Cek Kelengkapan Perjalanan di Bandara via Aplikasi, Simak Caranya

Cek Kelengkapan Perjalanan di Bandara via Aplikasi

DENPASAR – Cek Kelengkapan Perjalanan di Bandara via Aplikasi. PT Angkasa Pura I (Persero) mulai melakukan pemantauan pada penerapan integrasi document kesehatan pelaku perjalanan udara.

Dari layanan kesehatan yang sudah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yaitu, lewat mekanisme New All Record (NAR) dalam aplikasi PeduliLindungi.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai pintu gerbang penumpang pesawat udara dari dan menuju Bali, jadi bandara percontohan dalam implementasi kebijakan ini,” Kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi

“Disarankan ke calon penumpang dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk mendownload Aplikasi PeduliLindungi dan mengupload document kesehatan ke aplikasi serta mengisi e-HAC lewat aplikasi ini,” katanya.

Cek Kelengkapan Perjalanan di Bandara via Aplikasi

Ini akan mempercepat waktu proses verifikasi, sekalian mencegah hal yang tidak diinginkan seperti pemalsuan hasil rapid test antigen, RT-PCR, atau sertifikat vaksin. Integrasi ini akan memberinya kemudahan untuk petugas verifikator dan untuk pelaku perjalanan udara.

Di Bandara I Gusti Ngurah Rai sendiri sudah disiapkan QR Code/Barcode di sejumlah titik tempat untuk dilaksanakan pemindaian oleh calon penumpang memakai aplikasi PeduliLindungi yang bermanfaat untuk maksud pelacakan atau tracing and treking.

Implementasi kebijakan ini didasari atas Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 mengenai Digitalisasi Document Kesehatan Untuk Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Lewat integrasi ini, pelaku perjalanan udara yang bakal pergi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali diharuskan untuk mendowload dan register account pengguna pada aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini sudah ada untuk telephone pintar berbasis Android dan iOS.

Download Aplikasi PeduliLindungi

Android

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

Apple ( IOS )

https://apps.apple.com/id/app/id1504600374

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk melakukan kontak treking dan tracing sepanjang wabah Covid-19. Terutamanya pada PPKM Darurat.

Caranya lewat aplikasi PeduliLindungi. Nanti para penumpang akan dicek lewat QR Code berkaitan dengan document perjalanan, sertifikat vaksinasi, sampai hasil test PCR.

Beberapa penumpang akan dicek document PCR sebagai persyaratan wajib penerbangan. Program itu telah tersambung dengan 743 lab.

“Begitu prosesnya akan makin efektif dan bisa lebih cepat dan semakin aman terbebas dari pemalsuan,” jelasnya.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Berikut cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk calon perjalanan Udara

  1. Download dan Install aplikasi PeduliLindung melalui Play Store (Android) atau Apple Store (IOS)
  2. Di laman awal PeduliLindungi ketuk menu “JADI PARTISIPAN”
  3. Masukkan nomor ponsel dan nama lengkap lalu ketuk “KIRIM OTP”
  4. Masukkan kode OTP yang dikirim via SMS lalu ketuk “VERIFIKASI”
  5. PeduliLindungi lalu akan meminta persetujuan akses bluetooth, ponsel, dan lokasi (GPS).
  6. Berikan akses itu Lalu, ketuk “MENUJU BERANDA” di laman beranda
  7. Ketuk ikon share untuk mengajak teman dan keluarga berpartisipasi
  8. Tautan download akan dikirimkan ke mereka via SMS, WhatsApp, Twitter, atau email.
  9. Pastikan aplikasi PeduliLindungi selalu dalan keadaan terbuka agar berfungsi.

Aplikasi PeduliLindungi ini sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi peserta. Semua Data yang tersimpan akan tersimpan aman dalam format tereskripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Baca Juga : Cara Daftar Vaksin via Aplikasi – Langkah mudah daftar online

Data Anda hanya akan di akses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.