Wisata  

Pantai Yeh Leh Jembrana Bali – Sorga Ciamik Bagi Wisatawan

Pantai Yeh Leh Jembrana Bali - Sorga Ciamik Bagi Wisatawan

JEMBRANA – Hamparan bebatuan yang memiliki ukuran besar di antara pasir hitam menjadi pelengkap dalam panorama Pantai Yeh Leh yang ada di perbatasan Kabupaten Jembrana dan Tabanan, Bali. Suasana saat hari Raya Galungan kali ini 10 November 2021 tidak begitu ramai saat hari raya sebelum wabah covid-19.

Kami tiba di pantai Yeh Leh ini pukul 17.30 Wita, Rabu ( 10/11/2021 ) kemarin. Kehangatan cahaya matahari sore itu meneduhkan situasi saat sebelum sang surya menutup sinarnya ( sunset ).

Situasi saat itu tidak begitu ramai oleh pengunjung. Dari sisi jalan raya terlihat beberapa orang yang sedang memancing ikan dan pengunjung yang bermain air di tepian. Kemudian beberapa orang menikmati makanannya di rest area.

Pantai Yeh Leh ini berada di Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana. Salah satu Objek wisata di Jembrana ini memang menawarkan dua kesan panorama berbeda. Sisi utara ada aliran sungai. Dan panorama pantai ada di sisi selatan.

Pantai Yeh Leh Jembrana Bali

Pantai Yeh Leh memiliki jarak kurang lebih 45 km dari kota Negara, Jembrana. Dan dari Denpasar memiliki jarak 55 km. Tidak susah untuk mencapai dan menemukan Pantai Yeh Leh Jembrana ini.

Karena berlokasi di jalan utama Denpasar-Jembrana. Sebagai ciri khas lokasi Pantai Yeh Leh ialah patung kerbau ( makepung ) sebagai lambang tradisi makepung di Jembrana.

Simak juga : Makepung Lampit, Sebuah Tradisi Makepung di Jembrana Bali

Pantai Yeh Leh Jembrana Bali - Sorga Ciamik Bagi Wisatawan

Patung itu menyimbolkan empat ekor kerbau yang dipacu. Tidak jauh dari patung itu ada jejeran batu yang dihias cetakan tulisan Pantai Yeh Leh.

Di kawasan Pantai Yeh Leh tersedia beberapa warung yang menjual minuman dan makanan yang ada di tempat persinggahan (rest area). Di situ ada sejumlah tempat duduk melingkar yang beratap.

Menurut salah satu warga lokal yang kebetulan sebagai pemilik salah satu warung I Ketut Balik mengatakan, Pantai Yeh Leh digemari beberapa penggemar olahraga berseluncur (surfing).

“Ombak di Pantai ini mulai diminati (peselancar),” Tetapi jumblah pengunjung yang datang kali ini tidak begitu ramai, karena masih dalam masa pandemi.” ucapnya

Biasanya Pantai Yeh Leh ramai didatangi sore hari untuk pengendara yang ingin nikmati panorama matahari terbenam atau sunset. “Pantai Yeh Leh menjadi lokasi yang nyaman untuk istirahat melepas kejenuhan sepanjang perjalanan,” katanya.

Lokasi Pantai Yeh Leh

Wisata Pantai Yeh Leh berada di Desa Pekutatan, Jembrana. Pantai Yeh Leh itu sering dipakai sebagai tempat istirahat untuk para pengunjung yang sudah selesai melakukan perjalanan mudik.

Di sini ada wantilan untuk para pengunjung yang ingin istirahat dan berteduh. Disamping itu, di sini disiapkan beberapa tempat duduk untuk para pengunjung yang tiba.

Mereka dapat menikmati situasi pantai sekalian makan dan minum. Di sini banyak juga ada warung yang jual bermacam makanan . Maka bagi para pengunjung yang merasa lapar dan haus tak perlu cemas bila tidak membawa perbekalan.

Walaupun jumblah pengunjung menurun jauh, namun kami bersyukur tetap anda yang berkunjung ke Pantai indah ini. Berapa hal yang bisa pengunjung lakukan di tempat wisata ini, seperti : Sebagai tempat persinggahan sehabis melakukan perjalanan jarak jauh.

Kemudian berburu photo keren, Menikmati matahari terbenam, melakukan kegiatan memancing sangat cocok bagi anda yang suka memancing. (tutup ketut )

Sumber : https://www.kabarwisatabali.com/pantai-yeh-leh-bali/