Wisata  

6 Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli
Foto Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, sebagai ikon wisata di kabupaten Bangli, Bali

BANGLI – 6 Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli Yang Perlu Anda Kenali. Bangli sebagai salah satu dari 9 kabupaten yang ada di Bali. Berada tengah-tengah Pulau Bali. Kabupaten ini berbatasan langsung 4 kabupaten yang ada di Bali.

4 kabupate tersebut adalah, Kabupaten Gianyar untuk perbatasan sebelah selatan, Buleleng sebagai perbatasan sebelah utara, Karangasem dan Klungkung berada di perbatasan timur.

Fakta Unik Tentang Kabupaten Bangli

Kabupaten yang terdiri dari 4 kecamatan ini mempunyai fakta-fakta unik yang tidak diketahui banyak orang. Berikut sejumlah fakta unik mengenai kabupaten Bangli Bali.

1. Kabupaten yang Tidak Mempunyai Pantai

Bangli sebagai salah satu kabupaten di bali yang tidak mempunyai garis pantai. Bila anda liburan ke kabupaten Bangli jangan sampai mengharap akan mendapati pantai di sini. Meskipun tidak mempunyai pantai, kabupaten bangli sanggup menarik lawatan wisatawan untuk bertandang ke bali.

Tujuan wisata terpopuler di kabupaten bangli ialah tempat rekreasi penelokan kintamani. Bila anda bosan dengan wisata pantai di bali dapat coba berkunjung ke kabupaten bangli untuk nikmati alam pegunungannya yang cantik.

2. Kintamani, sebagai Pariwisata Bangli

Tempat wisata yang mendukung sektor pariwisata di kabupaten bangli ialah tempat wisata di kintamani. Menurut BPS propinsi Bali, dari tahun ke tahun tempat wisata di kintamani terutamanya objek wisata penelokan kintamani mempunyai kunjungan paling banyak setiap tahunnya di kabupaten Bangli.

Mendaki Bukit Trunyan Bali, Tempat Pendakian yang lagi trend di Bali
Suasana di Puncak Bukit Trunyan Bangli di Ketinggian 1834 mdpl. Photo by Ani Nurcahyani

Meskipun bersuhu rata-rata rendah dibandingan dengan wilayah yang lain di bali, karena mayoritas daerah kintamani berupa pegunungan, tetapi tempat wisata ini selalu ramai didatangi wisatawan.

Sebagai daya tarik wisatawan ke kintamani yaitu panorama gunung batur dan danau baturnya yang indah. Uniknya, meskipun kintamani bersuhu rendah, di sini ada sumber air panas lho. Benar-benar cocok sekali pada temperatur dingin berendam di pemandian air panas.

Para wisatawan biasanya suka melakukan pendakian gunung Batur untuk melihat panorama matahari terbit di puncak ketinggian 1.717 mdpl.

3. Memilki Desa Dengan Pemakaman Terunik ( Desa Trunyan )

Sebagai daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kintamani bangli selain panorama danau batur yang indah, Kintamani juga mempunyai desa dengan penguburan yang unik. Bila di bali secara umum orang yang meninggal akan dibakar atau diaben, tapi tidak dengan di Desa Trunyan.

Orang yang meninggal tidak dikubur tetapi cuman ditempatkan di atas tanah pada daerah khusus. Desa yang berada di samping timur bibir Danau Batur ini sebagai salah satunya desa paling tua di Bali. Untuk mencapai tempat menempatkan jenasah, kita harus naik perahu, karena terletak terpisah dengan desa trunyan.

4. Memiliki Desa terbesih di Dunia – Desa penglipuran

Kabupaten Bangli memiliki desa Penglipuran yang di nobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Ya memang betul desa ini betul-betul bebas dari sampah.

Berwisata ke desa indah ini dengan tetap menjaga kehidupan tradisionalnya yang tidak kita temukan di desa lain di Bali bahkan juga di Indonesia.

Di tempat ini ada ratusan rumah dengan model bangunan tradisional yang berderet rapi di jalanan menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam dan banyak tumbuh bunga beragam warna di seputar desa.

Mobil dan motor dilarang masuk ke desa ini maka dari itu desa penglipuran bebas dari pencemaran udara. Lumrah jika desa ini masuk kategori desa terbersih di dunia.

5. Mempunyai Danau Paling besar di Bali

Danau Batur sebagai danau paling besar di bali yang ada di tempat wisata kintamani. Danau yang ada di kaki gunung batur ini sebagai tipe danau kaldera aktif yang ada di ketinggian 1.050 mtr. di permukaan laut (dpl).

Di lansir dari situs baturglobalgeopark.com mengatakan jika luas permukaan air danau batur ialah 16,05 km2, dengan volume air 815,38 juta m3 dan kedalaman rerata 50,8 m.

Air Danau Batur berasal dari air hujan dan rembesan-rembesan air dari pegunungan sekelilingnya dengan luas wilayah tangkapan 105,35 km2. Untuk yang suka memancing ikan air tawar di danau, ini tempat yang paling bagus di Bali.

6. Mempunyai Taman Bumi (Geopark)

UNESCO menetapkan subak atau sistem pengairan pertanian di Bali masuk ke daftar warisan budaya dunia, sekarang kawasan kaldera Gunung Batur ditetapkan sebagai geopark atau taman bumi di tanggal 20 September 2012.

Alasan kaldera gunung batur ditetapkan sebagai geopark karena kaldera Batur sebagai area yang memberikan keindahan alam yang menawan. Pojok panorama terbaik ialah dari Penelokan, satu titik pandang dari bibir kaldera sisi selatan, tampilkan serangkaian keelokan yang mengagumkan.

Bila kita melihat dari desa pinggan pada pagi hari kita akan disuguhi dengan cantiknya matahari terbit dengan siloet tiga gunungnya. Di samping itu, area Kaldera Batur memiliki kesan-kesan dalam keberagaman geologi, keberagaman hayati, dan keberagaman budaya dibanding dengan gunung api yang lain di Indonesia.

Simak juga : Telusuri 11 Air Terjun di Bali yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Itulah 6 fakta unik kabupaten Bangli yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung di Bangli,- Ardana. (*)