Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik – Mata adalah jendela dunia, tanpanya kita tidak bisa melihat keindahan dunia. Untuk itulah kesehatan mata harus dijaga. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata. Padahal, jika kesehatan mata terganggu, produktivitas tentu akan menurun. Mata tidak seperti tubuh secara keseluruhan yang jika lelah bisa diatasi dengan tidur. Mata lelah membutuhkan perawatan dan penanganan khusus yang tidak mudah.

Karena itulah menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Menjaga kesehatan mata sebenarnya mudah. Bahkan lebih mudah daripada mengobatinya jika ada keluhan. Berikut ini akan dibahas bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata agar tetap sehat dan bersih sepenuhnya, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik

1. Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Cara pertama untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memeriksakan mata secara rutin. Bahkan jika Anda tidak memiliki keluhan, Anda perlu memeriksakan mata ke dokter mata secara teratur. Hal ini penting agar jika terjadi gangguan atau kerusakan dapat dideteksi secara dini. Dokter akan memberikan saran jika terjadi masalah mata.

Tentu saja, pemeriksaan rutin akan menghindarkan Anda dari risiko buruk sakit mata yang sulit diobati. Orang dewasa dan anak-anak disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur setiap 2 tahun.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Kaya Nutrisi

Menjaga kesehatan dengan mudah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Salah satunya adalah Anda mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Contohnya adalah buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E, lutein, zinc, selenium, dan asam lemak omega-3.

Nutrisi ini baik untuk melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. Beberapa makanan yang baik untuk dimakan antara lain bayam, kangkung, brokoli, ikan tuna, salmon, telur, kacang-kacangan, serta jeruk dan stroberi.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

3. Mengenakan Kacamata Hitam

Tips atau cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan memakai kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari. Tidak hanya kulit yang memiliki efek berbahaya jika terkena sinar ultraviolet, mata juga bisa terkena katarak, degenerasi makula, dan kanker mata jika sering terkena sinar matahari.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memakai kacamata hitam dan memakai topi yang berfungsi untuk menghalangi sinar UVA dan UVB saat berada di bawah sinar matahari di siang hari.

4. Gunakan Kacamata Pelindung untuk Aktivitas Tertentu

Jika Anda berada di tempat tertentu seperti pabrik atau tempat lain yang terkena bahan kimia, maka pastikan Anda memakai kacamata pelindung. Kacamata pelindung mampu melindungi mata dari partikel udara dan bahan kimia yang membahayakan mata. Jadi pastikan Anda selalu membawa kacamata pelindung kemanapun Anda pergi!

5. Ikuti Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 merupakan cara yang digunakan untuk menjaga kesehatan mata dari paparan gadget bagi pengguna komputer. Di era sekarang ini, menatap layar komputer, laptop, ponsel, dan gadget lainnya adalah hal yang wajar terjadi.

Apalagi saat ini hampir semua aktivitas dilakukan secara online, jadi suka tidak suka menatap layar gadget sudah menjadi rutinitas. Namun jika terus menerus menatap gadget, maka mata kita akan menjadi lelah.

Menatap layar terlalu lama menyebabkan mata menjadi tegang, buram, kering. Selain itu, nyeri punggung, leher, dan bahu juga bisa terjadi.

Oleh karena itu, terapkan aturan 20-20-20, yaitu rumus mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 menit. Cara ini membuat mata menjadi lebih rileks saat beraktivitas.

Simak Juga : 9 Jenis Diet Sehat Untuk Tubuh Dan Menurunkan Berat Badan

6. Tetap Gunakan Kacamata untuk Mata Minus, Silindris, atau Plus

Tidak hanya menerapkan cara menjaga kesehatan hidung, gigi, dan tubuh lainnya, Anda juga perlu menjaga kesehatan mata. Salah satu caranya adalah tetap menggunakan kacamata bagi Anda yang memiliki mata minus, silindris, atau plus. Kacamata untuk ketiga kategori ini perlu dipakai, bukan dilepas. Apalagi saat membaca, tetap pakai kacamata agar mata tidak rusak.

7. Pilih Lensa Kacamata yang Berkualitas

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan memilih lensa kacamata yang berkualitas dengan lensa yang nyaman. Lensa kacamata yang berkualitas akan memberikan rasa nyaman saat Anda memakai kacamata. Selain itu, bingkai yang nyaman juga akan membuat Anda betah dalam memakai kacamata.

8. Gunakan Lensa dengan Filter Cahaya Biru

Menggunakan lensa kacamata dengan filter cahaya biru juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan mata. Lensa filter cahaya biru adalah lensa kacamata yang memiliki filter khusus pada lensanya. Dengan menggunakan lensa kacamata ini, Anda akan terhindar dari paparan langsung sinar UV yang merusak mata.

9. Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Duduk terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan mata cepat lelah dan rusak. Apalagi jika tidak menggunakan pelindung mata, kesehatan mata akan terganggu. Jadi usahakan untuk tidak berada di depan komputer terlalu lama untuk menjaga kesehatan mata dan organ tubuh lainnya. Atasi dengan istirahat sejenak saat harus bekerja lama di depan komputer.

10. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Handphone atau Barang Elektronik Lainnya

Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari menatap layar ponsel atau gadget lain terlalu lama. Sama seperti komputer, ponsel dan barang elektronik lainnya juga dapat merusak kesehatan mata jika digunakan dalam waktu lama. Hindari bermain ponsel sesaat sebelum tidur karena dapat menyebabkan kelelahan dan insomnia.

11. Anda Bisa Menggunakan Fitur Screen Time untuk Membatasi Penggunaan Handphone

Bermain gadget memang menyenangkan, banyak orang tidak merasa telah menghabiskan banyak waktu di depan layar. Untuk itu Anda perlu menggunakan fitur screen time untuk membatasi penggunaan gadget.

Baca juga : Kenali Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental

Cara ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Mata minus umumnya disebabkan karena terlalu banyak berinteraksi dengan layar.

12. Jangan Membaca Buku Sambil Berbaring

Dilansir dari situs kami, cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan menghindari membaca buku atau bermain ponsel sambil berbaring. Mata akan menjadi minus atau bahkan silinder jika terlalu sering membaca atau bermain ponsel sambil berbaring.

13. Jaga Penglihatan Anda Saat Membaca Buku atau Menatap Layar Gadget

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah mengatur jarak pandang saat membaca buku atau menatap layar gadget. Jarak pandang yang diperbolehkan adalah sekitar 30 cm. Dengan menjaga jarak pandang ini, maka kesehatan mata akan baik.

14. Hindari Memakai Softlens Lebih Dari 19 Jam

Anda perlu menghindari pemakaian softlens lebih dari 19 jam. Pasalnya, menggunakan softlens terlalu lama bisa berdampak kerusakan mata.

15. Pilih Lensa Kontak Berkualitas

Memilih lensa kontak tidak boleh sembarangan. Anda akan memakai lensa kontak selama beberapa jam, oleh karena itu pemilihan bahan lensa yang berkualitas penting untuk diperhatikan. Pastikan Anda memilih lensa kontak dengan bahan yang bagus agar nyaman dan aman digunakan.

16. Merawat dan Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

Perlu Anda ketahui bahwa lensa kontak yang kotor dapat membuat mata Anda gatal dan iritasi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lensa sangat penting untuk dilakukan.

17. Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata Jika Tidak Perlu

Jika tidak mendesak, hindari penggunaan obat tetes mata. Namun jika benar-benar diperlukan, gunakan obat tetes mata sesekali saja. Mata merah memang bisa diobati dengan obat tetes mata. Namun jika berlebihan justru akan merusak kesehatan mata.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Cara Menjaga Kesehatan Mata yang baik, semoga bermanfaat.