Untuk body

Di Terjang Ombak Pos Balawista Kuta Semakin Tergerus dan Rawan Roboh

  • Bagikan
Di Terjang Ombak Pos Balawista Kuta Semakin Tergerus dan Rawan Roboh

BADUNG – Di Terjang Ombak Pos Balawista Kuta Semakin Tergerus dan Rawan Roboh. Keadaan pondasi bangunan balawista Pantai Kuta, Badung, Minggu (5/12) yang tergerus air laut saat gelombang tinggi melanda. Di samping abrasi, sepanjang pantai kuta di penuhi sampah kiriman laut.

Air pasang yang terjang kawasan pantai Kuta, Sabtu (4/12) malam, tidak cuman membawa sampah, tetapi memperparah keadaan abrasi disitu.

Abrasi yang mengikis kurang lebih dua meter lebih. pasir pantai ini, menyebabkan pantai ini kelihatan compang-camping. Selain itu, akar pohon terlihat ke atas, bahkan juga ada yang sampai roboh, keadaan pos Balawista yang awalnya sempat tergerus, sekarang keadaannya makin parah.

Dari pengamatan di lapangan, pondasi pos Balawista ini, telah sergerus cukup dalam. Yang mana, tiang beton penyangga bangunan, sampai kelihatan.

Baca juga : Bukit Gunung Abang Kembali Longsor, Akses Jalan terhalang Reruntuhan

Bahkan juga, pada Minggu (5/12) pagi, Sampai seorang pelancong asing sempat menjadi korban, karena pasir pantai tempatnya berpijak alami longsor, sampai kepalanya mengenai material puing-puing pondasi Pos Balawista.

Wisatawan asing itu juga langsung dibawa ke rumah sakit, karena menderita cedera cukup parah pada kepala sisi belakang.

Pos Balawista Kuta Semakin Tergerus dan Rawan Roboh

Kepala UPT Balawista Kuta Ketut Ipel, membenarkan kerusakan yang terjadi pada pondasi salah satu Pos Balawista Kuta itu. Untuk keamanan, pos itu mau tak mau tidak dipakai untuk beberapa waktu.

“Keadaan pos ini telah saya laporkan ke Dinas. Disamping itu, anggota juga saya arahkan untuk mengosongkan pos Balawista ini,” sebut Ipel.

Disamping itu, beberapa pengunjung disuruh untuk jaga jarak dengan pos. Guna memastikan itu, dalam kurun waktu dekat pihaknya berencana memasangkan seperti pita pengaman. Untuk saat ini, petugas telah memasang kayu dengan tali melingkari area pos.

“Jadi rencananya kami akan pasang seperti police line, supaya pengunjung tidak begitu dekat atau menaiki pos,” paparnya.

Sedangkan menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Badung Cok Raka Darmawan saat dikonfirmasi, menjelaskan akan segera memberikan laporan keadaan ini ke Bupati Badung lewat Sekda.

Sementara, untuk tehnis bangunan pos Balawista, pihaknya akan meminta bantuan pihak PUPR Badung untuk tindak lanjutnya.

Baca juga : Jerinx Ditahan Kasus Pengancaman, Ini Kata BNNP Bali

Abrasi ini katanya, memang karena kondisi alam, karena jika angin barat memang sulit untuk diperhitungkan. “Ini akan segera kami laporkan ke Bupati lewat Sekda, agar diketahui keadaannya dan penanganannya seperti apa nantinya” ucapnya singkat.

  • Bagikan