13 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia – Bagaimana cara Mengatasi Susah Tidur dan kegelisahan? Memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang baik tentu menjadi dambaan banyak orang, terutama bagi para pekerja.

Kurang tidur, atau kualitas tidur yang buruk, dapat mengakibatkan produktivitas kerja dan masalah kesehatan. Jadwal padat yang kerap melanda pekerja juga bisa mengganggu tidur.

Saat waktunya tidur, Anda mungkin sering mengalami kesulitan tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia? Sebelum mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi insomnia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab sulit tidur Anda. Biasanya setiap orang memiliki penyebab insomnia yang berbeda-beda.

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Susah tidur atau sering disebut dengan insomnia adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tertidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat, dan sulit untuk kembali tidur.

Simak juga : 15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Salah satu gejala yang paling umum adalah perasaan seperti mata Anda mengantuk, tetapi Anda tidak bisa tidur. Lalu, apa saja gejala lainnya dan bagaimana cara mengatasi masalah insomnia ini? Kami telah menyusunnya untuk Anda.

Penyebab Insomnia atau Susah Tidur

Ada berbagai alasan yang membuat orang sulit tidur di malam hari. Agar tidak penasaran, berikut ini berbagai penyebab susah tidur,

1. Stres

Stres dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur, terutama bagi pekerja. Saat stres, pikiran akan tetap aktif di malam hari sehingga sulit untuk tidur.

2. Jadwal Padat

Di dalam tubuh kita terdapat ritme sirkadian yang merupakan jam internal dalam tubuh dan sangat dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh. Jika kondisinya terganggu, misalnya karena jadwal yang padat, waktu tidur bisa terganggu.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Penyebab lain insomnia di malam hari adalah waktu tidur yang tidak teratur. Berbagai aktivitas sebelum tidur, seperti makan, bekerja, dan menonton di tempat tidur, bisa membuat Anda sulit tidur. Kebiasaan buruk yang harus dihentikan sebagai solusi insomnia.

4. Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Sebenarnya, tidak salah untuk mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur. Hanya saja tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda berbaring, apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya beri jeda antara waktu makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Penasaran bagaimana cara mengatasi insomnia dan gelisah? Berikut berbagai cara yang bisa Anda coba secara alami.

1. Gunakan Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Biasanya orang melakukan berbagai aktivitas di tempat tidur, mulai dari bermain game, makan, hingga bekerja, yang bisa dilakukan di sana, apalagi saat WFH. Hal ini tentu tidak baik karena membuat otak dan tubuh akan mengembangkan kebiasaan yang berujung pada insomnia. Ketika Anda bangun di tengah malam, Anda bisa bangun dari tempat tidur selama sekitar 20 menit.

Menyarankan pikiran dan tubuh bahwa tempat tidur adalah tempat untuk tidur dan tidak melakukan aktivitas lain di sana. Cara mengatasi insomnia dan kegelisahan ini berguna jika Anda memiliki banyak pikiran. Jangan membawa pekerjaan saat Anda di tempat tidur.

2. Tidur Hanya Ketika Lelah Saja

Masih terkait dengan poin sebelumnya, Anda bisa langsung tidur saat benar-benar lelah. Kondisi fisik yang lelah akan membuat Anda lebih cepat tertidur. Tapi pastikan untuk tidak membawa barang apapun ke tempat tidur.

Ketika Anda terbangun di tengah malam, keluarlah dari kamar untuk melakukan suatu aktivitas dan kembalilah ketika Anda merasa lelah dan mengantuk. Jika perlu, Anda bisa membaca doa sebagai cara mengatasi insomnia di malam hari seperti yang dianjurkan oleh agama.

3. Terapkan Jam Tidur yang Teratur

Tubuh yang menjalani gaya hidup teratur termasuk tidur dan bangun pada waktu yang bersamaan akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Biasanya orang dewasa akan tidur pada pukul 10.00 atau 11.00 WIB.

Jika Anda sudah memiliki jam tidur sendiri, Anda harus melakukannya secara rutin agar tubuh terbiasa dan kualitas tidur tentu lebih baik. Tertarik mencoba cara mengatasi insomnia ini?

4. Meditasi

Meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, tetapi meditasi bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan otak Anda setelah hari yang panjang.

Anda bisa memulainya dengan latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh rileks dan tetap fokus. Tak heran jika meditasi bisa menjadi cara mengatasi insomnia karena ada banyak pikiran yang ampuh dan efektif.

5. Rutin Olahraga

Kurangnya aktivitas fisik juga bisa menjadi penyebab sulit tidur. Berolahraga secara teratur dapat melepaskan kortisol, yang mengganggu pola tidur alami. Anda bisa melakukan olahraga di pagi hari seperti peregangan, jalan kaki, atau yoga, olahraga ringan, peregangan dan pijat yang akan membantu melancarkan aliran darah. Jika Anda memilih untuk berolahraga di malam hari, pastikan waktu untuk berolahraga minimal 3 jam sebelum tidur.

Tubuh yang lentur dan bugar karena berolahraga akan membuat tidur lebih nyenyak dan tahan lama. Bandingkan dengan tubuh yang jarang berolahraga dan rawan nyeri punggung atau pinggul sehingga sering terbangun dari tidur. Olahraga telah dikenal sejak lama sebagai cara jitu untuk mengatasi insomnia.

6. Mandi Air Hangat

Selain untuk berolahraga, mandi air hangat juga patut dicoba sebagai cara mengatasi insomnia dan kegelisahan. Setelah mandi air hangat, biasanya tubuh akan lebih rileks dan membuat Anda mengantuk.

Maka Anda hanya perlu mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk tidur dengan berbaring di tempat tidur dan tidak memikirkan hal-hal yang sebenarnya memeras otak Anda.

7. Latihan Pernapasan dengan Teknik yang Sudah Ada

Bagaimana cara mengatasi insomnia dan kegelisahan di atas belum berhasil? Anda bisa melakukan relaksasi agar tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Salah satunya dengan latihan pernapasan di bawah ini yang bisa Anda coba agar tidak lagi susah tidur:

  • Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
  • Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
  • Kemudian hembuskan melalui mulut pada hitungan ke delapan
  • Lakukan cara di atas sebanyak empat kali

Anda dapat mencoba melakukan metode tidur cepat 30 detik ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menuliskan di atas kertas hal-hal yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan menyenangkan apa yang harus dilakukan besok.

8. Makan Lebih Awal

Cara jitu mengatasi insomnia adalah dengan tidak makan makanan berat tiga jam sebelum tidur. Hindari mengkonsumsi banyak alkohol dengan banyak kandungan gula yang dapat memberikan sifat buruk bagi tubuh, terutama pada jantung dan hati.

9. Singkirkan Ponsel dan Gadget Lainnya Sebelum Tidur

Smartphone seringkali menjadi biang keladi yang menunda banyak orang untuk tidur. Pasalnya, hampir semua aktivitas, bahkan pekerjaan, dimulai dari smartphone.

Meskipun menyingkirkan smartphone relatif sulit bagi banyak orang, hal itu terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. Karena cahaya yang dipancarkan ponsel merangsang otak dan bisa membuat Anda sulit tidur.

10. Matikan Lampu

Kebiasaan mematikan lampu dulu sering dilakukan oleh orang tua agar anaknya bisa lebih cepat tertidur. Sumber cahaya di sekitar tempat tidur dapat membuat sulit untuk tertidur, terutama cahaya biru lembut dari ponsel, tablet, atau jam digital Anda. Sebisa mungkin matikan sumber cahaya di kamar satu jam sebelum tidur.

11. Konsumsi Kiwi yang Kaya Melatonin

Mencari makanan untuk mengobati insomnia? Anda bisa mempertimbangkan berbagai makanan yang dipercaya dapat membantu mempercepat tidur, terutama yang kaya melatonin agar tubuh bisa tidur lebih nyenyak.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba

Salah satunya adalah buah kiwi. Menurut sebuah penelitian, orang yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

12. Minum Jus Ceri

Jika Anda tidak menyukai buah kiwi, Anda bisa mencoba cara mengatasi insomnia dan kecemasan dengan jus ceri. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi satu cangkir jus ceri asam dua kali sehari selama dua minggu mengalami peningkatan waktu tidur selama 84 menit.

13. Minum Susu

Orang tua kami juga sering memberi kami susu untuk diminum sebelum tidur ketika kami masih anak-anak. Selain baik untuk tumbuh kembang anak, susu juga mampu membantu menenangkan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih mudah.

Baca juga : Penyebab Diabetes; Gejala, Diagnosis dan Pengobatanya

Anda bisa mengonsumsi susu hangat setiap hari sebelum tidur. Cara jitu mengatasi insomnia secara alami dipercaya dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Nah itu dia 13 cara mudah Mengatasi Susah Tidur atau insomnia, semoga bermanfaat.