Penerapan Tes Covid-19 GeNose di Bandara Ngurah Rai Bali, Siap Terima Wisatawan

Tes Covid-19 GeNose di Bandara Ngurah Rai Bali

DENPASAR – Pengecekan kesiapan alat tes covid-19 GeNose di Bandara Ngurah Rai Bali oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan alat tes COVID-19 GeNose sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Dari informasi dan pantauan kami bahwa, Budi Karya langsung meninjau kesiapan GeNose di Bandara Ngurah Rai pada Sabtu pagi, (10/4/2021). Kata Budi ” GeNose di Bandara Ngurah Rai ini sendiri sudah mulai beroperasi dari hari kemarin, Sabtu (9/4).”

Penerapan Tes Covid-19 GeNose di Bandara Ngurah Rai Bali

Tambah dia ke Para Media “Pagi ini saya senang sekali karena ada suatu pro test tracing menggunakan alat baru, yang menggunakan produk anak bangsa bernama GeNose. Apalagi itu dilakukan di Bali, suatu tempat di mana kita menampilkan suatu standar baru bagi penumpang-penumpang Indonesia,” kata Budi Karya, kepada wartawan, di lokasi.

Baca Juga : Bangkitkan Pariwisata Bali, 20 Daftar Event Bakal Digelar di Bali Sepanjang 2021

Budi Karya juga mengatakan GeNose ini sudah diterapkan di 44 stasiun di Indonesia. Dan akan diterapkan di beberapa fasilitas transportasi secara bertahap di Bali.

Beberapa Bandara yang sudah menerapkan alat Tes GeNose, yakni

Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Kemudian Bandara Internasional Juanda Surabaya Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta. Dan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

“Penerapan Alat baru ini, kita lakukan secara bertahap, setelah dilakukan di kereta api, di 44 stasiun. Ini bandara ke 5 setelah Palembang, Bandung, Jogja, Surabaya dan sekarang di Bali,” kata Budi Karya.

Saat meninjau, Budi Karya juga sempat menyapa para penumpang yang sedang menggunakan GeNose. Budi Karya sendiri pun ikut mencoba GeNose. Hasil tes GeNose Budi karya, setelah kurang lebih 5 menit, langsung keluar hasilnya dan negatif dari COVID-19.

Baca Juga : Dukung Bangkit Pariwisata Bali, Sandiaga Membuka Ajang Millionaire Race 2

“Oleh karenanya saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemda oleh AP1 (Angkasa Pura 1) untuk melakukan tracing produk anak bangsa. Karena beberapa orang yang saya tanya, katanya ‘enak pak, cepat, tidak sakit dan biayanya murah’,” ujarnya.

“Oleh karenanya mari kita gunakan produk anak bangsa, produk Indonesia, karena dengan menggunakan produk itu maka, satu adalah kebanggaan, bahwa Indonesia juga mampu melakukan ini,” tambahnya.

Diselah-selah pengecekan alat tes GoNese, Budi Karya juga membagikan masker ke para calon penumpang di Bandara Ngurah Rai. Terlihat semua calon penumpang mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang sudah diterapkan oleh pihak Bandara.