Festival Kumbh Mela Picu Sunami COVID-19 di India

Festival Kumbh Mela Picu Sunami COVID-19 di India
Festival Kumbh Mela adalah sebuah tradisi suci umat hindu di India dengan mandi di Sungai Gangga, Haridwar, India, Rabu (14/4).

Festival Kumbh Mela adalah sebuah tradisi suci umat hindu di India dengan mandi di Sungai Gangga, Haridwar, India, Rabu (14/4). Acara keagamaan ini di hadiri lebih dari 650 ribu orang, di lansir dari Reuters,

Setelah acara keagamaan ini, India mengalami sunami Covid kedua yang menghancurkan india. Kasus COVID-19 melonjak lebih dari 300 ribu orang setiap hari.

Bahkan, India kini menghadapi badai COVID-19 yang membuat sistem kesehatan di sana terancam lumpuh.

Pada tanggal 14/4 jutaan pengikut telah turun ke tepi sungai Gangga di kota utara Haridwar untuk berendam di air. Umat ​​Hindu percaya bahwa sungai itu suci dan berenang di dalamnya akan membersihkan mereka dari dosa-dosa mereka dan membawa keselamatan.

Festival Kumbh Mela

Peserta di Festival Kumbh Mela di ikuti oleh semua lapisan penduduk Hindu, mulai dari sadhus (orang suci), orang tanpa busana, hingga para petapa.

Para peserta festival akan berbondong-bondong melakukan ziarah dan mandi di Sungai Gangga. Sungai Gangga dan agama Hindu sangat erat kaitannya. Mereka mempercayai sungai sebagai Dewi Gangga dan meyakini dengan mandi di sungai membawa keberuntungan, menghapus dosa, dan memfasilitasi moksa (pembebasan dari siklus hidup dan mati).

Baca Juga : 3 Reaksi Umum Terjadi Pasca Suntik Vaksin Covid-19, Cara Mengatasinya

Semua ini di lakukan saat kasus Covid-19 di India memburuk. Pemerintah negara bagian Uttarakhand, tempat Haridwar berada, menghadapi kritik keras karena mengizinkan festival Kumbh Mela terus berlanjut di tengah gambaran Covid yang semakin memburuk.