Jangan Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Media Sosial, Lindungi Data Pribadi

Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Media Sosial
Pada kunjungan ini, Johnny sempat menyapa awak media yang sedang mengantre serta memantau jalannya penyuntikan vaksin.

JAKARTA, TRIPONNEWS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Johnny G Plate mengimbau dan mengingatkan agar publik tidak mengunggah sertifikat hasil vaksinasi Covid-19 ke media sosial. Karena menurut Bapak Johnny, setiap sertifikat terdapat barcode yang memuat data pribadi yang sifatnya sangat rahasia dan tidak sepatutnya dibagikan kepada orang lain.

Baca juga: Sudah di Vaksin Wajib Bawa Surat Antigen ke Yogya

Oleh karena itu, tentunya Kita sangat berharap jangan sampai sertifikat itu diedarkan atau diunggah di media sosial mana pun.

Kata Johnny saat ditemui sedang meninjau vaksinasi Covid-19 bagi awak media di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (16/3/2021). “Untuk menghindari penyalahgunaan data-data pribadi, karena setiap sertifikat ada barcodenya” ujar Johnny.

Bapak Johnny mengatakan, sebaiknya sertifikat vaksinasi tersebut hanya digunakan untuk kepentingan atau keperluan pribadi. Misalnya sebagai kelengkapan dokumen perjalanan. “Kemudian mari kita jaga sama-sama kerahasiaan data pribadi kita,” kata dia.

Baca Juga : Menkes Tegaskan Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Bisa Jadi Syarat Naik Pesawat

Pada kunjungan ini, Johnny sempat menyapa awak media yang sedang mengantre serta memantau jalannya penyuntikan vaksin. Vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi awak media digelar Selasa (16/3/2021) hingga Rabu (17/3/2021) di di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini sama seperti pelaksanaan vaskinasi dosis pertama pada 25-27 Februari. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sasaran vaksinasi dosis kedua ini adalah 5.227 orang awak media.