Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara

Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara

Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara

Adapun Bali Kandarupa 2021 sebagai pameran kolosal pertama seni rupa classic, adat, berikut perolehan turunannya, dalam sejarah PKB. Meneguhkan tema PKB, pameran Bali Kandarupa (Imaji, Ingatan, dan Adat) mengangkat judul “Wana Jnana” dengan sub ulasan Wanda, Rimba, dan Spiritualitas.

Baca Juga : Tradisi Perang Pandan di Desa Tenganan Pegringsingan

Bali Kandarupa diadakan di tiga lokasi, yaitu Museum Puri Lukisan, Museum ARMA, dan Gedung Kriya Werdhi Budaya Bali. Ini akan mendatangkan 113 kreasi perupa Bali lintas generasi, dari variasi dua dimensi (seni gambar) sampai tiga dimensi (topeng dan patung).

Pesta Kesenian Bali 2021

Meringkas bermacam model atau stilistik classic dan tradisi Bali: Kamasan, Batuan, Ubud, Padangtegal, Pengosekan, Keliki, Nagasepaha, Mas, Nyuh Kuning, Kerambitan, Buleleng, dan lain-lain.

PKB tahun ini masih tetap menghadirkan parade Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Anak-anak, dan Gong Kebyar Wanita.

Ada juga Wimbakara (Lomba) Gender Wayang Anak-anak, Baleganjur Remaja, Taman Penasar, Tari Barong Ket, Design dan Peragaan Busana, Pidarta Basa Bali, Gambar Wayang Classic, Menulis Artikel/Penilaian, Kreasi Catat Informasi Cerita, Lomba Photo, dan sebagainya.

Sugiartha menjelaskan, PKB akan menggunakan bujet sekitaran Rp 7,7 miliar. Budget itu di pisah untuk 9 Pemkab/Pemerintah kota di Bali yang turut dalam PKB Rp 4,5 miliar, masing-masing Pemda mendapatkan Rp 500 juta.

Lalu Rp 3,2 miliar untuk pendanaan para seniman atau sekeha yang tampil di PKB. Dana itu berawal dari Kontribusi Keuangan Khusus (BKK) Pemerintah provinsi Bali. Ia mengakui budget untuk beberapa seniman itu ada pengurangan bila dibandingkan dengan PKB tahun lalu 2019.

Baca Juga : Pesta Kesenian Bali 2021 Digelar Secara Online & Offline

“Kita membudgetkan Rp 3,2 miliar untuk mendanai sekeha-sekeha, memberi penghargaan ke seniman yang bakal tampil di PKB. Sekarang ini dana untuk sekehe itu bertambah dari tahun lalu, jika 2019 cuman Rp delapan juta.

Saat ini minimum Rp 15 juta per sekeha, ada yang 20 juta, ada yang 25 juta, tergantung besarannya, ada pula yang 100 juta. Pemerintah provinsi Bali ini komitmennya tinggi,” tuturnya..