Untuk body

Kelelahan Naik Gunung Agung, Pendaki asal Jakarta dievakuasi

  • Bagikan
Kelelahan Naik Gunung Agung, Pendaki asal Jakarta di evakuasi

Kelelahan Naik Gunung Agung, Pendaki asal Jakarta di evakuasi. Seorang pendaki asal Jakarta, Inaqi Kalingga Eka Putra (24) kelelahan saat mendaki gunung agung dan berhasil dievakuasi pada ketinggian 1.700 mdpl, Selasa (5/10/2021) pagi. Di tengah-tengah cuaca buruk, Inaqi kelelahan dan minta bantuan tim penyelamat untuk dievakuasi

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana, Selasa (5/10) mengatakan, korban naik ke puncak Gunung Agung pada Minggu sekitar jam 14.00 WITA bersama dua kawannya, yakni Kadek Ngetis Juliawan asal Banjar Dinas Rendang tengah dan Desta Dharma asal Tabanan.

“Ketiga pendaki ini mulai turun dari puncak sekitar jam 16.00 WITA, karena cuaca yang jelek, Inaqi selanjutnya tertinggal oleh dua kawannya,” katanya.

Baca juga : Nekat Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide, 2 Pendaki jatuh ke Jurang

Eka Wiadnyana menambah, korban kelelahan saat kembali turun, seterusnya korban ini menghubungi porter untuk minta bantuan. Dan 6 orang porter selanjutnya naik memberi bantuan dan bertemu dua teman Inaqi di atas Pos 1 kira-kira jam 02.00 WITA pada 5 Oktober pada ketinggian 2500 MDPL.

Seterusnya, eman orang porter selanjutnya meneruskan penelusuran kepada Inaqi. Tetapi sampai jam 03.00 WITA sasaran belum diketemukan.

Kelelahan Naik Gunung Agung, Pendaki asal Jakarta di evakuasi

Mengingat belum diketemukan, selanjutnya dua teman korban selanjutnya turun bersama 2 orang porter, dan 4 orang porter masih meneruskan penelusuran. Sampai jam 05.00 WITA ke-4 porter belum menemukan posisi sasaran dan memilih untuk turun dan mengganti dengan porter baru.

“Korban baru berhasil diketemukan sekitar jam 09.30 WITA. 3 orang porter sukses menemukan posisi di sasaran yang berada di pos 1 Seming Kembar di ketinggian 1.700 MDPL.

Selanjutnya Basarnas lewat Pos SAR Karangasem lakukan intercept dan berjumpa dengan target sekitaran jam 10.20 Wita pada keadaan baik,” jelasnya.

Baca juga : Pendakian Gunung Agung Sudah di Buka, Ini Aturan dan Larangannya

Target pada akhirnya tiba di Pos Pengubengan jam 11.05 Wita dengan kondisi Kelelahan Naik Gunung Agung. Sesudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, Inaqi lalu dibawa menuju Polsek Rendang untuk diminta keterangan.

  • Bagikan