Tutup Setahun, Pura Batuan di Buka Kembali untuk Wisatawan

Pura Batuan di Buka Kembali untuk Wisatawan

GIANYAR | TRIPONNEWS.com – Tutup Setahun, Pura Batuan di Buka Kembali untuk Wisatawan. Pura Batuan merupakan salah satu objek wisata Bali yang harus ditutup untuk wisatawan selama satu tahun akibat Covid-19.

Sejak pemerintah daerah Bali bersama Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif mewacanakan pariwisata bali segera di Buka. Pihak Bendesa Adat Batuan menyatakan Pura Batuan sudah siap dibuka kembali untuk wisatawan.

Tentunya selalu memberlakukan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh pengunjung.

Saat ditemui, Bendesa Adat Batuan, Nyoman Megawan, menyatakan Pura Batuan telah di buka pada awal April 2021, Pura Desa lan Puseh Batuan sudah siap menerima kunjungan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pura Batuan di Buka Kembali untuk Wisatawan dengan program barunya

“Kami dari pihak desa sudah siap, protokol kesehatan, tenaga juga sudah siap. Pecalang dan tempat cuci tangan ( wastafel ) juga sudah siap,” ujar Megawan, Jumat (16/4).

Tentang kunjungan wisatawan msih sepi sejak awal april, karena, banyak masyarakat yang belum tahu. “Dikira kami masih tutup. Padahal kami sudah buka,” jelasnya.

Baca Juga : Kelingking Beach Nusa Penida tetap jadi wisata favorit di masa pandemi Covid-19

Untuk tiket masuk atau donasi ke pura, sementara kami hanya meminta kerelaan pengunjung. “Tetap punia.” jelasnya.

Untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Pura Batuan, pihak Pura Batuan akan memberikan tontonan kesenian bagi wisatawan.

“Rencana Kami kedepan tidak hanya menjual keunikan pura saja. Tetapi akan di kembangkan dengan tarian seni dan budaya. Pagi dan malam. Kalau pagi pengunjung akan di ajak belajar Tari dan Megambel, Sedangkan kalau malam diadakan pertunjukan komersial (kesenian yang dipungut tiket),” jelasnya.

Pihak kami akan memperdayakan anak-anak sekolah dasar yang kebetulan kokasinya dekat pura batuan. Tujuannya untuk mengembangkan seni dan budaya,” terangnya.

Baca juga : Candikuning, Tanah Lot dan Jatiluwih Tabanan masuk free corridor covid-19

Mengenai pendapatan sebelum Covid-19, dana punia dari pengunjung mencapai Rp 20 ribu per orang. Dalam sehari, donasi yang masuk rata-rata Rp 20-30 juta.

“Sejak maret 2020 sampai sekarang nggak ada pemasukan. Dulu membantu sekali untuk operasional di pura. Sekarang kami sudah siap dengan Pura Batuan di buka kembali sebagai salah satu primadona seperti sebelum covid-19,” terangnya.