Mengenal Pura Goa Giri Putri yang Penuh Penuh Filosofi

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Pura Goa Giri Putri, Unik dan Penuh Penuh Filosofi. Bali dikenali sebagai pulau dengan sebagian besar warganya yang beragama Hindu. Tidak mengejutkan bila di pulau ini lebih banyak ditemui pura yang tidak lain sebagai tempat beribadah mereka.

Banyak pura di Pulau Dewata yang selanjutnya dibolehkan didatangi wisatawan umum. Satu diantaranya ialah Pura Goa Giri Putri yang berada di Nusa Penida. Disamping mempunyai bermacam keunikan bangunan, pura satu ini penuh filosofi.

Ini sebagai satu diantara tempat rekreasi di Nusa Penida yang terkenal sekarang ini, Tetapi tempat ini khusus untuk rekreasi religius

Lokasi Pura Goa Giri Putri

Sebelum jauh menyaksikan keunikannya, yok kenali lebih dulu letak pura ini. Tempat suci umat Hindu ini ada di Dusun Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Mempunyai panjang sekitaran 310 mtr., goa ini ada pada ketinggian 150 mdpl. Lokasinya sejalan dengan pantai atuh, pantai diamond, Pulau Seribu atau Raja Lima dan beberapa tempat rekreasi yang berada di nusa penida timur.

Keunikan Pura Giri Putri

Pintu Masuk Pura Giri Putri yang mempunyai ukuran yang kecil tetapi anehnya semuanya orang dapat masuk, meskipun mereka mempunyai tubuh yang memiliki ukuran besar. Kita harus melalui pintu goa ini supaya bisa menyaksikan kecantikan di Dalamnya.

Dengar kata Pura di Bali, angan tentu tertuju pada suatu bangunan seperti candi atau bangunan pura dengan arsitektur ciri khas Bali kan? ! Tetapi, tidak dengan Pura Goa Giri Putri.

Baca juga : Simak 10 Daftar Pura di Nusa Penida Yang Sering Dikunjungi

Setelah tiba di teritori pura ini, Anda akan dihadapkan pada panorama batu besar dengan lubang kecil, mirip terowong ke arah goa. Ya, yang Anda lihat memang tidak salah! Kenyataannya, pura ini ada dalam goa sama dengan namanya.

Untuk mencapai sisi utama pura ini termasuk cukup payah. Selesai mendaki lebih dari 100 anak tangga, Anda harus masuk di mulut goa yang sempit, dengan diameter kurang dari 1 mtr.. Lantas, Anda perlu

jalan jongkok sejauh lebih kurang 3 mtr.. Tetapi, bila Anda sukses melalui ‘perjalanan sulit’ ini, di muka akan terlihat sebuah bangunan pura yang super luas.

Muat Banyak Orang

Siapa kira dengan pintu masuk yang kecil dan tidak mungkin rasanya dapat masuk, tetapi dalam goa giri putri ini mempunyai tempat yang paling luas yang dapat memuat beberapa ribu orang. Ini sebagai kaya agung dari si pembuatn.

Anda kemungkinan tidak akan memikirkan bila sekarang Anda ada dalam suatu ruang di bawah tanah, dalam suatu pura yang luas. Saat sebelum masuk sisi khusus pura, Anda akandisongsong dengan dinding-dinding gua berbatu kapur yang kuat.

Jalan beberapa mtr. akan sampai pada bagian intinya. Di situ, Anda akan menemui seperti pura secara umum. Ada bangku panjang patung-patung dewa sebagai tempat penyembahan dan memberikan dukungan peribadatan umat Hindu.

Tetapi, yang kemungkinan membuat takjub ialah kendurnya goa ini. Karena sangat kendurnya, ruang Pura Goa Giri Putri ini dikalaim sanggup memuat hingg 5000 orang lho!

Tempat yang Sakral

Dalam pada itu, untuk jaga kesakralan, dalam goa ini menyengaja dihidupkan beberapa lampu kecil. Namun, pada beberapa ruangan menyengaja tidak dipertambah pencahayaan.

Ini karena perannya sebagai tempat meditasi. Keinginannya pasti, supaya saat meditasi berjalan, umat tidak terusik dan bisa melakukan dengan khusyuk.

Goa ini dipercayai sebagai tempat Penyembahan Dewa Siwa, dan beberapa berpura-pura kecil dengan penyembahan Hyang Tri Purusa, Hyang Wasuki, Hyang Giripati, Hyang Giri Putri, Hyang Siwa Amerta, Sri Sedana/Ratu Syahbandar dan Dewi Kwam Im.

Makna dan Filosofi

Perjalanan yang cukup susah untuk ke arah sisi khusus Pura Goa Giri Putri sebetulnya memberi pelajaran kehidupan yang perlu. Nilai itu ialah jika inginkan suatu hal yang besar, jangan sampai malas untuk mengawali dari suatu hal yang kecil.

Pikirkan bila Anda telah tidak mau untuk jalan jongkok melalui pintu goa yang sempit dan kecil itu? Pasti, Anda tidak akan sampai di bagian intinya yang berasitektur cantik kan? !

Sementara, untuk keluar goa itu jalanan yang dilakukan biasa. Ini dapat diartikan bila keringanan akan tiba selesai kesusahan.

Baca juga : Simak Tempat Lihat Sunset Nusa Penida Yang Mempesona

Wah, menelusuri Pura Goa Giri Putri betul-betul memberi pengalaman yang komplet ya. Tidak cuma dapat rekreasi petualang di goa, Anda sekaligus juga rekreasi arsitektur.

Lebih bagusnya kembali, ada nilai kehidupan penting yang dapat diperoleh dari perjalanan rekreasi itu. Sangat bagus kan? ! Jadi kapan kurang lebih Anda merencanakan berkunjung pura elok di Nusa Penida ini?