Untuk body

3 Reaksi Umum Terjadi Pasca Suntik Vaksin Covid-19, Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Reaksi Umum Terjadi Pasca Suntik Vaksin Covid-19

TRIPONNEWS.com – DENPASAR – 3 Reaksi Umum Terjadi Pasca Suntik Vaksin Covid-19, Cara Mengatasinya. Program vaksinasi Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia sudah dilaksanakan dan sedang berlangsung sejak Rabu Kemarin (13/1/2021).

Yang dilakukan secara bertahap, hingga bisa menyentuh seluruh masyarakat indonesia yang berjumblah 181 juta penduduk Indonesia. Bila kita sudah menerima vaksin covid-19, ada beberapa reaksi yang akan timbul setelah proses vaksinasi terjadi.

Sesuai dengan kekawatiran dan pertanyaan dari sebagian besar warga indonesia tentang efek samping dari vaksin tersebut. Kekawatiran itu dikaitkan dengan beberapa informasi dari masyarakat yang sudah divaksin mengalami panas dingin, nyeri otot seluruh tubuh.

3 Reaksi Yang Umum Terjadi Pasca Suntik Vaksin Covid-19, Cara Menanggulanginya

Tetapi, untuk menenangkan kekawatiran masyarakat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius.

Sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021″ tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19).

Yang Isinya ” Secara umum, vaksin Covid-19 tidak menimbulkan reaksi pada tubuh, atau apabila terjadi, hanya menimbulkan reaksi ringan”

Baca Juga : Test Covid-19, Perbedaan Swab Antigen dan PCR dalam Pemeriksaan Covid-19

Dirangkum dari sumber informasi sehatkontan.id dan halodoc.com, vaksin yang disuntikan ke tubuh kita memicu kekebalan tubuh. Menyebabkan sistem kekebalan tubuh penerima bereaksi terhadap antigen yang terkandung dalam vaksin virus corona.

Gejala Umum yang akan di alamai pasca suntik covid-19

Reaksi umum yang terjadi pasca vaksin seperti reaksi lokal dan reaksi sistemik. Seperti nyeri pada tempat suntikan atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respons imun. Beberapa gejala timbul setelah di suntik vaksin virus corona di antaranya, yakni:

1. Reaksi lokal

Reaksi normal yang timbul pasca disuntik vaksin virus corona. Diantaranya: nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan dan selulitis(reaksi lokal lain yang berat ).

2. Reaksi sistemik

Reaksi sistem yang timbul pasca disuntik vaksin virus corona berupa; Demam ringan, Nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), Nyeri sendi (atralgia), Sakit kepala, Mudah merasa lelah, Serta menggigil.

3. Reaksi Tambahan

Reaksi lain yang timbul pasca disuntik vaksin virus corona berupa gejala alergi. Perlu diwaspadai sebab ada kemungkinan gejala alergi akan muncul belakangan.

Jika muncul reaksi alergi parah dalam beberapa hari atau beberapa minggu setelah vaksin corona pertama. Disarankan untuk segera temui dokter atau pergi ke rumah sakit. Sebab, ada kemungkinan reaksi alergi akan bertambah parah dan bisa memicu masalah.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 AstraZeneca Menyebabkan penggumpalan darah?

Cara Mengatasi Gejala Ringan Yang Muncul

Cara mengatasi reaksi ringan vaksin Covid-19. seperti nyeri bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan, Melakukan kompres dingin pada lokasi tersebut, Meminum obat paracetamol sesuai dosis.

Sementara, untuk mengatasi reaksi ringan sistemik seperti coronaseperti demam dan malaise, Minum lebih banyak, Menggunakan pakaian yang nyaman, Kompres atau mandi air hangat, Meminum obat paracetamol sesuai dosis

  • Bagikan