Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan – Pernahkah Anda terjebak dalam jebakan ketika ingin mengambil daging, ternyata setelah Anda makan jahe, terlihat seperti daging? Ini benar-benar menjengkelkan karena harapan yang salah. Namun, tahukah Anda bahwa jahe ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh? Seperti diketahui, jahe merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan untuk masakan karena memiliki rasa yang cukup khas dan membuat makanan semakin enak untuk disantap.

Ternyata, ada banyak jenis jahe yang bisa digunakan dalam makanan, salah satunya jahe merah. Namun, jahe merah biasanya lebih sering digunakan sebagai campuran dalam minuman. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui beberapa kandungan dalam jahe merah yang baik untuk kesehatan. Kami berikut akan memberikan pembahasan lebih detail mengenai Manfaat Jahe Merah dan efek sampingnya bagi tubuh.

Sekilas Tentang Jahe Merah

Seperti yang sudah dijelaskan, jahe juga merupakan salah satu tanaman obat berupa rumpun dan batang semu. Akarnya adalah rimpang dengan daging berwarna keputihan, kekuningan, atau bahkan kemerahan. Selain itu jahe juga memiliki aroma yang sangat khas yaitu sedikit pedas. Bentuk daun tanaman obat ini menyirip dan tangkai daunnya berbulu.

Mahkota bunga berbentuk tabung dengan untaian agak sempit dan tajam, berwarna kuning kehijauan. Dan bibir bunga dan kepala sari (putik) berwarna agak ungu tua. Selain itu, ada juga bintik putih kekuningan. Banyak orang sering kesulitan membedakan jahe dan lengkuas. Karena keduanya memiliki penampilan yang sangat mirip. Ternyata jahe masih satu keluarga dengan lengkuas.

Padahal, jahe juga satu famili dengan temulawak, temu hitam, kencur, dan kunyit. Di Indonesia, tanaman obat ini memiliki berbagai nama sesuai dengan daerahnya. Bahkan, memiliki nama yang berbeda di berbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa rempah-rempah ini telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Kandungan Jahe Merah

Sebagai tanaman obat, jahe dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini lebih terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas, sehingga sering digunakan sebagai bumbu dapur hingga pengobatan alternatif. Di Indonesia sendiri, jahe biasa digunakan untuk diolah menjadi jamu yang bisa membuat tubuh lebih bugar.

Salah satu jenis jahe yang sering orang pilih sebagai pengobatan adalah jahe merah. Tak hanya itu, warna merah yang muncul pada kulit terdiri dari kandungan antosianin yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan beberapa kandungan jahe merah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Phenolic

Kandungan ini terbukti membuat sistem pencernaan lebih lancar. Zat tersebut berfungsi untuk meredakan gejala iritasi pada sistem pencernaan, mencegah kontraksi pada lambung, dan memperlancar proses pencernaan.

Minyak Atsiri

Kandungan lain dari jahe merah yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh adalah minyak atsiri. Kandungan tersebut ternyata baik untuk meredakan batuk pada anak agar tidak mengonsumsi obat-obatan kimia yang dapat berdampak buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.

Simak juga : 10 Manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh

Zingeron

Selanjutnya kandungan zingeron pada jahe merah juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Zat ini juga mampu mencegah peradangan usus dengan menghambat enzim yang dapat memicu peradangan pada pencernaan. Tak hanya itu, jahe merah juga dapat mengatasi kerusakan pada persendian akibat peradangan. Dengan mengkonsumsi jahe merah secara teratur, Anda dapat membuat rheumatoid arthritis dan osteoarthritis menjadi lebih baik.

Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa rempah-rempah ini juga telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat tradisional di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia, China dan Malaysia. Sejak zaman dahulu banyak orang yang menggunakan jahe merah untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan jahe yang tinggi, seperti gingerol, flavonoid, zat antibakteri, zat antiradang, dan lain-lain, diyakini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jahe merah yang bisa Anda ketahui.

Baca juga : Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

1. Membantu Meredakan Sakit Saat Haid

Mengkonsumsi jahe merah dikatakan dapat membantu mengatasi nyeri haid. Seperti diketahui, jahe memiliki sifat anti inflamasi alami yang efektif untuk mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, bahan alami ini disebut cocok untuk mengatasi sakit perut saat menstruasi. Selain mengatasi nyeri otot, mengkonsumsi jahe juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat tubuh lebih nyaman karena efek pemanasan yang dihasilkannya.

Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, penggunaan jahe untuk meredakan nyeri haid tidak ada salahnya untuk dicoba. Anda bisa mencoba membuat minuman atau teh yang dicampur dengan irisan atau bubuk jahe. Anda bisa mengonsumsinya saat perut Anda sakit atau saat tubuh Anda mulai merasa tidak nyaman saat menstruasi.

Namun perlu diingat, meski memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid, penggunaan jahe tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Konsumsi jahe yang berlebihan untuk mengobati nyeri haid ternyata bisa memicu berbagai efek samping. Jahe bisa menyebabkan seseorang mengalami efek berupa diare, gangguan pencernaan, atau mulas alias perih di daerah dada dan perut.

2. Manfaat Jahe Merah sebagai Anti Aging dan Kanker

Salah satu manfaat jahe merah untuk wanita adalah sebagai anti aging dan kanker. Karena jahe merah bersifat anti inflamasi dan anti oksidatif yang dapat mengontrol proses penuaan. Manfaat lain dari jahe, tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit infeksi. Bahkan, manfaat jahe konon bisa mencegah berbagai penyakit kanker.

Namun, ada satu hal yang harus digarisbawahi. Menurut beberapa jurnal ilmiah, meskipun potensi jahe sebagai antikanker telah didokumentasikan dengan baik, manfaat jahe terhadap kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim khasiatnya.

3. Jahe Merah Bermanfaat untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe yang merupakan bumbu dapur juga memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, melawan peradangan, serta sebagai obat tradisional masuk angin dan mual. Hal ini dapat terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Berbagai manfaat jahe bisa Anda dapatkan dengan mengolahnya menjadi minuman dengan cara direbus, atau dicampur dengan teh. Selain itu, Anda bisa mengolahnya menjadi bumbu masakan, atau produk herbal yang mengandung ekstrak jahe.

4. Mampu Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat jahe untuk kesehatan selanjutnya adalah meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan. Dengan memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah kerap menjadi pilihan saat mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk. Namun, sebenarnya alasan jahe merah banyak digunakan sebagai penangkal batuk atau radang tenggorokan adalah kandungan flavonoidnya.

Secara umum kandungan flavonoid dalam jahe merah memiliki sifat anti inflamasi. Jadi, tidak hanya meredakan gejala batuk, jahe merah juga ampuh untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

5. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan secara sembarangan membuat tubuh menyimpan banyak lemak jahat. Jika dibiarkan dalam waktu lama, bukan tidak mungkin lemak jahat ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Solusinya, untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut, penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi jahe merah. Hal ini karena jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat dalam tubuh dan mencegah munculnya kolesterol tinggi. Jadi, tidak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit, orang sehat juga bisa mengonsumsi jahe merah untuk menghindari kolesterol tinggi.

6. Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Sakit Kepala

Penderita migrain tentu merasa kesal saat kondisinya kambuh. Untuk mengatasinya, biasanya diperlukan obat pereda nyeri dan istirahat yang cukup. Salah satunya adalah dengan meminum air jahe merah.

Kandungan zat anti inflamasi dan antioksidan kuat pada air jahe merah dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala, serta membantu mengatasi rasa mual akibat serangan migrain. Cara membuatnya mudah, cukup hancurkan beberapa ruas jahe dan rebus dengan air secukupnya.

7. Dapat Membantu Mengatasi Rematik

Tak hanya bisa meredakan sakit kepala, air rebusan jahe merah juga mampu mengatasi rematik. Penyakit rematik atau peradangan itu sendiri biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Gejala yang paling umum dirasakan saat mengalami rematik adalah nyeri sendi, kaku dan bengkak.

Cara mendapatkan manfaat kandungan jahe merah untuk mengobati rematik cukup mudah, rebus rimpang jahe merah bersama jahe, kumis kucing, cabai jawa, dan daun komfrey hingga mendidih. Air rebusan ini bisa diminum dua kali sehari.

Nah itu dia penjelasan tentang beberapa Manfaat Jahe Merah untuk kesehatan, semoga bermanfaat ya.

Baca juga : 15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami