Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh dan Contohnya

Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh dan Contohnya

Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh Dan Beberapa Contohnya – Di tengah pandemi seperti saat ini, olahraga ringan di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Kondisi pandemi yang belum berakhir membuat aktivitas masyarakat sangat terbatas. Namun, kondisi seperti ini jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.

Meski harus melakukan aktivitas di rumah, Anda tetap harus melakukan berbagai aktivitas positif seperti berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga secara teratur, daya tahan tubuh akan semakin baik sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk paparan virus Corona.

Berikut ulasan kami tentang Alasan Pentingnya Olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Ayo, coba sekarang!

Alasan Pentingnya Olahraga dan Manfaat Berolahraga

Pentingnya olahraga dilakukan secara rutin di rumah maka banyak manfaat olahraga yang bisa dirasakan oleh tubuh Anda. Selain menjaga bentuk tubuh, Manfaat olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, penting untuk memastikan tubuh tetap fit. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa olahraga teratur penting yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa olahraga bisa membuat tubuh lelah. Padahal, olahraga yang dilakukan secara rutin dan benar justru dapat meningkatkan stamina tubuh.

Olahraga teratur selama 6 minggu berturut-turut dapat meningkatkan tingkat energi, kualitas tidur, dan fungsi otak. Dengan rutin berolahraga ringan di rumah, stamina Anda justru akan meningkat sehingga tidak mudah merasa lelah.

2. Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Olahraga ringan di rumah yang dilakukan secara rutin tak hanya menyehatkan tubuh. Namun, aktivitas ini juga bisa membantu Anda untuk menjaga tubuh tetap ideal.

Di tengah pandemi seperti saat ini, risiko kenaikan berat badan sangat tinggi karena kurangnya aktivitas.

Untuk menjaga tubuh tetap ideal, Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah untuk wanita seperti push up, sit up atau squat.

3. Meningkatkan Daya Berpikir

Siapa sangka olahraga ringan di rumah juga bisa meningkatkan daya pikir. Pentingnya Olahraga secara teratur membuat aliran oksigen ke otak lebih lancar. Hal ini memungkinkan otak bekerja lebih optimal.

Dengan berolahraga secara teratus akan membuat daya pikir dan kecerdasan seseorang dapat meningkat.

4. Membantu Menjaga Sendi

Terlalu banyak berdiam diri di rumah terkadang membuat persendian menjadi bermasalah karena tidak digerakkan. Untuk mengatasi masalah seperti ini, melakukan olahraga teratur di rumah bisa menjadi solusinya.

Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti jalan kaki, berenang atau yoga untuk membantu menjaga kesehatan sendi dan tulang.

5. Mencegah Berbagai Penyakit

Alasan Pentingnya Olahraga secara teratur adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, virus dan bakteri akan sulit masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, kondisi pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah semakin menurunkan kesehatan dan meningkatkan risiko obesitas atau kenaikan berat badan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah untuk menurunkan berat badan. Dengan tubuh yang sehat dan ideal, risiko penyakit juga akan lebih kecil.

Jenis Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Manfaat Pentingnya Olahraga saat pandemi. Ancaman virus corona yang belum berakhir membuat masyarakat tidak bisa leluasa beraktivitas di luar, termasuk berolahraga.

Baca juga : 8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Hal ini jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan karena masih banyak pilihan olahraga ringan di rumah yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah:

Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh dan Contohnya

1. Jogging

Jogging bisa jadi alternatif olahraga di masa pandemi seperti sekarang ini. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah atau lokasi yang aman dan minim keramaian.

Namun, pastikan saat jogging, ikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak aman. Usai jogging, jangan lupa untuk segera membersihkan diri agar aman dari ancaman virus.

2. Yoga

Yoga juga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Anda dapat melakukan yoga sendiri di rumah atau menghubungi instruktur pribadi.

Selain baik untuk kesehatan, olahraga ringan di rumah juga baik untuk kesehatan mental karena dapat membuat pikiran lebih tenang sehingga terhindar dari stres akibat situasi pandemi yang sedang berlangsung.

3. Dance Cardio

Bagi Anda yang menginginkan olahraga ringan di rumah namun tetap asyik dan menyenangkan, dance cardio bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sesuai dengan namanya, olahraga ini menggunakan tarian yang dipadukan dengan gerakan kardio sehingga tidak hanya menyenangkan tetapi juga efektif untuk membakar lemak.

Lakukan saja seminggu dua kali dengan durasi 30 menit, Anda sudah bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Barre

Barre adalah jenis olahraga yang terinspirasi dari gerakan balet kemudian dipadukan dengan gerakan pilates dan yoga.

Jenis latihan ini berfokus pada peningkatan kekuatan otot inti, mengembangkan stabilitas bahu dan pinggul dan juga dapat melatih fleksibilitas.

Barre ini bisa menjadi pilihan untuk berolahraga ringan di rumah di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

5. Pilates

Bagi Anda yang ingin melatih kelenturan dan kelenturan tubuh selama di rumah, Pilates bisa menjadi pilihan yang tepat. Sepintas gerakan Pilates mirip dengan yoga tetapi telah dikembangkan sehingga lebih modern.

Pilates sangat cocok untuk pilihan olahraga ringan di rumah karena gerakannya yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak peralatan.

6. Tabata

Sebagian orang mungkin masih asing dengan olahraga tabata. Ini adalah jenis latihan yang termasuk dalam jenis HIIT atau latihan interval intensitas tinggi. J

enis olahraga ini sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Tabata bisa menjadi pilihan olahraga ringan di rumah baik untuk pria maupun wanita.

7. Muay Thai

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, muay thai bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Muay Thai fokus melatih kekuatan otot tangan dan kaki dengan gerakan menendang dan memukul.

Simak Juga : 9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

Meski sedikit ekstrim, saat ini muay Thai banyak dipilih sebagai salah satu jenis olahraga ringan di rumah bagi kaum hawa, termasuk kalangan artis dan selebriti.

8. Kick Boxing

Melatih otot dan kekuatan fisik tidak harus dilakukan di gym saja. Anda juga bisa melakukan latihan fisik ini di rumah dengan melakukan kick boxing.

Anda bisa memanggil pelatih ke rumah Anda agar lebih aman dan Anda bisa berlatih lebih maksimal. Kick boxing bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang aman dan sehat di rumah.

9. Weight Lifting

Latihan angkat beban atau weight lifting bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan barang-barang di sekitar Anda sebagai alat untuk berolahraga ringan di rumah seperti botol air minum. Selain murah, angkat beban di rumah juga lebih aman.

Alasan Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh dan Contohnya

Gerakan Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Meski hanya melakukan aktivitas dari rumah, memastikan tubuh tetap sehat dan bugar adalah sebuah keharusan. Salah satu cara untuk menjaga kebugaran jasmani adalah dengan berolahraga secara teratur. Nah, berikut ini beberapa pilihan olahraga ringan di rumah yang bisa dilakukan wanita:

1. Jongkok

Gerakan jongkok bisa menjadi alternatif gerakan olahraga ringan yang cocok dilakukan wanita di rumah. Gerakannya yang sederhana dan tanpa membutuhkan peralatan olahraga ringan di rumah, membuat squat cukup digemari.

Anda bisa melakukan squat 10 menit setiap hari sebelum beraktivitas. Selain membuat tubuh sehat, gerakan jongkok yang dilakukan secara rutin dapat membentuk bentuk tubuh yang ideal.

2. Jumping Jack

Gerakan jumping jack juga dipercaya mampu menyehatkan dan menguatkan tulang serta membuat otot-otot seluruh tubuh menjadi lebih kuat. Gerakannya yang sederhana menjadikan jumping jacks sebagai pilihan olahraga ringan di rumah, terutama di masa pandemi ini.

Seperti namanya, olahraga ini lebih banyak melibatkan gerakan melompat. Anda hanya perlu merentangkan tangan dengan kaki terbuka, lalu melompat sambil menutup tangan dan kaki.

Baca juga : 4 Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan karena Covid-19 Omicron

Lakukan gerakan ini sebagai latihan ringan di rumah secara berulang-ulang selama minimal 15 menit setiap hari untuk melatih otot-otot tubuh dan menjaga kebugaran tubuh.

Nah itu dia beberapa Alasan Pentingnya Olahraga dan manfaat berolahraga untuk kesehatan tubuh dan beberapa contohnya, semoga bermnfaat. Salam Sehat Selalu