Untuk body

Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

  • Bagikan
Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

TRIPONNEWS.COM – Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes. Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan cara enak untuk memuaskan rasa lapar. Dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun, kebanyakan buah mengandung gula. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah buah-buahan cocok untuk penderita diabetes.

Penyakit Diabetes adalah kondisi kronis tetapi dapat dikendalikan di mana tubuh berjuang untuk mengontrol kadar gula darah.

Apakah buah berbahaya bagi penderita diabetes? dikutip dari Medical News Today, ini daftar buah-buahan yang cocok untuk dimakan dan dihindari jika Anda menderita diabetes, serta memeriksa hubungan antara buah dan gula darah.

Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, salah satu cara untuk memilih buah yang aman dan sesuai serta makanan berkarbohidrat tinggi lainnya adalah dengan memeriksa Glycemic Indeks (GI).

Glycemic Indeks (GI) adalah peringkat makanan dalam skala 1 sampai 100. Skor tersebut menunjukkan seberapa cepat item makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah.

“Makanan GI tinggi diserap lebih cepat daripada makanan GI sedang atau rendah.”

Glycemic load (GL) memperhitungkan GI makanan ditambah jumlah karbohidrat dalam satu porsi. GL mungkin merupakan cara yang lebih akurat untuk menilai bagaimana makanan memengaruhi pengelolaan gula darah dari waktu ke waktu. Makanan rendah GI dan GL rendah lebih baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga : Penyebab Batu Ginjal dan Gejalanya yang Patut di Waspadai

Orang mungkin terkejut mengetahui bahwa banyak buah memiliki indeks glikemik rendah. Orang lebih cepat mencerna sayuran bertepung, seperti kentang dan biji-bijian, sehingga memiliki indeks GI yang lebih tinggi.

Semakin lama makanan kaya karbohidrat dimasak, semakin tinggi nilai GI. Lemak, kandungan serat, dan karbohidrat pendingin setelah diubah menjadi pati resisten melalui pemasakan semuanya dapat menurunkan nilai GI secara dramatis.

Daftar Buah-buahan Untuk Penderita Diabetes

Di bawah ini adalah daftar buah-buahan yang dibagi dengan indeks GI ( glycemic index ), seperti di lansirTrusted Source oleh U.S. Department of Agriculture.

Baca Juga : Enggan Tugas di Nusa Penida, RS Gema Santi Kekurangan Dokter

Beberapa buah memiliki GI di bawah 55 dan GL di bawah 10, termasuk.

  • apel, alpukat, pisang, beri
  • ceri
  • jeruk bali
  • anggur
  • Buah kiwi
  • nektarin
  • jeruk
  • Persik
  • buah pir
  • plum
  • stroberi

Buah-buahan dengan GI sedang (GI 56 hingga 69)

Buah dengan GI antara 56 dan 69 dianggap sebagai makanan GI sedang. Semua buah yang tercantum di bawah ini masih memiliki kadar GL di bawah 10.

  • melon
  • pepaya
  • nanas

Berapa banyak buah yang harus Untuk Penderita Diabetes makan?

Kebanyakan pedoman merekomendasikan agar orang dewasa dan anak-anak makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Ini tidak berubah untuk penderita diabetes.

The United States guidelines merekomendasikan agar orang mengisi setengah dari piring mereka setiap kali makan dengan buah dan sayuran.

Penderita diabetes harus fokus pada sayuran non-tepung untuk 50 persen makanannya, daripada bergantung pada buah. Setengah sisa makanan harus berupa protein dan pati berserat tinggi seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Banyak ahli juga merekomendasikan untuk memasukkan lemak sehat setiap kali makan untuk mendorong perasaan kenyang dan meningkatkan penyerapan antioksidan dan vitamin.

Baca Juga : 6 Pertimbangan Sebelum melakukan Diet Ketat Menurunkan Berat Badan

Satu porsi adalah satu porsi buah berukuran sedang, atau satu porsi seukuran bola bisbol. Buah yang lebih kecil, seperti beri, memiliki satu cangkir sebagai ukuran porsi.

Setengah cangkir juga merupakan ukuran takaran untuk produk olahan buah-buahan, seperti saus apel dan jus buah. Porsi untuk buah goreng seperti kismis dan ceri adalah 2 sendok makan per takaran saji.

Seperti sayuran, sangat bagus bagi orang untuk makan berbagai macam buah-buahan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, serta untuk menikmati rasa yang bervariasi.

  • Bagikan