7 Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak di Bali

7 Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak di Bali

7 Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak di Bali. Bali mempunyai berragam kebudayaan yang tetap masih kental. Kebudayaan itu seringkali jadi daya tarik wisata di Bali. Salah satu budaya dan kesenian yang banyak ditunggu-tunggu wisatawan saat sedang berkunjung ke Bali ialah tari kecak.

Tentang Tari Kecak Bali

Tari Kecak, dikenal juga sebagai “Tari Cak,” merupakan tarian tradisional yang berasal dari Pulau Bali, Indonesia. Tarian ini mempunyai keunikan dengan pemakaian vokal “cak-cak-cak” yang dilakukan oleh sekelompok pria yang duduk dalam formasi lingkaran.

Tari Kecak kerap disertai oleh narasi epik Ramayana, yang bercerita cerita pangeran Rama yang berusaha menyelamatkan Sita, istri tercintanya, dari perangkap Ravana, seorang raja iblis.

Tari Kecak awalannya dibuat di tahun 1930-an oleh seniman Bali bernama Wayan Limbak dan Walter Spies, seorang seniman asal Jerman. Tari ini sebetulnya adalah penyesuaian dari ritual keagamaan yang disebutkan “sanghyang” yang dipakai untuk mengusir roh jahat. Tetapi, berbentuk Tari Kecak, unsur ritual dipadukan unsur seni pertunjukan untuk menciptakan atraksi yang memikat.

Baca juga : Sejarah, Makna dan Filosofinya yang Perlu diketahui

Pertunjukan Tari Kecak mengikutsertakan sekelompok pria yang duduk dalam formasi lingkaran. Mereka mengenakan pakaian tradisional Bali dan sering menutupi sisi atas badan mereka dengan kain kotak-kotak.

Para penari membuat lingkaran di tengah-tengah panggung dan mereka bersama hasilkan irama dengan ucapkan “cak” dengan bersamaan. Atraksi ini sering memvisualisasikan beragam episode dari epik Ramayana, termasuk perang dan usaha pengamanan.

Tari Kecak tidak cuma mengenai gerakan fisik, tapi juga mengikutsertakan ekspresi wajah dan emosi para penari. Atraksi ini sudah jadi daya tarik terkenal untuk beberapa wisatawan yang tiba ke Bali, dan Tari Kecak kerap ditampilkan di beberapa tempat rekreasi dan teater di pulau ini.

Tari Kecak adalah sisi penting dari peninggalan budaya Bali dan terus jadi sisi yang memikat pada pengalaman budaya di pulau itu.

7 Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak di Bali

7 Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak di Bali

Untuk kamu yang liburan ke Bali dan tidak ingin melewati serunya atraksi tarian tradisional ini, berikut sejumlah rekomendasi tempat menonton tari kecak di Bali.

1. Tempat Menonton Tari Kecak di Pura Tanah lot

pertunjukantari kecak di Tanah Lot mempunyai background sunset yang menarik. Tidak itu saja, Tanah lot populer dengan keunikan goa ular sucinya yang dapat dengan bebas dikunjungi oleh wisatawan.

Sekalian menanti pertunjukan tari kecak, kamu dapat nikmati kecantikan dan keunikan tempat wisata satu ini. Terletak di atas batu karang di tepi laut, menciptakan latar belakang yang menakjubkan untuk pertunjukan.

2. Tari kecak di Ubud

Atraksi tari kecak di Ubud bukan hanya ada di satu lokasi saja. Bila kamu ingin melihat tarian kecak di Ubud, pastikan untuk cari tahu lebih dulu jadwal pertunjukannya.

Tidak harus kebingungan cari info, kamu dapat cari tahu jadwal atraksi tari kecak di Ubud lewat internet. Bila beruntung, kamu dapat melihat tari kecak api Ubud yang khusus karena diselenggarakan di bawah cahaya bulan purnama.

3. Tempat Menonton Tari Kecak di Uluwatu

Uluwatu menjadi satu diantara tujuan lokasi favorit para wisatawan untuk melihat tari kecak. Masalahnya beberapa pengunjung dapat melihat tari kecak dengan didampingi kecantikan background sunset (matahari terbenam) yang menarik.

Simak juga : Simak 5 Tips Nonton Tari Kecak di Uluwatu

Posisi atraksi tari ini benar-benar memberikan dukungan panorama sunset yang prima, yakni ada sekitaran 70 mtr. di atas laut dan menghadap ke barat. Bila kamu merencanakan untuk melihat atraksi tari kecak di Uluwatu, kamu harus tiba ke lokasi saat sebelum jam 4 sore karena tiket atraksi kerap habis apabila sudah melewati waktu itu.

4. Tari Kecak di Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satunya tempat rekreasi di Bali yang populer, bahkan juga ketika pada proses pembangunan. Patung garuda dan Dewa Wisnu yang memiliki ukuran besar sekali membuat para wisatawan berasa ingin tahu untuk menyaksikannya.

Disamping itu, di sini pengunjung bisa juga menyaksikan atraksi tari barong atau tari kecak tanpa ada tambahan ongkos. Pengunjung perlu sesuaikan agenda kehadiran dengan agenda pertunjukannya saja.

5. Tari Kecak di Batubulan

Tempat seterusnya yang dapat kamu datangi untuk melihat tari kecak Bali ialah Batubulan. Desa Batu Bulan cuma memiliki jarak 10 km dari Denpasar.

Atraksi tari kecak di lokasi ini diadakan tiap hari start pukul 18.30 Wita. Pastikan tiba lebih cepat supaya tidak ketinggalan serunya dari atraksi itu.

6. Desa Bona Kangin

Desa Bona Kangin adalah wilayah pertama di Bali yang mengembangkan tari kecak. Tidaklah aneh bila desa ini menjadi satu diantara tempat menonton tari yang terpopuler di Bali.

Bila kamu ingin melihat atraksi tari ini, kamu langsung bisa singgah ke Desa Bona Kangin, Gianyar, Bali. Group tari asal Bona telah populer sejak tari ini terkenal pada tahun 1960-1970 sampai sekarang ini.

Atraksi tari kecak di Desa Bona Kangin cuma diselenggarakan pada Senin, Rabu, dan Jumat start pukul 18.30-19.30 Wita.

7. Tari Kecak di Pantai Melasti

Ini merupakan tempat menonton tari kecak terbaru di Bali, berada di pantai melasti. Lokasinya di pinggir pantai dengan panggung yang megah menghadap ke arah Barat. Dimana sobat bisa melihat indahnya matahari terbenam sambil menikmati pertunjukan tari kecak ini.

Sumber : https://www.balitripon.com/tari-kecak-melasti-bali/

Diadakan setiap hari senin hingga minggu jam 6.00 pm hingga jam 7.00 pm sangat cocok untuk anda yang kebetulan sedang berkunjung menikmati suasana pantai berpasir putih ini. Dan bahkan saat melakukan perjalanan wisata ke Bali selatan. Jadi jangan lewatkan pertunjukan yang populer ini.

Nah itu dia 7 tempat menonton tari kecak di Bali yang bisa anda pilih saat berlibur di Bali. Bila sobat mau liburan hemat bisa melihat promo paket tour di Bali yang disediakan oleh Bali Tripon. Mereka memiliki promo-promo menarik setiap harinya langsung cus aja ke website mereka.