AS Melarang Warganya ke Indonesia, Walau Bali Sudah Dibuka

AS Melarang Warganya ke Indonesia, Walau Bali Sudah Dibuka

NASIONAL – AS Melarang Warganya ke Indonesia, Walau Bali Sudah Dibuka. Walaupun penerbangan internasional ke Bali sudah dibuka, tetapi tidak seluruhnya negara memberi ijin warganya untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya adalah negara Amerika Serikat yang melarang warganya berkunjung ke Indonesia

Lewat himbauan perjalanan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri per 25 Januari lalu, AS memposisikan Indonesia pada level 4. Maknanya, Indonesia masuk kelompok negara dengan resiko sangat tinggi infeksi Covid-19.

“Tidak boleh pergi ke Indonesia karena Covid-19. Indonesia sudah mengalami penyebaran Covid-19 yang meluas di semua negeri,” begitu bunyi pernyataan Travel Advisory AS yang dikutip pada Sabtu (5/2).
Menurut Travel Advisory Amerika Serikat, Indonesia ada di level 4 semenjak 25 Januari 2022.

Kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta ikut keluarkan panduan perjalanan yang tidak merekomendasikan warga Negeri Paman Sam berlibur ke Indonesia bila bukan karena kepentingan darurat.

AS Melarang Warganya ke Indonesia, Walau Bali Sudah Dibuka

“Tidak boleh pergi ke Indonesia terkecuali sekarang ini Anda memegang visa. Masyarakat AS tidak memenuhi persyaratan visa perjalanan/wisata ke Indonesia sekarang ini dan program visa kedatangan dibatalkan,” begitu pernyataan resmi Kedutaan AS di Jakarta.

Baca Juga : Pemerintah sudah mencabut pembatasan wisatawan yang akan ke Bali

Kasus verifikasi positif virus Corona di Indonesia mulai mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir, serta tembus 27 ribu lebih pada Kamis (3/2). Kenaikan itu disinyalir karena penyebaran varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron.

Data-data harian yang dirilis Satuan tugas Covid-19 per Kamis (3/2) mencatat ada tambahan kasus Covid-19 baru sekitar 27.197 orang. Sementara untuk kasus sembuh ada tambahan sekitar 5.993 kasus, dan 38 kasus meninggal baru.

“Ada pembatasan yang mempengaruhi masuknya masyarakat negara AS ke Indonesia. Perlakuan karantina yang dilakukan pemerintah diterapkan untuk semuanya orang asing.

Pemerintah Indonesia sudah menerapkan pembatasan perjalanan dan periode karantina harus karena Covid-19,” ikat anjuran US Travel Advisory Amerika Serikat

Sementara dalam kelompok Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), berkaitan resiko Covid-19, Indonesia masih ada di level 1. Mengisyaratkan resiko penyebaran relatif benar-benar rendah.

Baca juga : Harga Hotel Karantina di Bali untuk Turis Asing Sekitar Rp12 Juta

CDC merekomendasikan bila ingin bepergian pada kondisi mendesak yakinkan telah terima vaksin COVID-19 lengkap dan selalu memonitor keadaan yang ada. Ini karena resiko terjangkit masih tetap ada walaupun trend kasus terlihat rendah. (Detik News)