6 Manfaat Pijat Refleksi yang Bisa Kita Rasakan Langsung Untuk Kesehatan

6 Manfaat Pijat Refleksi yang Bisa Kita Rasakan Langsung

Melakukan pijat refleksi bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan rasa pegal dan lelah anda. Dikutip dari beberapa sumber dan aladokter ada beberapa metode pijat dan manfaat pijat refleksi. Pijat refleksi berfokus pada beberapa titik di bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, dan telinga.

Menurut para ahli pengobatan tradisional meyakini bahwa titik-titik refleksi berhubungan dengan semua saraf organ internal di tubuh.

Pengobatan tradisional ini pertama kali di temukan di Tiongkok dan Mesir. Terdapat 2 bagian dalam tubuh kita yaitu; Bagian tangan dan kaki.

Bagian ini mengandung jutaan ujung saraf, dan pijat refleksi di area ini dipercaya mampu mendeteksi dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin Anda alami.

Manfaat Pijat Refleksi yang bisa kita rasakan Langsung

Seperti yang kita ketahui Pijat refleksi pengobatan yang dilakukan tanpa obat kimia. Karena itu, pijat refleksi dianggap aman walaupun kadang-kadang pijat refleksi ini memberikan tekanan yang kuat. Sehingga menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan bagi sebagian orang.

Baca Juga : 3 Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Harus Diwaspadai

Ibu jari dan jari lainnya menjadi alat pijet refleksi bagi para terapis untuk menekan titik-titik saraf pada tangan dan kaki Anda. Terkadang juga dibutuhkan alat bantu saat memijat atau memberikan tekanan pada kaki atau tangan, berupa bola karet, karet gelang, dan alat pemijat dari kayu.

Beberapa manfaat pijat refleksi yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Merasakan Relaksasi

Pijat di bagian tangan dan kaki dapat mengurangi kecemasan, membantu mengatasi rasa lelah. Serta dapat meningkatkan relaksasi yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Para peneliti menyebutkan bahwa efek ini juga dirasakan semua orang bahkan ibu hamil. Pijat refleksi pada ibu hamil terlihat dapat memberi dampak yang baik dalam mengatasi rasa lelah dalam kehamilan.

2. Mengatasi sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau kecemasan, Anda bisa melakukan pijat refleksi guna mengurangi sakit kepala tersebut.

Baca Juga : Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Ini disimpulkan dari penelitian, sebanyak 23 persen penderita mengatakan tidak lagi merasa sakit kepala atau migrain. Dan 11 persen penderita sakit kepala berhenti mengonsumsi obat-obatan, ketika rutin melakukan pijat refleksi.

3. Pemulihan pasca stroke

Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu akibat beragam alasan yang dapat menyebabkan banyak komplikasi. Biasanya, penyakit ini terjadi karena tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak.

Banyak pasien stroke yang melakukan pijat refleksi sebagai terapi pendamping pengobatan secara medis. Tekanan yang diberikan pada titik-titik tertentu di tangan atau kaki dipercaya dapat memberikan efek positif dan meningkatkan kemampuan fisik pasien stroke.

5. Mengatasi Sembelit

Jika Anda mengalami sembelit atau konstipasi, Anda disarankan untuk melakukan pijat refleksi. Penelitian menyatakan bahwa metode pengobatan alternatif dengan pijatan dapat membantu mengatasi konstipasi. Manfaat ini diduga berkaitan dengan efek relaksasi yang diperoleh dari pijat refleksi.

Baca Juga : 6 Pertimbangan Sebelum melakukan Diet Ketat Menurunkan Berat Badan

6. Meringankan gejala multiple sclerosis dan perawatan kanker

Bagi penderita multiple sclerosis dan pasien kanker yang menjalani kemoterapi, pijet refleksi sangat cocok. Manfaat pijat refleksi terlihat baik untuk membantu mengatasi mual dan nyeri pasca kemoterapi. Namun, pijat refleksi tidak bisa menggantikan peran obat-obatan medis yang diberikan oleh dokter.

Walaupun banyak manfaat yang bisa dirasakan tetapi tidak semua orang bisa melakukan pengobatan tradisional ini. Karena sangat tidak di sarankan bagi Anda yang memiliki masalah peredaran darah pada kaki, cedera tangan dan kaki. Kemudian penderita centengan, kaki kapalan, sedang diare, memiliki luka terbuka, demam, memiliki jumlah trombosit yang rendah, atau menderita gangguan tiroid.

Baca Juga : 4 Bahaya Frozen Food Bila terlalu sering di konsumsi

Carilah terapis yang berpengalaman jangan sembarang melakukan pijat refleksi bila mana anda mau mendapatkan hasil yang meksimal.