Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Mudah dilakukan

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dengan langkah-langkah efektif berikut ini akan membuat Anda cepat memiliki tubuh ideal dan kehilangan lemak secara alami. Perut buncit adalah mimpi buruk bagi wanita dan pria.

Selain membuat kita kurang percaya diri, timbunan lemak ini bisa meningkatkan risiko penyakit serius. Seperti penyumbatan pembuluh darah hingga penyakit jantung.

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, kurang istirahat, dan jarang berolahraga dapat memicu penumpukan lemak di sekitar area perut. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan lemak perut dengan cepat dan alami tanpa harus menggunakan obat diet, dan tentunya tanpa efek samping.

Simak juga : 9 Jenis Diet Sehat Untuk Tubuh Dan Menurunkan Berat Badan

Cara Mengecilkan Perut Buncit secara alami

Menurut salah satu ahli gizi di Indonesia, lingkar pinggang atau perut yang masuk dalam kategori buncit adalah 90 centimeter (cm) untuk pria dan 80 centimeter untuk wanita. Jika Anda memiliki masalah perut buncit, berikut solusinya:

1. Kurangi Asupan Kalori

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit kalori dapat memperlambat proses metabolisme tubuh dalam jangka panjang. Dengan mengkonsumsi 500-1.000 kalori per hari maka bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kilogram (kg) per minggu.

2. Tingkatkan Serat

Serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Serat larut dapat menyerap air dalam jumlah yang besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 10 gram asupan serat larut dapat mengurangi penambahan lemak sebesar 3,7% per tahun.

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber serat larut antara lain oat, alpukat, biji rami, blackberry, kacang polong, dan kubis.

3. Konsumsi Probiotik

Tahukah Anda, selain makanan kegemukan juga bisa disebabkan oleh bakteri. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih di usus terdapat sejumlah bakteri yang meningkatkan proses penyerapan lemak tubuh.

Oleh karena itu, mengkonsumsi minuman probiotik dapat menghambat dan membunuh bakteri tersebut. Ini mengurangi risiko kenaikan berat badan. Beberapa jenis probiotik telah terbukti efektif mengurangi lemak perut, seperti yogurt, kefir, kimchi, tempe, dan acar.

4. Latihan Kardio

Serangkaian latihan kardio seperti jogging, lompat tali, zumba atau aerobik terbukti efektif untuk mengecilkan perut buncit. Selain itu, latihan ini dapat memperkuat otot-otot di bagian tengah tubuh dan mengurangi lingkar pinggang.

Para ahli merekomendasikan olahraga kardio secara teratur dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 20 hingga 40 menit per hari.

5. Perbanyak Asupan Protein

Jika Anda ingin mengurangi lemak perut maka kurangi asupan kalori dan tingkatkan asupan protein Anda. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan, sehingga mencegah penimbunan lemak terutama di bagian perut.

Beberapa makanan berprotein tinggi yang baik dikonsumsi saat diet antara lain telur rebus, ikan tuna, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengonsumsi protein shake untuk meningkatkan asupan protein harian dan membangun massa otot.

6. Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk mengecilkan perut buncit selain olahraga dan pola makan yang sehat. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan olahraga kardio 20-40 menit per hari, jalan kaki bisa menjadi alternatif.

Baca juga : Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh dan Contohnya

Menurut para ahli kesehatan, jalan kaki minimal 30 menit setiap hari atau 7.500 langkah dapat mengurangi lemak dan membuat pinggang Anda terlihat lebih ramping.

7. Saat Berolahraga Hindari Posisi Duduk

Cara menghilangkan lemak perut selanjutnya, Anda bisa mencoba melakukan olahraga sambil berdiri. Berdiri membuat otot lebih aktif sekitar 7-25% dibandingkan dengan latihan dalam posisi duduk. Selain itu, posisi berdiri juga membakar lebih banyak kalori, meningkatkan oksigenasi, dan kemampuan bernafas.

8. Perbanyak Makanan Kaya Asam Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh termasuk dalam makanan sehat karena hanya mengandung lemak baik. Lemak baik ini berfungsi untuk menghasilkan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kinerja vitamin, melindungi saraf, dan mencegah obesitas. Beberapa makanan yang tinggi asam lemak tak jenuh termasuk alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

9. Tidur yang Cukup

Kebiasaan begadang selain mengurangi fokus juga menjadi penyebab utama perut buncit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari lima jam sehari berpotensi menambah berat badan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari.

10. Berpuasa

Puasa intermiten adalah metode diet yang sering dilakukan dengan mengatur makan atau tidak makan selama 24 jam dua hingga empat kali seminggu. Atau membatasi waktu makan Anda hingga delapan jam setiap hari bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan lemak perut dan berat badan.

Kebiasaan ini bisa menjadi gaya hidup sehat asalkan tetap memenuhi asupan nutrisi tubuh sesuai dengan yang disarankan para ahli kesehatan.

11. Kurangi Asupan Gula

Gula sering dianggap sebagai penyebab utama penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak. Para peneliti juga telah membuktikan bahwa asupan gula yang berlebihan secara langsung berhubungan dengan penambahan berat badan. Beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari karena kandungan gulanya yang tinggi. Seperti soda, makanan olahan, dan minuman manis lainnya.

12. Ganti Makanan Berlemak dengan Minyak Kelapa

Jika Anda sedang mencari cara alami menghilangkan lemak perut tanpa obat, cobalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan lemak baik dan sumber vitamin E.

Selain bermanfaat untuk mengurangi lemak, minyak kelapa juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, menyuburkan rambut, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

13. Hindari Stres

Toppers, apakah Anda merasa ingin makan saat sedang stres? Ternyata hal ini karena stres memicu tubuh untuk memproduksi hormon kortisol. Hormon ini diketahui dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, terutama pada wanita. Untuk itu, coba tambahkan aktivitas seperti meditasi atau yoga untuk mengurangi stres.

14. Latihan Intensitas Tinggi

Salah satu cara menghilangkan perut buncit dengan cepat adalah dengan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Aktivitas ini terbukti membakar lemak dan melangsingkan lingkar pinggang lebih cepat dibandingkan jenis olahraga lainnya. Jika Anda terdesak waktu untuk menurunkan berat badan, cobalah melakukan latihan intensitas tinggi ini di bawah arahan pelatih profesional.

15. Minum Air yang Cukup Setiap Hari

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan Anda. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Bahkan, air dapat meningkatkan pembakaran energi hingga 100 kalori per hari.

Minum air mineral juga dapat meredakan sembelit dan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga mencegah makan berlebihan.

Menjaga pola makan dan berolahraga setiap hari memang sangat penting, namun diet ketat yang tidak diimbangi dengan makanan pengganti yang sehat ditambah olahraga berat sangat berbahaya dan tidak baik untuk dilakukan.

Ini bisa bikin kamu pingsan sampai masuk rumah sakit lho. Oleh karena itu, sebelum memulai program diet, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Nah itu dia beberapa Cara Mengecilkan Perut buncit secara alami yang kami rangkum dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.

Baca juga : 15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami