Wisata  

Air Terjun Leke Leke, Objek Wisata yang Jadi IncaranTuris

Air Terjun Leke Leke

Air Terjun Leke Leke dengan segudang daya tariknya yang Jadi Incaran para wisatawan – Propinsi Bali memang terkenal dengan kecantikan pantai dan budayanya. Tetapi, ini bukanlah satu-satunya hal yang menjadikan daya tarik wisata.

Pulau dewata banyak memiliki wisata alam non pesisir yang tidak kalah menarik. Nikmati kecantikan alam pulau Dewata Bali tidak cukup cuma mempunyai beberapa pantai alami seperti Kuta, Pandawa atau Sanur, tapi ada beberapa wilayah yang dapat menawarkan seni dan situasi yang lain.

Seperti Air Terjun Leke-leke atau Kipuan Kebo yang disebut tempat wisata alam yang berada di wilayah pegunungan tinggi yang bisa memberi penawaran lain sepanjang anda di Bali, untuk yang menggemari liburan dan wisata alam yang berpetualang Air Terjun Leke Leke bisa jadi tujuan wisata bagus.

Tabanan sebagai salah satunya wilayah yang mempunyai banyak potensi wisata alam yang harus dikunjungi saat liburan di Bali. Walau jaraknya lebih dari 49 km dari lapangan terbang I Gusti Ngurah Rai, dan memerlukan waktu sekitaran 2 jam lebih dengan memakai kendaraan beroda 4.

Air Terjun Leke Leke, Objek Wisata yang Jadi IncaranTuris

Tetapi perjalanan yang hendak dilakukan tidak menjemukan karena akan melewati banyak persawahan dan perkampungan. Karena dekat sama Ubud, Tabanan mempunyai udara yang sejuk.

Tabanan mempunyai tempat wisata air terjun unggulan, dan dikenali bernama air terjun Leke Leke yang berada di banjar Kerobokan, dusun Mekarsari.

Untuk pelancong yang ingin nikmati keelokan air terjun Leke Leke harus bayar ticket masuk sejumlah Rp 50.000. Tetapi dari uang ticket itu, pelancong sudah ikut menolong mendayagunakan warga sekitaran air terjun.

Masalahnya pegawai yang bekerja di air terjun itu mayoritas ialah masyarakat sekitaran. Untuk pelancong yang bertandang memakai kendaraan individu, pengurus sediakan tempat parkir yang lumayan luas di samping loket pemasaran ticket dan tidak diambil ongkos.

Berbeda dengan petualangan naik atv dengan air terjun dan goa anda bisa melihat keduanya sekaligus. Berada cuma beberapa meter dari pintu masuk, pengurus sediakan spot photo untuk pelancong yang ingin mendokumentasikan masa lalu di air terjun Leke Leke saat sebelum mengawali penjelajahan trackking ke air terjun.

Rute Menuju air terjun

Air Terjun Leke Leke

Untuk capai air terjun, pelancong harus melalui jalan setapak yang kemungkinan masih ada di tempat taman masyarakat.

Ada pula jalan setapak yang telah diaspal hingga bila hujan tidak licin. Saat sebelum sampai di air terjun, pelancong akan melalui jembatan bambu yang dibuat di atas sungai dan tentu saja benar-benar kuat.

Walau cuma mempunyai satu air terjun, tetapi air terjun Leke Leke benar-benar cantik dan pas sebagai lokasi photo untuk pelancong yang hoby photografi. Dikitari pohon-pohonan hijau, air terjun ini mempunyai kontras warna yang cantik dan memikat.

Simak juga : Kuber ATV, Wahana Baru di Pulau Bali yang Siap Adu Nyali Anda

Dan disebelah depan air terjun ada batu karang yang besar, maka bila pelancong ingin berpose tetapi tidak mau berbasahan dapat memakai batu karang itu sebagai injakan. Dan disekitaran batu besar itu ada batu-batuan kecil yang dapat menjadi injakan untuk batu besar itu.

Walau ada satu bungalow, memakai bambu sebagai bahan bangunan membuat harga pemondokan ini lumayan mahal, pelancong harus mengambil kantong Rp 700.000 untuk ongkos bermalam satu malam secara gratis makan pagi untuk 2 orang.

Dan untuk pelancong yang ingin beli oleh-olehan bisa beli hasil pertanian lokal seperti durian dan markisa yang ditawarkan di sejauh jalan ke arah air terjun. Air ialah komponen kehidupan yang perlu kita jagalah.

Perjalanan Ke arah Air Terjun Leke Leke

Nach untuk perjalanan dari Kuta, saya memerlukan waktu sekitaran satu jam untuk sampai ke lokasi, dengan kontribusi Google Maps sejauh perjalanan saya dapat nikmati beragam panorama seperti persawahan, pura bahkan juga taman bunga sebagai unggulan dari perkebunan bila Anda singgah di Bali.

Saat sebelum ke arah air terjun, kita akan diberi tongkat untuk digenggam, perannya sebagai penyangga seperti Trackking Pole supaya tidak jatuh saat turun karena jalanan yang cukup licin.

Perjalanan ke arah air terjun lebih kurang 15 menit dan ada beberapa panduan arah untuk ke arah lokasi dan kita akan melalui kandang kerbau, gerbang bambu sampai jembatan bambu yang ikuti sungai yang mengucur dari air terjun Leke Leke. Disini, suara gemericik air terjun dapat kedengar.

Air Terjun Leke Leke alias Kipuan Kebo

Air Terjun Leke Leke juga dikenal bernama Kipuan Kebo, menurut masyarakat sekitaran, air dari air terjun ini dipakai sebagai tempat minum dan memandikan kerbau punya masyarakat. Leke Leke memang berkesan tenang dan alami.

Tetapi tidak boleh cemas, ada sarana di sini yang buat kerasan juga. Seperti tempat duduk yang dibuat dari kayu. Di sini, Anda dapat santai sekalian menyaksikan air terjun yang mengucur di atas ke bawah.

Jalur Ke arah Air Terjun yang memanjakan Mata

Perjalanan ke arah Air Terjun Leke-Leke memerlukan waktu sekitaran satu jam dari Kuta. Saat sebelum sampai di air terjun, calon pengunjung akan disajikan pemandangan cantik di sejauh perjalanan.

Bentangan persawahan, perkebunan, dan taman bunga yang diatur masyarakat sekitaran tawarkan panorama yang mempersejuk.

Sarana

Tempat air jatuh di atas genangan tidak demikian luas, berdekatan sama air terjun ada cerukan yang seperti terlihat gua.

Oleh masyarakat sekitaran, air terjun Leke-leke dikenal juga sebagai teritori sakral hingga pengunjung diharap secara stabil jaga santun sopan, kesopanan, sikap dan pengucapan terhitung tidak buang sampah asal-asalan.

Di teritori ini ada genah (tempat) untuk melukat (meruwat) dua pancuran yang disiapkan untuk mereka yang ingin melakukan ritus melukat, air jernih dan jernih yang mengambil sumber dari mata air pegunungan.

Air Terjun Leke Leke Tabanan memanglah tidak setenar tempat wisata air terjun yang lain seperti Gitgit, Sekumpul atau Tegenungan. Tetapi hadirnya bisa memberi alternatif lain dengan situasi alam yang lain saat mereka berekreasi ke pulau Dewata Bali, untuk yang menyenangi wisata alam penjelajahan.

Cari spot baru yang Instagrammable dan hoby photo selfie, karena itu rencanakan lawatan selanjutnya ke air terjun Leke-leke atau Kipuan Kebo

Spot Photo Menarik Di Sekitaran Air Terjun

Saat Anda ikuti track ke arah air terjun, Anda bisa juga mendapati beberapa property photo yang menyengaja disiapkan untuk percantik photo Instagram Anda.

Senang nikmati keelokan Air Terjun Leke-Leke, Anda dapat singgah ke tujuan rekreasi yang lain yang ada di Kabupaten Tabanan. Misalkan di Desa Mengesta atau Tista.

Mengesta mempunyai beberapa warisan kuno yang bernilai dan sumber air panas. Dan Tista sebagai dusun rekreasi yang pas untuk ‘mencicipi’ pola hidup tradisional awrga di tempat.

Baca juga : Simak Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Bersama Keluarga

Bagaimana, berminat untuk singgah ke Air Terjun Leke Leke? Tidak boleh cuma ke pantai, telusuri rekreasi Bali yang anti mainstream seperti air terjun di Tabanan.