Wisata  

Buka Penerbangan Internasional, Singapura Airlines jadi kapal Pertama ke Bali

Singapura Airlines jadi kapal Pertama ke Bali

TRIPONNEWS.com – Buka Penerbangan Internasional, Singapura Airlines jadi kapal Pertama ke Bali. Bali akan menerima penerbangan Pesawat Singapore Airlines mulai 4 mei 2021. Ini merupakan penerbangan internasional pertama ke Bali.

Untuk sementara Penerbangan Singapura-Bali-Singapura akan dilakukan dua kali dalam seminggu, yakni setiap Selasa dan Jumat.

Dikutip dari keterangan video, selasa 27/4/2021, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira mengatakan ” Untuk sementara penerbangan akan dilakukan setiap Selasa dan dan Jumat saja. Take off (dan) landing setiap Selasa dan Jumat,”

Baca Juga : 4 Negara ini Masuk Daftar Travel Bubble ke Bali Termasuk Singapura

Singapura Airlines jadi kapal Pertama ke Bali

Yudhistira juga menjelaskan, penerbangan Singapura-Bali ini bukan untuk wisatawan yang akan berlibur ke Bali. Melainkan penerbangan pengecualian sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham). Nomor 26 tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

Yang isinya, Orang asing pemegang visa dan/atau izin tinggal yang sah dan berlaku, dapat masuk wilayah Indonesia. Melalui tempat pemeriksaan imigrasi setelah memenuhi protokol kesehatan.

Yang dimaksud pemegang visa atau izin tinggal, yaitu: visa dinas, visa diplomatik, visa kunjungan, visa tinggal terbatas, izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.

Baca juga : Penuhi Persyaratan, Bali Siap Nerima Wisatawan Asing

“Sesuai dengan peraturan Permenkumham, penumpang penerbangan singapura-Bali hanya diberikan kepada mereka yang memiliki kreteria diatas. Seperti visa dinas, diplomatik dan izin tinggal.

Selain itu, persyaratan perjalanan penumpang Singapura-Bali nantinya sesuai dengan Surat Edaran Nomor 8 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)” kata Taufan

Kepala Seksi Angkutan Udara, Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV (Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur) Puguh Lukito sebelumnya mengatakan, penerbangan internasional dengan pesawat Singapore Airlines pulang-pergi (PP) rute Singapura-Denpasar maupun sebaliknya, bakal dioperasikan lagi mulai pada 4 Mei 2021.

Baca Juga : Sambut Turis Asing July 2021, Bali Sudah Siapkan 4 Langkah Pendukung.

“Kemarin ada permohonan untuk mengoperasikan kembali rute Singapura-Denpasar, Denpasar-Singapura dengan Singapore Airlines itu per awal Mei. Kalau tidak ada kendala yang signifikan, kemungkinan akan beroperasi kembali 4 Mei 2021,” kata Puguh, Minggu (25/4/2021).

Pesawat Boing tipe 737-800 Eg Singapore Airlines rencananya bakal dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu dengan. Pesawat ini rata-rata memiliki kapasitas sebanyak 150 penumpang.