Untuk body

12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

  • Bagikan
12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi. Dehidrasi sering di alami oleh siapa saja, namun bagaimana cara mencegah Tubuh Dehidrasi? Kita disarankan untuk minum air putih paling sedikit 8 gelas (2 ltr) tiap harinya. Sangat penting untuk mencegah tubuh terkena dehidrasi.

Menurut beberapa sumber, tubuh yang terkena dehidrasi beresiko alami sakit pada kepala, permasalahan kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat.

Tetapi bukan hanya air mineral saja yang dapat mencegah tubuh dehidrasi, beberapa makanan juga dapat anda konsumsi. Menurut Ahli Jantung Garth Graham yang berbasis di Hartford Connecticut menjelaskan “Makanan rehidrasi umumnya ialah makanan yang terbanyak memiliki kandungan air,”

Sedangkan dalam artikel Everyday Health. “Untuk memaksimalkan aspek hidrasi dari makanan ini, yang terbaik ialah mengkonsumsinya mentah atau sedikit diolah,” kata Julie Devinsky pakar nutrisi rawat jalan di New York Presbyterian’s Digestive Disease Clinic.

12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

Berikut daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi yang di rangkum dari berbagai sumber, apa saja itu ?, mari kita simak

1. Semangka yang mengandung kadar air 92 %

Dari 154 gr semangka memiliki kandungan air 118 ml. Ditambahkan serat dan beberapa gizi penting, seperti vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Semangka cukup rendah kalori, cuma memiliki 46 kalori per 154 gr. Makanan dengan kepadatan kalori rendah sudah bisa dibuktikan membantu dalam menurunkan berat badan dengan menambah rasa kenyang dan mengurangi selera makan.

Setelah itu, semangka kaya akan anti-oksidan yang kuat dan likopen. Senyawa likopen ini sudah pernah di reset dan sanggup untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada sel tubuh, yang dapat mengakibatkan penyakit, seperti jantung dan diabetes.

2. Belimbing dengan kandungan airnya 91%

Dalam buah belimbing terdapat kurang lebih 91% air, vitamin C, dan anti-oksidan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Konsumsi buah ini bukan hanya dapat mencegah tubuh dehidrasi, tapi juga menjaga kesehatan jantung.

Simak juga : Pantangan makanan untuk penderita darah rendah, hindari 5 makanan ini

Meskipun begitu, belimbing seharusnya tidak dimakan oleh orang yang terserang penyakit ginjal, karena buah ini memliki kandungan asam oksalat yang lumayan tinggi.

Pada pasien penyakit ginjal, penimbunan asam oksalat pada tubuh dapat meningkatkan kerusakan ginjal, hingga beresiko gagal ginjal.

3. Grapefruit dengan kandungan air 92%

Grapefruit atau jeruk bali merah adalah tipe buah sitrus yang kaya kandungan air, serat, folat, vitamin C, anti-oksidan, dan kalium. Buah ini serupa dengan jeruk bali yang banyak diketemukan di Indonesia.

Variasi gizi itu jadikan grapefruit tidak cuma bisa dimakan untuk mengatasi dehidrasi saja, tapi juga bagus untuk kurangi resiko diabetes type 2, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

4. Strobery yang mengandung air 91 %

Strobery benar-benar sehat karena bukan hanya memiliki kandungan banyak air. Strobery memberi banyak serat, zat anti-oksidan, mineral dan vitamin, mulai dari vitamin C, folat, dan mangan.

Makan strobery dengan teratur sudah bisa dibuktikan dapat mengurangi peradangan, yang bisa menolong kita dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan beragam tipe kanker.

5. Melon yang mengandung air 90 %

Satu buah melon (177 gr) dapat memberi lebih dari 1/2 cangkir (118 ml) air. Satu jatah melon (177 gr) memiliki kandungan 2 gr serat, yang bekerja bersama sama air untuk membuat rasa kenyang dan menurunkan selera makan.

Simak juga : Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

Disamping itu, dalam jumlah 1 (177 gr) melon kaya vitamin A, sediakan 120 % dari keperluan harian kita. Riset sudah memperlihatkan jika vitamin A bisa tingkatkan ketahanan tubuh dengan membuat perlindungan kita pada infeksi. Mencuplik Everyday Health, satu jatah melon memiliki kandungan 427 mg kalium.

Kalium penting untuk mencegah tubuh dehidrasi karena ini ialah elektrolit yang mmebantu badan menyamakan kandungan air, menurut Medline Plus.

6. Buah Persik yang mengandung air 89 %

Buah Persik ialah buah yang paling padat gizi dan menghidrasi dengan kandungan air 90 %, dari beratnya ialah air. Persik memiliki beberapa mineral dan vitamin penting, misalnya: Vitamin A, Vitamin C , Vitamin B, Kalium

Disamping itu, makan buah persik dengan kulitnya dapat menyumbang anti-oksidan sebagai penangkal penyakit, seperti asam klorogenat.

  • Bagikan