Wisata  

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka saat PPKM Level 3

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka saat PPKM Level 3

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka saat PPKM Level 3. Setelah Bali turun ke level 3, beberapa tempat wisata di Bali mulai melakukan uji coba untuk di buka kembali. Tentunya dengan prokes kesehatan yang ketat dan kapasitas wisatawan yang di batasi.

Ini seperti ditata dalam Perintah Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021 mengenai PPKM Tingkat 4, Tingkat 3, Tingkat 2 Covid-19 di Daerah Jawa dan Bali. Ketentuan ini ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, 6 September 2021.

Disamping itu, tempat wisata yang masuk ke daftar uji coba harus ikuti prosedur kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pengunjung dan karyawan harus memakai aplikasi Perduli Lindungi untuk lakukan skrining. “Daftar tempat wisata yang hendak ikuti uji coba ini ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif,” bunyi Inmendagri.

Simak juga : Aplikasi PeduliLindungi Resmi Jadi Syarat Perjalanan Udara

Pemerintah mengizinkan sarana umum seperti tempat publik, taman umum, tempat wisata umum dan tempat publik yang lain di daerah PPKM level 2 Jawa-Bali membuka dengan kapasitas maksimal 25 %. Ketentuannya, harus mengaplikasikan prosedur kesehatan lebih ketat. “Dan harus memakai aplikasi Perduli Lindungi,” kata Inmendagri.

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka saat PPKM Level 3

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang sudah di Buka di Bali, dari 9 kabupaten yang ada di Bali,

1. Tempat wisata yang sudah Buka di Karangasem

Seperti : Pura Lempuyang, Pura Besakih, Bukit Jambul, Rumah Pohon Karangasem, Taman Ujung Karangasem. Kemudian Candidasa, Tirta Gangga, Tulamben, Amed, Pantai Padang Bai, Pantai Virgin Perasi Karangasem dan Desa Tenganan.

2. Objek Wisata yang buka di Klungkung,

Seperti : Pura Goa Lawah, Pantai Goa Lawah, Keta Gosa. Kemudian di pulau nusa penida yang sudah di Buka ; Kelingking Beach Nusa Penida, Broken Beach Nusa Penida, Rumah Pohon Nusa Penida, Pantai Diamond Nusa Penida, Bukit Atuh Nusa Penida, crystal bay dan lainnya.

Baca juga : Kelingking Beach Nusa Penida, Simak Kondisi di Masa Pandemi Covid-19

3. Obyek Wisata yang Buka di Gianyar

Seperti : Pasar Sukawati, Desa Batubulan, Desa Celuk, Desa Mas, Pura Batuan, Ubud ( Puri Ubud ), Pura Tirta Empul Tampak Siring, Bali Safari Marine Park. Kemudian Ubud Monkey Forest, Sawah Bertingkat Tegalalang, Bali Zoo Park, Air Terjun Tegenungan, Kanto Lampo Waterfall dan lainnya.

4. Tempat Wisata yang buka di Bangli

Seperti; Desa Kintamani, Danau Batur, Trekking Gunung Batur, Pemandian Air Panas, Desa Penglipuran, mendaki gunung Abang. Kemudian Air Terjung Tibumana, Air Terjun Tukad Cepung dan lainnya.

5. Tempat Wisata yang Buka di Tabanan

Seperti; Tanah Lot Dewasa, Kebun Raya Bedugul, Bloom Garden, Jatiluwih. Kemudian hutan monyet Alas Kedaton , Pura Ulun Danu, pura taman ayun dan lainnya.

6. Tempat Wisata yang buka di Badung dan Denpasar

Seperti: Big Garden Corner, Pantai Dreamland, Pura Luhur Uluwatu, Pantai Pandawa, Museum Bali, Monumen Bajra Sandhi, Sangeh Monkey Forest. Kemudian ; Pantai Labuan Sait / Pantai Padang, Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Sanur, Pantai Melasti Ungasan, Pantai Balangan.

Simak juga : Wisata Ayunan Bali Hits yang Masih Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

7. Tempat Wisata yang Buka di Buleleng

Nama Tempat Wisata yang sudah buka diantaranya : Wisata Dolphin Pantai Lovina, Air Panas Banjar Dewasa, Air Terjun Gitgit Dewasa, Puncak Wanagiri, Air Sanih Singaraja, Air Terjun Sekumpul, Handara Gate, air terjun banyumala dan lainnya.

Semua dalam status uji coba. Karena pemerintah sudah memulai mengizinkan di bukanya kembali beberapa tempat wisata di yang ada di Bali. Kebijakan pemerintah ini di sambut gembira oleh para pelaku wisata yang hampir 2 bulan di tutup karena aturan PPKM Jawa-Bali. (*)