Untuk body

Cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat

  • Bagikan
Cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat

Cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat. Akhir-akhir ini banyak orang yang mengalami depresi atau stres. Baik dikarenakan masalah pekerjaan, kesepian, atau kecemasan.

Kondisi stres yang berkepanjangan dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kita. Sangat penting untuk menghilangkan stres dan lakukan penanganan yang tepat.

Curhat, Menjalankan hoby, Sembahyang, Meditasi, minum teh, bergaul, dan olahraga bisa saja cara yang paling simpel untuk mengatasi stres.

Di samping itu, berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog bisa juga jadi pilihan yang efisien dan bermanfaat untuk periode jangka panjang.

Jika kita mengalami stres berat tentunya akan mengganggu setiap aktivitas yang kita lakukan setiap hari hingga memunculkan penyakit fisik.

Dalam sebuah penelitan yang menyatakan, jika stres berat dapat tingkatkan resiko seorang terserang kanker. Oleh karenanya, sangat penting mengetahui cara mengatasi stres agar mencapai jiwa yang sehat.

Berikut Cara mengatasi stres berat yang bisa di coba.

Di bawah ini adalah cara-cara mengatasi stres yang bisa anda coba secara alami tanpa obat

Konsumsi makanan sehat

Bila mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak di katakan mampu menurunkan stres periode pendek. Alasannya, karena rasanya yang manis dan enak bisa membuat hati sedikit berbahagia.

Baca Juga : Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Tetapi, jika di lakukan secara terus menerus bisa menjadi lebih parah dalam jangka panjang. Beberapa makanan seperti keripik kentang, soda, dan makanan lain yang dapat membuat gula darah naik dengan cepat.

Kondisi stres di sebabkan karena kandungan gula darah mengalami penurunan secara tiba-tiba. Keadaan ini akan memacu stres dan perasaan khawatir.

Latih Meditasi ( Pernafasan )

Mengatur pernapasan dengan melakukan meditasi menjadi satu cara menghilangkan stres. Meditasi merupakan teknik pengaturan pernapasan untuk membuat otak dan badan dapat jadi lebih santai cuman dalam kurun waktu beberapa saat.

Latihan paling sederhana yang bisa dilakukan dengan; hiruplah udara melalui hidung dengan hitungan satu sampai tiga dalam hati.

Ambil napas kemudian di simpan dalam perut, kemudian hembuskan secara perlahan-lahan sekalian hitung satu sampai tiga. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga anda merasakan lebih relax.

Olahraga

Melakukan atau menggerakkan tubuh dengan berolahraga bisa membuat jumlah hormon stres pada tubuh turun. Maka Olahraga merupakan cara sederhana menghilangkan stres karena produksi endorfin akan di pacu.

Tidak itu saja, kegiatan fisik yang sudah dilakukan dengan teratur akan membuat tidur jadi lebih berkualitas. Beristirahat cukup juga benar-benar dibutuhkan untuk menurunkan depresi.

Minum Teh

Meminum teh, khususnya teh hijau, memiliki kandungan anti-oksidan dan teanin. Zat ini merupakan salah satu tipe asam amino yang dapat memberi dampak relax pada sistem saraf.

Baca Juga : 7+ Buah dan Jus untuk menaikkan darah rendah yang efektif

Oleh karenanya, minum teh dapat menjadi salah satu cara menghilangkan stres untuk mencapai jiwa yang sehat dalam jangka pendek.

Berkumpul dengan Teman-teman

Luangkan waktu untuk berkumpul dengan teman dekat, keluarga. Hal ini bisa terjadi interaksi komunikasi yang bisa anda lakukan untuk menceritakan masalah yang sedang di hadapi. Bercanda gurau akan terjadi, itu akan bisa menghilangkan stres jangka pendek.

Habiskan waktu bersama orang tersayang akan memacu keluarnya oksitosin, zat kimia otak yang disebut penurun depresi alami.

Memelihara Hewan

Tahukah Anda mempunyai hewan piaraan dapat menjadi satu diantara Cara mengatasi stres berat yang baik? Berhubungan dengan hewan-hewan kesukaan akan memacu otak melepaskan oksitosin.

Menjaga hewan piaraan dipandang bagus untuk kurangi stres karena langkah ini bisa membuat pemikiran Anda aktif di beberapa hal yang membahagiakan. Hewan piaraan dapat menjadi rekan, hingga kekhawatiran yang berada di diri Anda dapat berkurang.

Menolong seseorang

Mungkin pernah merasakan rasa bahagia setelah bisa menolong seseorang. Selain itu, kita melihat sudut pandang lain dalam kehidupan dan jadi lebih mengucapkan syukur pada sesuatu yang kita punyai dan tidak punyai.

Menolong seseorang akan membuat hati lebih berbahagia dan itu ialah modal yang baik sekali untuk menangani stres berat. Untuk yang tidak mempunyai waktu untuk tergabung dengan komunitas, menolong seseorang dengan beberapa cara simpel seperti beli dagangan rekan bisa juga dilaksanakan.

Menjauhi Penyebab Stres

Sumber depresi dapat di temukan kapan saja dan di mana saja. Baik informasi di tv, upload-unggahan di sosial media, dan perkataan beberapa teman dekat.

Untuk hilangkan stres berat yang diakibatkan beberapa hal itu, jalan keluar paling simpel adalah dengan menghindarinya. Istirahatkan mata dan telinga dari monitor tv dan menyisihkan waktu untuk “puasa” handphone beberapa saat menjadi cara yang baik menurunkan tekanan dalam pemikiran.

Cara menghilangkan Stres Secara Medis

Di samping dengan cara alami, depresi atau stres berat bisa juga berkurang dengan berdiskusi bersama psikiater atau psikolog. Sejauh ini, warga Indonesia mungkin sedikit yang datang ke para ahli untuk menangani kesehatan mentalnya.

Karena stigma yang melekat membuat orang ragu dan takut dicap sebagai “orang gila” bila konsultasi ke psikiater atau psikolog. Sebenarnya itu tidak Benar.

Berdiskusi dengan ahli kesehatan psikis akan menolong Anda untuk mendapatkan cara terbaik untuk menurunkan stres berat yang sejauh ini menghantui pikiran.

Baca Juga : Dampak Buruk Curhat di Media Sosial dan Tips yang harus dilakukan

Ini membuat Anda dapat memperoleh ketenangan dan kebahagiaan periode panjang karena memotong permasalahan dari akarnya. Jika masih malu untuk tiba langsung, Anda dapat coba banyak jasa diskusi psikis online yang sekarang ini telah banyak ada. Mulai dengan coba perlahan-lahan.

Dari diskusi yang ditempuh, karena itu ahli kesehatan psikis itu akan memberinya jalan keluar yang terbaik sama sesuai keadaan, seperti therapy sampai beberapa obat, bila memang dibutuhkan.

  • Bagikan