Untuk body

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Menangkal Virus Corona

  • Bagikan
Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Mengakal Virus Corona

Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Mengakal Virus Corona. Sistem kekebalan atau daya tahan tubuh secara simpel bisa dimengerti sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit atau Virus.

Sistem ini akan membuat perlindungan tubuh dari serangan organisme atau kuman yang bisa mengakibatkan penyakit. Pada intinya, sistem imun tubuh secara normal bisa bekerja dengan efektif dalam hadapi serangan virus.

Namun, saat sistem imun ini kurang kuat, tubuh akan gampang terkena penyakit. Oleh karenanya, supaya tumbuh kembali tahan terhadap penyakit, sistem imun perlu dijaga dan ditingkatkan. Ditambah, akhir-akhir ini jeleknya kekebalan dihubungkan dengan resiko terkena virus corona penyebab Covid-19.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Dirangkum dari buku 10 Resep Makanan yang dapat meningkatkan Daya Tahan Tubuh (2021), karya Smith Marthin, cara meningkatkan Imun tubuh dapat dilaksanakan dengan implementasi gaya hidup sehat. Ini yang dianjurkan pakar nutrisi alumnus sekolah gizi di Jerman

1. Menghindar depresi atau stress

Depresi sebagai salah satunya sumber penyakit. Makin tinggi tingkat kesetresan, makin berkurang anti-bodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh. Depresi bahkan juga seterusnya dapat membawa seorang pada pola hidup asal-asalan, misalkan:

  • Mengonsumsi makanan kurang sehat
  • Merokok
  • Minum minuman berakohol

Beragam tindakan itu terang dapat makin menurunkan kekuatan tubuh dalam melawan penyakit. Menyempatkan diri sejenak di tengah-tengah stres karena aktivitas yang tidak pernah usai sangat disarankan. Depresi yang didiamkan dapat mengakibatkan perubahan-perubahan fisiologis yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh seorang.

Baca Juga : Tips Dokter untuk meringankan efek setelah suntik vaksin covid

Orang yang alami depresi sebetulnya mulai masuk “level sakit”. Penekanan yang terus-terusan menyebabkan berkurangnya beberapa zat kimia pada tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang pada akhirnya menekan dan menghancurkan sistem imun pada tubuh.

Dalam berbagai riset menunjukkan, jika depresi benar-benar terkait dengan berkurangnya performa Alami Killer Cell, sel darah putih, dan anti-bodi pada darah.

2. Konsumsi makanan memiliki serat dan memiliki kandungan anti-oksidan

Lumayan banyak karyawan kantor umumnya mengalami penyakit yang disebutkan Sick Building Syndrome (SBS). SBS dapat dimengerti sebagai penyakit yang ada karena terkontaminasi dengan radikal bebas dari alat electronic di sekeliling kita

Radikal bebas bisa juga terjadi dari metabolisme pada tubuh, asap rokok, dan pencemaran udara. Ketika ada dalam ruang tertutup dan ber-AC, radikal bebas ini terbawa lewat beberapa orang yang awalnya sudah tercemar dengan polusi-polusi kendaraan motor saat melakukan aktivitas di luar.

Baca Juga : 6 Manfaat Pijat Refleksi yang Bisa Kita Rasakan Langsung Untuk Kesehatan

Radikal bebas ini seterusnya akan berputar-putar dalam ruang tertutup, dan tanpa sadar kita turut mengisap udara itu hingga makin lama kesehatan akan terganggu. Anti-oksidan di sini akan menolong menetralisasi radikal bebas hingga tubuh terbebas dari berbagai kerusakan sel dan jaringan.

Disamping itu, anti-oksidan dibutuhkan untuk mengangkat radikal bebas yang ada pada darah yang dapat menekan ketahanan tubuh.

Supaya bisa mengonsumsi anti-oksidan dengan jumlah cukup, Anda disarankan untuk teratur konsumsi buah-buahan dan sayur berwarna-warni, misalkan: Kiwi, Jeruk, Apel, Anggur, Keluarga beri, Sayur-sayuran hijau, Wortel Bayam, Polong-polongan, Biji-bijian, Aneka jamur, Bawang putih

3. Mengkonsumsi makanan yang kaya mineral dan vitamin.

Kemampuan imun tubuh bergantung pada suplai mineral dan vitamin yang maksimal, khususnya:

  • Vitamin A sebagai pendongkrak pertahanan tubuh secara cepat
  • Vitamin B kompleks di mana vitamin B6 yang berperan sebagai T Cell benar-benar mempengaruhi dalam memproduksi anti-bodi penting untuk menangani tiap infeksi
  • Vitamin C sebagai gizi khusus peningkat imun tubuh atau masker immune-boasting nutrient yang menolong beberapa sel kekebalan jadi dewasa, tingkatkan perform anti-bodi, dan antibakteri
  • Vitamin E Disamping itu, beberapa mineral dihubungkan dengan anti-oksidan dan sudah bisa dibuktikan bisa mempengaruhi ketahanan tubuh secara positif, salah satunya: Zat besi Mangan Tembaga Selenium Seng sebagai mineral paling penting disamping selenium
Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Mengakal Virus Corona

4. Olahraga teratur

Riset sudah membuktikan jika olahraga selama 30 menit tiap hari akan tingkatkan kandungan leukosit sel darah tanpa warna yang memiliki fungsi, diantaranya untuk: Memusnahkan bakteri yang masuk ke tubuh Tingkatkan kekebalan tubuh Tingkatkan respons anti-bodi dan T Cell

Olahraga yang disarankan yaitu dapat dilaksanakan di bawah cahaya matahari pagi sambil mengirup angin segar.

5. Tidur yang Cukup

Kekurangan tidur atau terlampau lemas bisa tingkatkan resiko seorang terserang penyakit dan turunkan sistem imun tubuh. Seorang yang kekurangan tidur umumnya akan gampang diserang influenza atau infeksi yang lain.

Oleh karenanya, benar-benar disarankan bagi siapa saja untuk penuhi durasi waktu tidur masing-masing. Untuk orang dewasa, durasi waktu tidur yang dianjurkan, yaitu 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan badan.

6. Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan penting diperhatikan, dimulai dari proses pembersihan, pembikinan, termasuk peralatan makan dan air minum untuk mendukung daya tahan tubuh dan kesehatan.

7. Menjaga konsumsi gizi secara baik

Sistem Imun Tubuh bisa ditingkatkan dengan benar-benar efisien lewat kombinasi gizi, yakni gizi makro, serat dan gizi micro. Gizi makro, salah satunya yaitu karbohidrat, lemak serta protein.

Sedangkan gizi micro ialah mineral dan vitamin. Beberapa sel pada tubuh memerlukan gizi agar berperan secara baik. Minimnya gizi bisa turunkan peranan sel, sampai mengakibatkan dapat menurunkan sistem imun tubuh.

Baca Juga : Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

Maka seharusnya memperbanyak konsumsi makanan alaminah, seperti omega 3 dan 6 yang bisa diketemukan dalam minyak ikan, kacang-kacangan, dan beberapa bijian. Disamping itu, memperbanyak konsumsi protein yang bisa diketemukan dalam daging lembuh (sedikit lemak), telur, dan ikan.

8. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan makanan hangat

Untuk meningkatkan imun Tubuh dan memperbaiki selaput lendir yang melapisi dinding aliran pernafasan, sup hangat merupakan menu pilihan terbaik.

Kebalikannya, minuman dan makanan dingin akan merangsang keluarnya lendir dan dapat mempengaruhi sistem pernafasan dan menurunkan imun tubuh.

9. Perbanyak teman atau bergaul

Menurut pakar, biasanya menyendiri atau mungkin tidak ada waktu untuk bertemu dengan keluarga atau bergaul akan mengganti sistem imunitas tubuh di tingkat mobile.

Maknanya, kesehatan fisik dan psikis akan turun dan terganggu. Oleh karena itu, bergaullah dengan beberapa orang di sekitar untuk membuat pemikiran santai dan dapat meningkatkan imun tubuh.

10. Berjemur selam 10 – 15 menit.

Menurut para ahli kesehatan menyebutkan bahwa matahari pagi bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sun-exposures atau berjemur bisa bermanfaat untuk kekebalan tubuh bila dilaksanakan dengan tepat.

Sinar matahari khususnya pada jam tertentu di antara jam 08.00-09.00 WIB atau jam 11.00-13.00 WIB. Sinar matahari ini bisa tingkatkan produksi vitamin D yang berguna untuk kekebalan tubuh. “Untuk durasi waktunya, cukup 10-15 menit saja setiap berjemur.

Baca Juga : Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

  • Bagikan