Wisata  

6 Hal Penting ini Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

KINTAMANI | TRIPONNEWS.com – 6 Hal Penting ini, Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula. Keindahan samudra awan dengan matahari terbitnya membuat banyak orang tertarik mendaki gunung Batur. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari yang pemula sampai yang profesional.

Gunung Batur adalah gunung tertinggi kedua di Bali yang terletak di kawasan Bangli, Bali – Indonesia. Dari tahun ke tahun, Gunung Batur selalu menjadi pilihan terbaik bagi para pendaki. Karena dari puncak Gunung Batur Anda dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dengan samudra awan di gunung berapi terdekat, Gunung Agung dan Gunung Abang.

Untuk menikmati Matahari Terbit ( Sunrise ) yang menakjubkan, Anda harus mempersiapkan diri untuk bangun pagi ( dini hari ) demi perjalanan terbaik ke Gunung Batur. Berjalan dalam kegelapan di bawah pepohonan menuju puncak Gunung Batur. Di puncaknya Anda akan dimanjakan dengan matahari terbit yang menakjubkan.

Ketahui 6 hal penting ini sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

Mendaki gunung Batur bagi pemula sangatlah mudah kalau sudah mengetahui sedikit informasi tentang hal penting ini. Anda bisa mempersiapkan diri sebelum mendaki Gunung Batur, termasuk apa yang harus dibawa dan bagaimana cara mempersiapkannya.

1) Ketahui Tingkat Kesulitan dalam Mendaki Gunung Batur

Seberapa sulitkah mendaki gunung Batur? Ini pertanyaan utama para pendaki. Jika Anda aktif setiap hari dan memiliki level cardio yang lumayan, tentunya Anda tidak akan menemui kesulitan dalam situasi ini.

Bagi sebagian orang, pendakian Gunung Batur membutuhkan waktu sekitar dua jam. Namun jika waktu istirahat Anda lebih sedikit, pendakian akan lebih cepat. Dan yang perlu Anda ketahui yaitu mendaki gunung berapi dengan ketinggian 1.717 meter atau 5.633 kaki di atas permukaan laut.

Baca juga : Aktivitas Seru Mendaki Gunung Batur dengan Mobil Jeep 4WD, Patut dicoba

Bagaimana dengan pendaki pemula? Bagi pemula dan memiliki kondisi fix tentunya tidak akan mengalami kesulitan. Karena dalam pendakian sudah disediakan 2 tempat peristirahatan sebelum mencapai titik sunrise puncak. Kami yakin Anda bisa melakukannya dengan mudah.

2). Berapa Lama atau berapa jam mendaki gunung Batur

Mengenai berapa jam mendagi gunung Batur biasaya 1 jam 40 menit sampai 3 jam tergantung kondisi para pendaki. Di samping itu, tergantung jalur pendakian yang mana akan anda ambil. Gunung Batur memiliki 4 jalur utama dalam melakukan pendakian gunung batur bagi pemula maupun profesional.

Setiap jalur pendakian memiliki tingkat kesulitan dan karakter medan yang berbeda-beda. Mulai dari yang terdekat dan gampang sampai yang terpanjang dengan karakter medan berpasir. Maka ketahui dulu medan tersebut

3). Mengetahui Jalur Pendakian yang Sesuai

6 Hal Penting ini Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

Untuk melakukan pendakian gunung Batur terdapat 4 jalur pendakian yang bisa anda gunakan atau pilih sebagai start point pendakian ke puncak Gunung Batur. Ada baiknya anda mengetahui jalur mana saja, sebelum anda memutuskan untuk memilih start point pendakian gunung batur. Di bawah ini adalah beberapa pilihan tentang jalur-jalur pendakian tersebut.

A. Jalur Mendaki Melalui Pasar Agung – Jalur ini memberikan medan yang agak extrim melalui jalur berpasir dan licin. Oleh karena itu, saya sarankan untuk menggunakan sepatu dengan grip yang bagus karena medan bebatuan dan pasir terjal dan panjang dengan durasi sekitar 30 hingga 40 menit akan kalian lalui selama pendakian.

Baca Juga : Setelah Video Mesum, Desa Adat Batur Melakukan Pecaruan di Gunung Batur

B. Pendakian melalui Toya Bungkah – Jalur ini memberikan banyak kemudahan yang akan ada dapatkan. Diantaranya; jalurnya lebih pendek dan mudah dengan medan pendakian yang tidak terlalu curam atau terjal.

Tingkat kesulitan medan hampir 60% pendakian berada di tengah-tengah pepohonan rindang seperti pohon akasia dan pohon kayu putih serta berbagai jenis pepohonan lainnya. Jadi jika kalian mendaki gunung Batur melewati jalur ini, anda tidak akan merasa gerah / panas saat menuruni gunung Batur.

C. Pendakian Melalui Serongga – Serongga hampir sama persis dengan Jalur Toya Bungkah, namun ada beberapa perbedaannya, seperti; jalan berpasir yang licin, yang harus anda lewati selama 30 menit sebelum mencapai puncak. Karena itu, tenaga extra sangat di butuhkan bila anda mengambil jalur pendakian ini.

D. Mendaki Gunung Batur Via Culali – Ini merupakan jalur TERPANJANG dengan tingkat kesulitan paling tinggi. Namun paling menantang, melakukan pendakian di ruang terbuka tanpa pepohonan. Anda akan membutuhkan waktu lebih lama dari start point pendakian gunung batur lainnya, yaitu; 2,5 – 3 jam hingga mencapai puncak utama.

Walaupun memiliki jalur terpanjang tetapi start point ini memiliki kelebihan dengan melihat kawah kedua (kawah baru) gunung Batur yang terakhir kali meletus pada tahun 2000.

6 Hal Penting ini Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

4) Apa yang harus dipakai saat mendaki Gunung Batur

Suhu dan iklim di Gunung Batur pada malam hari sangat dingin, sekitar 18 derajat Celcius. Tentu saja, juga berubah seiring peningkatan. Untuk itu, saya sarankan untuk membawa sweater atau hoodie untuk saat-saat yang lebih sejuk saat mendaki.

Cuaca dingin akan terjadi di awal pendakian dan di puncak. Selama pendakian itu memungkinkan, Anda akan melepasnya. Dan gunakan baju dan baju nyaman yang biasa Anda gunakan untuk olahraga.

5) Hal yang dibawa dan dibutuhkan untuk Mendaki Gunung Batur

Bawalah ransel dan bawa perlengkapan anti air, air ekstra, dan beberapa snack, tiang, lampu depan dan kamera. Jika menggunakan jasa Pemandu, biasanya semua kebutuhan pendakian sudah tersedia.

Pemandu Anda akan memberi Anda lampu depan atau senter saat pendakian. Selain itu, pemandu Anda akan memberi Anda 1 botol air mineral, tapi menurut saya lebih baik di beri tambahan juga.

6) Gunakan Pemandu dalam Mendaki

Menggunakan layanan pemandu lokal dalam pendakian gunung Batur akan memberikan rasa aman bagi anda. Kemungkinan tersesat tidak akan ada, karena setiap jalur pendakian memiliki beberapa persimpangan yang memungkinkan anda tersesat.

Baca Juga : Mendaki Gunung Batur Menjadi Wisata favorit wisatawan Domestik, Ini alasanya

Persatuan pemandu lokal sangat bagus, mereka biasanya saling menolong bila ada masalah atau kecelakaan. Jadi kesempatan mendapat pertolongan akan lebih cepat

Pengalaman Mendaki Bersama Bpk Nengah dari Bali Tripon

Minggu Kemari, kamis 25/4/2021 saya mencoba mencari suasana indah di atas Gunung Batur bersama tiga orang teman. Kami mencoba melihat lebih dekat tentang matahari terbit tersebut. Kebetulan saya menggunakan layanan paket mendaki dari Paket wisata bali yang menjual paket mendaki gunung Batur

Saya sudah dua kali mengunakan jasa pemandu mereka. Layanan sangat bagus sangat bisa di percaya. Karena saya dulunya pernah memesan dengan membayar uang deposit. Tetapi karena alasan cuaca jelek, mereka memberikan informasi sebelumnya dan mengembalikan uang saya tanpa ada potongan apa pun.

Saya kira ini bagus dan Aman! Karena akhir-akhir ini cuaca bagus dan kami bisa melakukan pendakian. Bersama bapak Nengah dari tim paket wisata Bali sangat informatif selama kami melakukan pendakian menuju puncak gunung Batur.