Wisata  

Sambut Turis Asing July 2021, Bali Sudah Siapkan 4 Langkah Pendukung.

Bali sambut turis asing july 2021
Foto Ilustrasi, - Triponnews.com – Sambut Turis Asing July 2021, Bali Sudah Siapkan 4 Langkah Pendukung. Sesuai dengan wacana Presiden Joko Widodo pada kunjungan proses vaksinasi di Bali.

Triponnews.com – Sambut Turis Asing July 2021, Bali Sudah Siapkan 4 Langkah Pendukung. Sesuai dengan wacana Presiden Joko Widodo pada kunjungan proses vaksinasi di Bali. Mengisyaratkan bahwa pariwisata Pulau Dewata akan dibuka bagi Turis Asing pada pertengahan 2021.

Hal tersebut juga di benarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa, Minggu (28/3/2021).

Dia pun mengatakan” Bapak presiden sudah menisyaratkan di buka dibuka Juni-Juli 2021 kalau Covid-19 sudah landai. Tetapi dari Gubernur Bali belum dengar

Baca Juga : Presiden Jokowi Isyaratkan Pariwisata Bali Dibuka Juni 2021

Berbagai persiapan sudah dilakasanakan untuk menyambut turis asing. Sertifikasi CHSE ke industri pariwisata sudah kita lakukan,” ungkapnya.

Persiapan Bali dalam menyambut kembali Turis Asing July 2021

Hal yang dipersiapkan Bali untuk menyambut turis Asing bulan July 2021

1. Pemberian sertifikasi CHSE

Para pelaku pariwisata di Bali sudah meneriman sertifikasi CHSE mulai dari hotel, restoran, transportasi, hingga obyek wisata.

Sertifikasi sudah diberikan kepada 975 pelaku pariwisata oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)” ungkap Putu

2. Vaksinasi bagi pelaku pariwisata

Sampai saat ini, ada sekitar 100.000 pelaku pariwisata di Bali yang telah mendaftarkan diri untuk program vaksinasi. Walaupun begitu, dari jumlah tersebut, baru sekitar 10.000-an yang telah divaksin.

Baca Juga : Sandiaga Bertemu Dubes India, Penerbangan Bali-India Segera di Buka

Karena pengiriman vaksin dari pusat belum lancar pengiriman ke kita, masih sedikit-sedikit. Tetapi untuk Zona Hijau seperti Nusa Dua, Sanur dan Ubud sudah dilakukan. Sekitar 170.000-an yang divaksin dan gerak serentak,” kata Putu.

Dari jumlah dosis tersebut, sebanyak 47.045 dosis diberikan kepada Ubud, 87.715 kepada Nusa Dua, dan 35.727 dosis kepada Sanur mulai Senin.

3. Menciptakan herd immunity

Putu melanjutkan jika program vaksinasi Covid-19 berjalan lancar dan jumlah masyarakat yang sudah divaksin mencapai target, dia berharap saat itu Covid-19 sudah bisa reda.

“Perpaduan antara sertifikasi CHSE, vaksin, dan kawasan Zona Hijau pasti bisa membuat herd immunity, sehingga harapan kami Covid-19 bisa reda. Itu kesiapan kami secara global,” ujar dia.

4. Menentukan Syarat masuk Turis Asing ke Bali

Pemprov Bali dan Dinas Pariwisata Bali sedang merancang syarat masuk wisman ke Pulau Dewata.

Syarat tersebut diberlakukan untuk wisman yang tiba melalui koridor perjalanan (travel corridor) Bali-China. Meski begitu, Putu mengatakan bahwa syarat untuk tarvel bubble Bali-China kemungkinan akan disesuaikan lagi oleh pemerintah pusat.

Baca Juga : 4 Negara ini Masuk Daftar Travel Bubble ke Bali Termasuk Singapura

Domainnya pusat, pak Sandiaga. Tergantung negara yang disasar, kemudian bagaimana perlakuannya setelah di bandara, bagaimana apply visa.

Tutur dia, syarat bagi wisman yang tiba di Bali melalui koridor perjalanan Bali-China harus memenuhi syarat yakni sebagai berikut:

  • Sudah vaksinasi Covid-19
  • Bawa surat keterangan negatif Covid-19
  • Ikuti tes Covid-19 lagi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Jika hasilnya negatif, wisman dapat menginap di hotel-hotel yang ada dalam program travel bubble ( Green Zona )
  • Turis Asing hanya diizinkan jalan-jalan di kawasan tertentu di Bali