Pertolongan Pertama saat asam lambung naik dan sesak Nafas

Pertolongan Pertama saat asam lambung naik dan sesak Nafas

Pertolongan Pertama saat asam lambung naik dan sesak Nafas. Sesak napas sebagai salah satu gejala asam lambung akut atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Bagi anda yang memiliki kendala kesehatan asam lambung, anda harus tahu gejala yang akan datang secara tiba-tiba. Salah satunya adalah sesak napas.

Berikut ada beberapa tips jitu atau Pertolongan Pertama saat asam lambung naik dan sesak Nafas sebelum anda harus memeriksa ke dokter. Sesak napas dapat muncul karena cairan dari asam lambung naik ke tenggorokan dan masuk ke paru-paru. Khususnya saat tidur.

Keadaan ini dapat mengakibatkan napas sesak, batuk, atau mengi. Sesak napas karena penyakit asam lambung adalah masalah umum. Di rilis dari situs resmi Mount Sinai, sekitar 85 % pasien asma mempunyai permasalahan asam lambung.

Mengapa Asam Lambung dapat menimbulkan sesak napas?

Sesak napas karena asam lambung naik dapat terjadi saat cairan asam bersentuhan dengan tenggorokan atau malahan masuk ke paru-paru. Keadaan ini selanjutnya menyebabkan refleks saraf yang mengakibatkan aliran udara menyempit untuk memaksakan cairan itu keluar paru.

Jika maag Anda akut, kerusakan yang terjadi pada tenggorokan dan paru-paru karena paparan cairan asam lambung secara terus-terusan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit pernafasan seperti asma atau pneumonia. Yang diikuti dengan batuk atau suara mengi ( bunyi ngik-ngik). Seringkali, ini memunculkan rasa sesak di dada.

Beberapa ciri sesak napas karena asam lambung naik yang dirasa penderita yaitu perut bagian atas sampai dada terasa sakit atau panas seperti terbakar (heartburn). Kemudian perut berasa tidak nyaman, Cegukan terus-terusan, Perut kembung dan Sering sendawa. Selain itu Sulit menelan karena sakit tenggorokan, Napas bau.

Pertolongan pertama saat asam lambung naik dan sesak nafas

Cara mengatasi asam lambung naik dan sesak nafas diantaranya dengan melakukan perubahan pola hidup, jaga pola makan sehat, dan minum obat. Perubahan pola hidup untuk menangani asam lambung merupakan cara penting selain cara berikut;

  • Melonggarkan pakaian, ikat pinggang dan pakaian yang menyebabkan tekanan pada perut.
  • Segera pindah ke areal yang lapang yang memiliki sirkulasi udara yang bersih
  • Coba untuk duduk tegak sambil mengatur nafas pelan lewat perut dengan mengerucutkan bibir.
  • Letakkan tangan di atas perut kemudian ambil nafas dengan perlahan lewat hitung, kemudian tahan di dada sampai perut dan dada mengembang.
  • Berdiri Tegak atau duduk tegak
  • Stop merokok
  • Mengangkat kepala saat tidur

Simak Juga : Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik

Sedangkan dengan mengatur pola makan dapat menangani asam lambung dalam jangka panjang, seperti:

  • Mengkonsumsi makanan bergizi
  • Tidak tiduran atau tidur dalam kurun waktu kurang dari 3 jam sesudah makan
  • Mengenali dan menghindari makanan penyebab asam lambung kumat
  • Kurangi atau menghindari minuman beralkohol
  • Makan dengan jumlah kecil dan lebih sering

Minum obat asam lambung

Pertolongan pertama saat asam lambung naik dan sesak nafas perlu memberi obat yang pas untuk penderita. Ada banyak tipe obat asam lambung yang ada dipasaran, yaitu:

  • Antasida H2 blocker
  • Penghambat pompa proton (PPI)

Obat tipe PPI dan H2 blocker bisa mengurangi produksi asam yang dikeluarkan lambung, hingga membantu menangani asam lambung naik.

Sedang obat tipe antasida berperan untuk menetralisir asam lambung. Saat sebelum minum obat asam lambung, yakinkan untuk konsultasi ke dokter. Beberapa obat bisa berhubungan dengan obat yang lain.

Penyakit asam lambung naik biasanya dapat pulih dalam waktu beberapa saat sesudah penderita diberikan hal hal di atas.

Simak Juga : Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Cara Atasinya dengan alami