Gubernur Koster Resmikan Objek Wisata Swafoto di Amed Bali

Objek Wisata Swafoto di Amed Bali

KARANGASEM – Gubernur Bali, Wayan Koster meresmikan Objek Wisata Swafoto Amed yang berada di Pantai Banjar Amed, Desa Purwa Kerthi, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (27/10)

Gubernur Koster menghargai inovasi Desa Purwa Kerthi membuat tempat wisata baru dengan mereklamasi pantai. Objek wisata swafoto amed ini diyakini sanggup menangani abrasi pantai, mengubah kesan-kesan kotor jadi cantik, dan memikat pengunjung tiba untuk selfie.

“Bila berkunjung ke Object Wisata Amed tidak lengkap sebelum selfie di Objek Wisata Swafoto Amed,” kata Gubernur Koster ditemani Bupati Gede Dana dan Perbekel Purwa Kerthi Nengah Karyawan.

Perbekel Nengah Karyawan menjelaskan pembangunan Objek Wisata ini dengan manfaatkan bonus performa Desa Purwekerti yang didapat dari Kementerian Desa sebesar Rp 428 juta. Bonus tahun 2020 Rp 144 juta dan bonus tahun 2021 Rp 288 juta.

Pembangunan Objek Wisata Swafoto di Amed Bali

Pembangunan dibagi dua, tahun 2020 dan tahun 2021, berbentuk dua bangunan bale sakapat, satu bangunan sakanem atau bertiang enam, kamar kecil, penataan jogging track, dan pengaturan pantai. Luas tempat sekitar 8 are. Pembuatan mulai tahun 2020 dengan biaya Rp 577 juta.

Baca juga : Tirta Gangga Karangasem di buka kembali, Pengunjung Mulai Ramai

Pembangunan Objek Wisata di Pantai Amed ini sebagai program PKTD (padat karya tunai mandiri) yang harus dijalankan tiap tahun. Team Ahli Pemkab Karangasem sektor pariwisata, I Ketut Sugiarta, Ni Made Rai Nurati, dan Putu Arta Negara memulai dengan survey pada Rabu 9 September 2020.

Tujuan membangunnya Objek Wisata ini untuk kembalikan kejayaan Objek Wisata Pantai Amed. Maksud yang lain adalah untuk menahan abrasi dengan bangunan penangkal ombak, dan menata pantai supaya tidak kotor.

Objek ini sebagai simpatisan pengrajin garam tradisional. Pembangunan tempat Wisata ini dilengkapi tempat wisata, ruang istirahat, tempat photo, dan rumah makan.

Team Ahli Pemkab Karangasem, I Ketut Sugiarta, Ni Made Rai Nurati, dan Putu Arta Negara sempat mengawasi pembangunan Object Wisata Swafoto ini.

Sementara Kelian Banjar Amed, I Komang Edi Gunawan mengharapkan wisatawan lokal dan wisatawan asing dapat beewisata ke Objek Wisata Swafoto Amed.

Selain berkunjung ke objek perajin garam tradisionil yang memperoleh label MPIG (Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis) Garam Amed Bali, object menyelam, dan memancing.

“Mudah-mudahan wabah Covid-9 segera usai dan pariwisata normal kembali,” berharap Komang Edi.

Baca juga : Pantai Cinta Kedungu, Lahan Tidur yang di Sulap Jadi Tempat Nongkrong