Sambut WNA Bali Siapkan 35 Hotel Karantina Dengan Harga Mulai 10jt

Sambut WNA Bali Siapkan 35 Hotel Karantina

Sambut WNA Bali Siapkan 35 Hotel Karantina Dengan Harga Mulai 10jt. Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Bali mempersiapkan 35 hotel untuk karantina dalam rangka menyambut kedatangan wisatawan luar negeri (wisman) atau wisatawan asing yang hendak masuk ke Bali per tanggal 14 oktober 2021 nanti.

Beberapa hotel yang disiapkan dimulai dari bintang 3 sampai bintang 5. “Total Baru ada 35 hotel dalam tahap pertama. Tetapi menyusul kembali 62 hotel,” papar I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, sebagai Wakil Ketua Bidang Budaya, Lingkungan dan Humas PHRI Bali di Denpasar, Rabu (6/10).

“Maka nanti akan bertahap. Tahapan pertama 35, tahapan ke-2 , 62 hotel lagi yang kelak akan verifikasi secepatnya, tergantung keperluan,” sambungnya.

Menurutnya, beberapa hotel di Bali siap terima wisatawan asing yang akan datang pada saat pembukaan penerbangan internasional mendatang, mereka lebih dulu akan melakukan karantina. Dia menyebutkan banyak hotel berlomba-lomba ingin jadi hotel karantina.

Sambut WNA Bali Siapkan 35 Hotel Karantina Dengan Harga Mulai 10jt

“Tetapi, ada resikonya, jika hotel karantina untuk wisman, tidak boleh digabung dengan domestik, dan selain itu tidak dapat menerima tamu di luar karantina, karena kita tidak boleh campur, kelak jika ada apa-apa susah untuk memantau,” jelas dia.

Berita Sebelumnya : PPKM Telah diumumkan, Penerbangan Internasional Ngurah Rai buka 14 oktober

“Dan mereka harus juga keluarkan paket untuk karantina, entah 8 hari saat ini. Tetapi, kita harap se-singkat mungkin tiga hari, maksimal 5 harilah. Tidak boleh kelamaan,” bebernya

Karena, dia memandang jika kelamaan wisman di hotel waktunya akan habis tidak untuk berlibur dan itu mempengaruhi apresiasi wisman berkunjung ke Bali.

“Karena, kelamaan mereka habis di hotel saja . Maka,apresiasi tamu untuk datang akan menyusut. Karena kita berkompetisi dengan negara lain, seperti Turki, Dubai, UEA, dan mereka lakukan bahkan juga tidak karantina . Maka, sebelum mereka pergi hasil PCR negatif, saat datang di negara Turki atau Dubai negatif, meraka langsung lakukan perjalanan di kota itu,” terangnya.

Adapun, hotel yang dipersiapkan karantina wisman bervariasi dari bintang 5 sampai bintang 3 dengan biaya bermacam-macam selama 8 hari sekitar dari Rp 10 juta sampai 25 juta tergantung bintang berapakah yang dihuni wisman.

“Ada bintang 4 dan bintang 5, kelak kita bintang 3 juga tidak ada permasalahan. Kan, ini harus ada opsi dari beberapa tamu, jangan monopoli, ini usaha. Maka, kan jika konsentrasi di sejumlah hotel kan ada kecenderungan kecemburuan sosial, janganlah sampai terjadi itu,” papar ia.

Baca juga : Bebas Visa ke Bali dihilangkan saat di buka kembali untuk wisman

“Saya prediksi misalkan hotel bintang 3 dapat sampai Rp 10 juta, bintang 4 sampai Rp 15 juta dan bintang 5 dapat sampai 20 sampai Rp 25 juta untuk 8 hari. Itu, terhitung breakfast, launch dinner, dan laundry. Itu kan paketnya harus komplet, jika memang perlu termasuk PCR,” pungkas Suryawijaya.