Wisata  

Ikan Mola Mola Nusa Penida

Ikan Mola-Mola di Nusa Penida

Ikan Mola-Mola di Nusa Penida ini memiliki nama lain yaitu Sunfish ini berada disekitara Pulau Bali dengan bentuk tubuh yang besar yang berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Mola mola dewasa memiliki  ukuran diameter mencapai kurang lebih 4 meter dan berat 1 ton.

Bentuk dari ikan Mola-mola ini sedikit aneh sebab mempunyai tubuh yang bulat dan gepeng, bahkan ikan mola-mola ini justru tidak mempunyai sirip ekor.

Meskipun begitu, ia mempunyai sirip menyambung dari atas hingga ke bagian bawah perut yang disebut dengan calvus. Dengan kata lain nih, pada umumnya sirip ikan yang berada di kiri dan kanan tubuhnya, sirip mola mola berada pada bagian atas dan bawah.

Nah ketika muncul di permukaan laut, siri atasnya ini sering dianggap sebagai sirip hiu. Padahal sebenarnya bukan yaa, sebab keberadaan siripnya itu sangat mendukung bentuk badannya yang bulat dan juga pipih.

Selain itu, berjemur adalah salah satu hobi dari ikan ini untuk memberikan kehangatan di tubuhnya dan juga untuk membersihkan parasite yang menempel di tubuh ikan mola mola dengan memanfaatkan bantuan dari ikan-ikan terumbu karang dan burung-burung laut.

Apa sih itu ikan Mola Mola

Walaupun ikan dengan ukuran yang raksasa itu, tetapi mola mola ini cukup bersahabat dengan manusia dan gaya berenangnya yang tenang membuat ikan ini sering mendekati penyelam yang ingin menikmatinya lebih dekat.

Harus kamu tahu juga nih jika ikan mola mola ini termasuk dalam jenis ikan predator, makanan utama ikan mola mola adalah ubur-ubur, kepiting, zooplankton dan tumbuhan mikroskopis yang tidak nampak di mata manusia.

Hal ini disesuaikan dengan ukuran mulutnya yang kecil hingga dari mulut itulah mola mola makan dan mengeluarkan lagi makanannya berulang sebelum ditelan.

Baca juga : Simak Tempat Lihat Sunset Nusa Penida Yang Mempesona

Sayangnya nih, jenis ikan seperti mola mola ini terancam punah dan banyak yang mati akibat tersedak palstik yang mereka kira itu adalah ubur-ubur sebagai makanan favorit molu molu.

Selain itu, gaya berenangnya yang lambat tidak sedikit dari ikan ini tersangkut oleh baling baling kapal yang cepat. Serta adanya perburuan yang besar besaran di laut lepas.

Lokasi ikan Mola Mola

Mola-mola tersebar merata di seluruh perairan hangat, seperti di Perancis, Jerman, Belanda, Portugal, dan Rusia ia dipanggil sebagai “Moon Fish” sebab bentuknya yang mirip dengan bulan.

Di Indonesia sendiri, mola-mola dapat ditemukan di perairan Nusa Penida, Bali yang kemunculannya sekitar Juli hingga September dan para penyelam pun berdatangan hanya untuk melihat ikan ini.

Ikan mola (sunfish) adalah anggota dari famili Molidae dan tersebar secara luas di perairan beriklim sedang dan tropis. Ikan mola merupakan salah satu maskot wisata bahari yang dapat ditemui secara musiman di perairan Nusa Penida.

Keadaan lingkungan yang memengaruhi kemunculan dari ikan mola ini, yaitu perairan lebih dalam yang mana terdapat kelimpahan ikan karang pembersih disertai suhu perairan yang dingin dan kondisi arusnya tenang.

Operasi penangkapan menjadi ancaman yang tidak baik untuk kemunculan dari ikan mola ini. Bahkan masyarakat dipesisir Nusa Penida masih banyak yang belum mengetahui kebijakan terkait wisata ikan mola.

Ikan Mola-Mola di Nusa Penida

Tentang Wisata Ikan Mola Mola

Pengelolaan wisata ikan mola masih belum cukup optimal, sehingga perlu diterapkan regulasi yang tegas dan meningkatkan pastisipasi masyarakat lokal agar wisata berbasis mola ini dapat berkelanjutan.

Beberapa penyelam yang datang ke Bali, lebih tepatnya nih mereka hanya ingin bertemu dengan ikan mola mola ini yang dikenal dengan ikan matahari. Ikan ini memang merupakan ikan bertulang terberat yang dapat kamu temui di dunia.

Ia terus tumbuh di sepanjang hidupnya, mulai dari beberapa milimeter dengan dalam keadaan larva hingga beberapa meter dengan diameter ketika dewasa.

Kamu tidak boleh melewatkannya begitu saja dengan bentuknya yang khas, lonjong dilihat dari samping, rata dilihat dari depan.

Bentuk sirip punggung yang cukup besar dan sirip dubur yang juga besar. Apalagi jika kamu menemukan yang beratnya lebih dari satu ton.

Ikan ini adalah pelagis dan hidup di tempat yang cukup dalam mencapai 600 meter. Tapi kamu juga dapat bertemu dia secara teratur di Bali, dekat permukaan, antara Juli dan Oktober setiap tahun.

Para peneliti juga telah membuktikan bahwa itu sesuai dengan kenaikan tiap musim air dingin yang memberikan nutrisi yang merupakan sebuah fenomena yang disebut upwelling.

Asal Mola Mola

Seperti namanya berasal dari bahasa Latin mola yang berarti batu kilangan, batu bulat besar, datar dan abu-abu. Bentuknya yang bulat juga menjadi inspirasi namanya yang jika dalam bahasa Inggris sunfish.

Untuk Negara lain ada berbagai macam nama yakni jika dalam bahasa Italia pesce luna. Dalam bahasa Spanyol pez luna dalam bahasa Portugis peixe lua dalam bahasa Jerman mondfisch atau dalam bahasa Prancis poisson lune.

Makanan ikan Mola Mola

Ikan ini memakan ubur-ubur pada umumnya, tetapi juga pada zooplankton, cumi-cumi dan krustasea kecil. Dan karena makanannya ini kurang nutrisi, maka harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup besar.

Oleh sebab itu nih, untuk satu ikan dengan berat 120 kilogram harus menelan 70 kilogram ubur-ubur setiap hari demi untuk memenuhi kebutuhan kalorinya.

Terdapat lebih dari dari 40 spesies parasit yang hidup di dalam dan di bawah kulit mola-mola. Itulah mengapa ikan mola mola sering ke permukaan untuk mencari ikan pembersih. Seperti ikan panji, demi untuk membantunya membasmi parasite yang ada di tubuhnya.

Mola-mola juga terkadang membuka sisi-sisinya ke permukaan untuk memungkinkan burung laut memakan parasitnya. Untuk melihat ukuran yang kecil di Nusa Penida muncul di permukaan air yang merupakan upaya ekstrim untuk mengeluarkan parasit dari tubuhnya.

Tempat melihat ikan Mola Mola

Kamu dapat melihat ikan Mola Mola berlangsung dari Juli hingga Oktober, bersama dengan upwelling. Disertai dengan pemandu yang tepat dan kemungkinan kamu akan mendapatkan satu sepertiga.

Kamu bisa bertemu mereka di lokasi menyelam manapun di pulau Nusa Penida. Namun, tempat yang paling terkenal adalah tempat menyelam Crystal Bay.

Di tempat ini kamu bisa berada dekat dengan saluran antara Nusa Penida dan Nusa Lembogan dan masih terlindungi dari arus yang kuat. Pengunjung biasanya berdiri di dekat salah satu titik berbatu di sebuah pulau kecil di lepas teluk.

Simak juga : Simak Tips Ke Nusa Penida Sendiri – Dijamin Lebih Murah

Inilah yang disebut tikungan kedua. Mencari sunfish seperti sebuah misi. Dan di sinilah semua bakat pemandu kamu akan diekspresikannya.

Demikian pembahasan mengenai ikan mola mola Nusa Penida yang mempunyai ciri khas sendiri bahkan dapat kamu saksikan dimusimnya ketika