Wajib Dicoba! Beberapa Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wajib Dicoba! Beberapa Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh – Di tengah pandemi Virus Corona atau wabah COVID-19, menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh menjadi sangat penting. Hal ini karena wabah ini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan jumlah penderita di Indonesia juga relatif tinggi. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri adalah dengan mencoba meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa agar tubuh lebih kuat dari risiko serangan Virus Corona. Daya tahan tubuh merupakan kunci untuk melindungi diri dari kuman atau organisme penyebab penyakit. Pada dasarnya sistem imun dapat bekerja dengan sangat efisien dalam menghadapi musuh secara normal.

Namun, jika kondisi sistem lemah, tubuh akan mudah terserang penyakit. Jadi, Anda harus menjaga dan meningkatkan sistem imun agar tubuh bisa lebih kuat melawan penyakit. Apalagi saat ini pandemi COVID-19 telah melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lalu bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Kami telah merangkum berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang bisa Anda coba.

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat dan Kaya Akan Antioksidan

Biasanya pekerja kantoran rentan terkena penyakit yang disebut Sick Building Syndrome (SBS). SBS sering disebut penyakit yang muncul karena terkontaminasi radikal bebas dari perangkat elektronik terdekat. Radikal bebas juga dapat terjadi dari asap rokok, polusi udara, dan metabolisme dalam tubuh.

Radikal bebas juga dapat terbawa melalui orang yang sebelumnya telah terkontaminasi polusi kendaraan bermotor saat melakukan aktivitas di luar ruangan dan kemudian berada di ruangan tertutup dan ber-AC. Tanpa disadari, kita juga bisa menghirup radikal bebas jika terperangkap di ruang tertutup dan bisa mengganggu kesehatan.

Simak juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Inilah peran antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. Antioksidan juga diperlukan untuk menghilangkan radikal bebas dalam darah dan menekan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa makan buah dan sayuran berwarna untuk memenuhi jumlah antioksidan yang cukup. Berikut jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Sayuran hijau
  • Wortel
  • Bayam
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Apel
  • Anggur
  • Polong-polongan
  • Biji-bijian
  • Aneka Jamur
  • Bawang putih

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin dan Mineral

Cara meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral. Hal ini karena daya tahan tubuh secara keseluruhan bergantung pada asupan vitamin dan mineral yang optimal seperti:

  • Vitamin C: nutrisi penambah kekebalan utama yang membantu sel-sel kekebalan matang, meningkatkan kinerja antibodi, dan antibakteri
  • Vitamin A: meningkatkan pertahanan tubuh dengan cepat
  • Vitamin B: kompleks di mana vitamin B6 yang berfungsi sebagai Sel T sangat mempengaruhi produksi antibodi yang penting untuk mengatasi infeksi apa pun.

Tidak hanya itu, sejumlah mineral juga dikaitkan dengan antioksidan dan dapat berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh, seperti:

  • Tembaga
  • Zat Besi
  • Mangan
  • Selenium
  • Seng adalah mineral terpenting selain selenium.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi COVID-19. Selain itu, gaya hidup sehat merupakan kunci penting untuk menghindari atau menyembuhkan diri dari penyakit kronis seperti diabetes, kanker, gangguan kardiovaskular, dan stroke.

Ternyata, menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur bisa meminimalisir penyakit kronis hingga 80 persen. Tentunya juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan lebih siap menghadapi pandemi COVID-19.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Pemenuhan kebutuhan air sehari-hari sangat penting karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak tertular virus. Sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan air Anda sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Seseorang harus mengkonsumsi setidaknya dua liter air atau lebih dalam sehari.

Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak membuat metabolisme turun sehingga berpotensi tertular virus. Cara meningkatkan antibodi ini tentu tidak bisa Anda abaikan, karena berbagai penyakit bisa muncul jika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa olahraga efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Ternyata berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kadar leukosit sel darah tidak berwarna yang berfungsi antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan
  • Meningkatkan respon antibodi dan T Cel
  • Menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh

Disarankan untuk berolahraga di bawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar. Namun, Anda juga bisa melakukan olahraga di rumah, seperti yoga, zumba, hingga aktivitas lainnya. Padahal, di masa pandemi, kamu bisa mengikuti kelas olahraga secara online, sehingga waktu olahraga kamu bisa lebih efektif karena ada instruktur yang memberikan bimbingan.

Manfaat jenis olahraga lainnya bisa membuat tubuh Anda terasa lebih bugar. Pastikan juga untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

6. Berjemur di Pagi Hari

Masih terkait poin di atas, berjemur ternyata bermanfaat untuk kekebalan tubuh jika dilakukan dengan benar. Paparan sinar matahari terutama antara pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB dapat meningkatkan produksi vitamin D yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Cukup berjemur selama 10-15 menit selama 2-3 kali seminggu untuk menghasilkan vitamin D yang cukup. Coba saja cara cepat ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi Anda yang jarang terpapar sinar matahari.

7. Pastikan Anda Cukup Istirahat dan Tidur

Cara meningkatkan imunitas anak dan orang dewasa lainnya adalah dengan memastikan istirahat dan tidur yang cukup. Karena tidur memiliki hubungan yang erat dengan imunitas. Kualitas tidur yang tidak memadai dapat menyebabkan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja 8-10 jam dan anak-anak serta bayi hingga 14 jam.

Baca juga : 13 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Anda dapat membatasi waktu layar hingga satu jam sebelum tidur jika Anda sulit tidur. Ini karena cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, dan komputer dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda, atau siklus tidur-bangun alami.

Tips tidur lainnya termasuk tidur di ruangan yang benar-benar gelap atau mengenakan masker tidur, tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kekebalan.

8. Hindari Merokok

Tembakau atau rokok elektrik masih mengandung nikotin, sehingga masih menurunkan daya tahan tubuh. Perokok pasif juga bisa terkena ketika menghirup asap rokok, tidak hanya perokok aktif. Pasalnya, nikotin dapat meningkatkan jumlah hormon stres atau kadar kortisol.

Baca juga : Harus Waspada! Beberapa Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Selanjutnya akan mengurangi pembentukan respon antigen sel T dan antibodi sel B. Jadi cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang bisa Anda coba adalah berhenti merokok atau berhenti sekarang juga.

9. Batasi Konsumsi Alkohol

Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi alkohol dalam tubuh dapat membunuh virus COVID-19. Ternyata yang terjadi sebaliknya. Ketika seseorang minum terlalu banyak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh dapat menurun jika terlalu banyak alkohol di dalamnya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan sistem imun dalam tubuh, Anda bisa membatasi konsumsi makanan yang mengandung zat ini. Memang alkohol memang bisa membunuh virus, hanya di permukaan luar tubuh, bukan di dalam.

10. Jaga Kebersihan Makanan

Menurut para ahli, Virus Corona bisa bertahan di permukaan hingga sembilan hari. Ketika Anda menyentuh benda atau permukaan itu, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda, Virus Corona bisa masuk ke dalam tubuh. Meski belum ada bukti bahwa makanan bisa menularkan COVID-19, tentunya kita harus menjaga kebersihan makanan yang kita makan.

Kemasan seperti kaleng dapat dibersihkan dengan disinfektan sebelum dibuka atau disimpan. Kemudian cuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik atau gunakan handrub berbasis alkohol minimal 60%. Kebersihan makanan perlu mendapat perhatian, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk peralatan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan dan kesehatan tubuh.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang wajib dicoba! beberapa Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh, semoga bermanfaat.