Simak Sejarah Pura Bukit Gumang Karangasem dari Beberapa Sumber

Simak Sejarah Pura Bukit Gumang Karangasem dari Beberapa Sumber

Mencari tahu tentang sejarah Pura Bukit Gumang di Desa Bubug, Karangasem, Bali. Mengenai awal berdirinya Pura Bukit Gumang tidak di ketahui secara pasti, di ceritakan dari prasasti Sari Manik Tulikbiyu dan Lontar Kanda Purana Dewa Bangsul.

Tetapi dalam dua sumber, diantaranya lontar kuno Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul disebutkan mengenai kebaradaan gunung-gunung di Bangsul atau Pulau Bali di sisi tenggara. Dan juga dijelaskan mengenai Bukit Byaha yang berada di tengah-tengah laut, sisi selatan Pura Bukit Gumang.

Selain itu diceritakan, prasasti Sari Manik Tulukbiyu dan Lontar Kutara Kanda Purana Dewa Bangsul menceritakan tentang beberapa dewa yang berstanakan di Pura Bukit Gumanyang.

Menurut prasasti dijelaskan mengenai beberapa dewa yang berstana di Pura Pucak Bukit Gumang itu awalnya berada di Pura Sadha, Dusun Tangeb, Kapal lalu beralih ke Huluwatu. Saat di Huluwatu beliau bernama Si Hyang Sinuhun Kidul.

Dari Huluwatu lalu beliau ke arah Bukit Byaha dan menyunting putri Bhatara Gde di Bukit Byaha yang namanya Dewi Ayu Mas. Kemudian beliau ke arah Bukit Gumang dan disebutkan Bhatara Gde Gumang.

Sesudah berstana di Bukit Gumang, beliau mendapatkan seperti perintah oleh ayah beliau untuk amankan Pucak Padangdawa, Baturiti, Tabanan. Beliau pergi dengan 18 orang pangiring.

Simak Sejarah Pura Bukit Gumang Karangasem dari Beberapa Sumber

Kaitan Sejarah Pura Bukit Gumang dengan Puncak Padangdawa, Tamaban

Diceritakan’ Pucak Padangdawa ialah semua sekte bhairawa pimpinan I Macaling. Untuk menjaga wilayah tersebut dari gangguan, I Macaling berbentuk Rangda. Bhatara Gde Gumang bersama 18 pangiring selanjutnya ambil bentuk barong dan berperang.

Tetapi tidak ada yang kalah dan menang. “Pertarungan itu mengguncangkan surgawi sampai hadirlah ayah beliau Hyang Pasupati untuk melerai ke-2 nya,” terangnya.

Saat Bhatara Hyang Pasupati turun, rangda tidak menyadarinya, sedang barong tahu. Sehingga barong merubah bentuknya menjadi dewa kembali, sedang rangda tidak dapat mengebalikan bentuknya sebagai dewa. “Yang bisa kembalikan bentuk rangda sebagai dewa selanjutnya ialah Bhatara Gde Gumang. Saat keduanya sudah kembali ke wujud Dewa, mereka baru tahu bahwa mereka bersaudara,

Baca juga : Tradisi Ngerebong, Warisan Budaya Asli Denpasar yang diakui Dunia

Rupanya I Macaling sebagai rangda ialah putra Bhatara Gde di Bukit Byaha yang di usir untuk mencari tempat atau permukiman di Biasmuntig atau di Nusa Penida.

Awalannya dikisahkan I Renggan tinggal di Biasmuntig lalu melahirkan I Gotra. “I Gotra meminta panugrahan ke bukit byaha supaya I Macaling dapat kuasai semua Nusa dan setiap tahun mendapatkan upeti atau persembahan,” terangnya.

Sedang putri Bhatara Gde Bukit Byaha, Dewi Ayu Mas diperistri oleh Bhatara Gde Gumang. Bhatara Gde Gumang saat di Bukit Gumang namanya Ida Gde atau Bhatara Gde Gumang, disamping itu disebutkan juga Bhatara Gde Sakti.

Sesudah kondisi di Pucak Padangdawa nyaman, beliau balik ke Bukit Gumang. Beliau ditemani putra putrinya, yang paling tua (lelaki) malinggih di Pura Puseh Bandem. Sedangkan Adiknya, Bhatari Ayu Made diperistri oleh Bhatara Gde Puseh Bandem. Keduanya bersatana di Bandem.

Sedangkan Putra beliau yang ke-3 malinggih di Pura Mastima Jasri, diperistri oleh Bhatara Gde Pasisi di Jasri. Kemudian anak ke-4, yaitu Bhatara Ayu Ketut malinggih di Pura Puseh Ngis, Slumbung diperistri oleh Bhatara Gde Puseh Dusun Tradisi Ngis, Slumbung.

Simak Sejarah Pura Bukit Gumang Karangasem dari Beberapa Sumber

Sedangkan menurut lontar Kutara Kanda Purana Dewa Bangsul

Sejarah Pura Bukit Gumang – Kabarnya pura Gumang berawal dari Pura Bukit Byaha yang berada dalam suatu gili yang disebutkan Byaha yang berada di tengah-tengah laut di samping selatan Bukit Gumang.

Dari sini Bhatara Besar Gumang yang waktu itu namanya Si Hyang Sinuhun Kidul dan berstana di Bukit Uluwatu, menyunting putri Bhatara di Bukit Byaha yang namanya Dewi Ayu Mas untuk jadi prameswari.

Sesudah Beliau jadi ardhanareswari (suami-istri), lalu beliau ke arah Bukit Gumang dan membangun kahyangan (pura) sebagai sthana beliau, di sini beliau berparab Bhatara Gede Gumang.

Diceritakan dari Lontar Kanda Purana Dewa Bangsul.

Selam Bhatara Guru berstana di Candi Pura Sada yang disebut awalnya dari pulau Bali yang pertama.

Lalu dikisahkan kembali mengenai turunan Beliau Hyang Pura Sada, beliaulah yang membuat (melingkari) “banwa asya” bernama Bhagawan Manggapuspa. Beliau maha besar, seperti gunung yang menjualang tinggi yang ada di tengah-tengah lautan. Kemudian melahirkan seorang putra yang dinamakan dengan panggilan Dewa Besar Kebo Iwa.

Semenjak itu Dewa Gde Kebo Iwa dikukuhkan sebagai junjungan (sasuhunan) di pulau Bali, dengan panggilan Radja Pajenengan (Sasuhunan). Setelah beliau dikukuhkan sebagai junjungan (sesuhunan) namanya Si Hyang Sinuhun Kidul.

Selama beliau dikukuhkan jadi junjungan (sasuhunan) di pulau Bali beliau berstana di Bukit Huluwatu. Semenjak beliau disitu, dikisahkanlah beliau menyunting putri ardhanareswarii (suami-istri). Dan jadi Junjungan (sasuhunan) namanya Radja Sinuhun Kidul bersama dengan istri beliau yang namanya Dewi Ayu Mas. Hyang Sinuhun Kidul disebutkan Bhatara Besar Sakti.

Di dalam lontar juga di ceritakan mengenai panggilan dan stana Bhatara diantaranya

  1. Saat beliau masih terbilang muda , namanya Ki Taruna Bali
  2. Pada saat beliau jadi junjungan (sasuhunan), beliau disebutkan Si Hyang Sinuhun Kidul
  3. Saat beliau bawa (pahami) pengetahuan (tattwa) mengenai usada dan pengetahuan (tattwa) mengenai kesucian beliau disebutkan Bhatara Gde Sakti Ngawa Rat.
  4. Ketiak beliau bawa (pahami) pengetahuan (tattwa) mengenai usada dan pengetahuan (tattwa) mengenai kesucian bersama dengan Bhagawan Sakru, Bhgawan Manggapuspa, Mpu Siwa Sogata(Siwa-Budha), ke arah Bukit Gumang disebutlah beliau Bhatara Gde Gumang.
  5. Duk beliau bersatu dengan Bhatara Saat, berstana di Bale Agung namanya Bhatara Besar Sakti
  6. Saat beliau berencana pembaruan-perbaikan di pulau Bali, panggilan beliau ialah Dewa Besar Kebo Iwa
  7. Saat beliau pergi bawa sampir dan bergelang kana, masalimpet (berselendang) kanan kiri, beliau disebutkan Bhatara Guru.
  8. Pada saat beliau bawa Salumbang membuat tempat tirta. Yang disebutkan tirta telaga waja, tirta Bima, tirta Bayu, tirta sudhamala, tirta bang, tirta mambar mumbur, tirta sapuh jagat, tirta pasupati, tirta pariampeh, tirta bungkah, tirta sampian mas, saat itu beliau namanya Bhatara Amurbeng.

Baca juga : Sejarah Pura Pengrebongan sebagai tempat digelarnya Tradisi Ngrebong

Menurut sumber situs yanartha” Salinan Tambra Prasasti , Sari Manik Pura Tuluk biyu, yang aslinya tersimpan di Pura Tuluk Biyu Batur Kintamani oleh I Ketut sudarsana, Br. Basang Tamyang Desa Adat Kapal