Untuk body

Kenali Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental

  • Bagikan
Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental

Kenali Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental. Pemanfaatan sosial media bisa mengakibatkan kualitas tidur yang rendah dan berbahaya untuk kesehatan mental. Keadaan ini mempunyai kesamaan dengan stres atau depresi. kekhawatiran, dan harga diri yang rendah. Sekarang ini, beberapa orang hidup dengan handphone mereka sebagai teman virtual.

Perangkat ini memakai jaringan sosial media electronic yang memberitahu pemakai mengenai aktivitas teman-teman, selebritis idola, dan acara global. Merilis dari Medical News Today, sosial media sudah terintegrasi dengan kuat ke dalam kehidupan banyak orang di dunia.

Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental

Di lain sisi, sosial media ialah alat berkomunikasi yang sudah mengganti cara pribadi berhubungan satu sama lain. Teknologi ini mempercepat bagaimana orang tukar dan share informasi, pertimbangan, dan gagasan di semua jaringan virtual. Tetapi, sosial media memang mempunyai kelemahan.

Beberapa bukti memperlihatkan jika sosial media berpengaruh jelek pada kesehatan mental dalam beberapa metode. Bagaimana sosial media mempengaruhi kesehatan mental? Sosial media mempunyai asosiasi dengan stres, kekhawatiran, dan hati terisolasi, khususnya di kelompok pengguna berat.

Simak juga : 10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Menangkal Virus Corona

Sebuah survey Common Sense 2015 mendapatkan jika remaja bisa habiskan sekitar 9 jam tiap hari untuk online di sosial media mereka. Sebagian besar dari mereka ini cemas jika mereka habiskan terlalu banyak waktu menelusuri media sosial.

Gelombang kekuatiran ini memperlihatkan jika sosial media bisa mempengaruhi kesehatan mental pemakainya. Sebuah riset yang sudah dilakukan di Kanada di tahun 2017 mengonfirmasi penemuan ini.

Bagaimana Sosial Media Mempengaruhi kesehatan Mental

Mereka menulis jika pelajar yang memakai sosial media lebih dari 2 jam tiap hari lebih kemungkinan menilai kesehatan mental mereka sebagai baik atau jelek dibandingkan dengan orang yang jarang-jarang mengunakannya. Study lain tahun 2019 memperlihatkan jika pemakaian sosial media bisa mengusik siklus tidur.

Tidur yang teratur dan berkualitas tinggi penting untuk kesejahteraan dan bukti memperlihatkan jika permasalahan tidur berperan pada dampak kesehatan mental yang merugikan, seperti stres dan kehilangan daya ingat. Selain itu dampak buruk pada tidur, sosial media bisa memicu berlangsungnya cyberbullying.

Dampak Negatif Sosial Media Bagi Kesehatan Mental

Dalam survey tahun 2020 pada lebih dari 6.000 individu berumur 10-18 tahun mendapatkan jika sekitaran 1/2 pada mereka yang mempunyai sosial media pernah merasakan cyberbullying.

Sosial media bisa memberikan peluang ke pribadi untuk mengawali atau menebarkan rumor berbahaya dan memakai kalimat kasar yang bisa tinggalkan luka emosional yang bertahan lama untuk seseorang.

Baca juga : Cara mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat

Dampak negatif sosial media untuk kesehatan mental Sosial media bisa mengakibatkan perasaan tidak mampu. Orang kemungkinan berasa seakan-akan hidup atau penampilan mereka tidak bisa dibanding sama orang lain di sosial media, yang mengakibatkan hati iri dan kekecewaan. Sebuah study tahun 2018 mendapatkan jika pemakaian sosial media yang tinggi meningkatkan perasaan kesepian.

Disampaikan jika mengurangi pemakaian sosial media bisa menolong mengurangi rasa kesepian dan terisolasi, dan tingkatkan kesejahteraan mereka. Disamping itu, sosial media bisa memfasilitasi cyberbullying dan membuat keegoisan yang kurang sehat dan jarak dari rekan dan keluarga.

Dampak Positif Sosial Media

Selain dampak negatif, ada juga dampak positif sosial media, sosial media masih tetap jadi sarana yang efektif untuk menyambungkan komunitas dan pribadi di penjuru dunia. Jaringan berbasiskan sosial media antara satu kelompok kecil orang berguna untuk banyak orang.

Lewat sosial media, anak-anak muda yang berusaha dengan ketrampilan sosial dan kekhawatiran bisa ekspresikan diri dan bergaul. Ini dapat sangat memberikan keuntungan untuk kelompok yang terpinggirkan karena memungkinkannya untuk bertemu dan berhubungan dengan individu lainnya yang berpikir sama.

Baca juga : Dampak Buruk Curhat di Media Sosial dan Tips yang harus dilakukan

Sosial media berperan sebagai basis yang memberi suara ke mereka yang tidak bersuara. Misalkan, orang sebagai korban kekerasan dan penghinaan bisa memakai komunitas seperti komunitas #MeToo untuk mengutarakan penglihatan mereka, mengulas apa yang mereka temui, dan cari support. Sosial media dapat mendidik dan memberitahukan dan menyediakan toko untuk kreasi dan ekspresi diri.

Mencegah Dampak Negatif Sosial Media

  • Kita harus menahami norma komunikjasi di internet. Yakinkan, bila kita link content di dalam website tertentu, karena itu situs itu bukan situs negatif atau beberapa situs pornografi atau beberapa situs yang berunsur negatif.
  • Batasi arus info yang negatif dan semakin banyak arus info yang positif.
  • Management komunikasi dalam sosial media harus ditata secara baik tidak memakai semua waktu, terkecuali dalam soal pembikinan pekerjaan makalah, artikel, skripsi, tesis dan disertasi dari perguruan tinggi/kampus.
  • Orang tua, guru dan beberapa dosen, agar memberikan pembekalan ke anak-anaknya, golongan remaja, siswa dan mahasiswa agar pahami dampak dan karena negatif dari sosial media.
  • Pembekalan tuntunan agama harus banyak diprioritaskan dalam menuntun nilai kerohanian/spritul agar memisah dan pilih beberapa hal yang negatif dan positif, yang mana lebih berguna untuk kehidupan.
  • Sanggup mrengontrol diri dalam soal waktu dan bisa menahan diri dari dampak negatif yang berada di sosial media.
  • Bagikan