk para pengunjung yang akan ke air terjun.

Fasilitas seperti toilet juga sudah disiapkan. Disamping itu, di depan tempat parkir sekarang telah ada warung kopi yang dikelola oleh masyarakat yang berada di sekitar lokasi air terjun.

Baca juga : Telusuri 11 Air Terjun di Bali yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Walau telah ditata semenjak 2017 lalu, pengunjung air terjun Tibu Sampi tidak dikenakan ticket masuk. Pelaksanaan ticket masuk rencana akan mulai dilakukan tahun depan bila sudah mulai ramai pengunjung.