Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia supaya tetap lestari dan tidak punah. Yuk, Lakukan dari Saat ini Situasi sekarang ini semakin banyak anak muda yang mulai melupakan budaya lokal karena lebih tertarik untuk memakai budaya asing. Walau sebenarnya, budaya Indonesia penting untuk dilestarikan.

Indonesia banyak memiliki budaya lokal dan tradisional yang mulai terkikis karena masuknya budata asing. Karena Banyak orang cendrung memakai budaya asing dibanding dengan budaya lokal di zaman globalisasi ini.

Maka dari itu, penting untuk melestarikan budaya Indonesia agar tetap lestari selamanya. Cara Melestarikan Budaya Bangsa di Zaman globalisasi saat ini karena peralihan gaya hidup masyarakat yang lebih kekinian.

Mengakibatkan, warga condong untuk pilih kebudayaan baru yang dipandang lebih praktis dibanding dengan budaya lokal. Salah satu factor yang mengakibatkan budaya lokal dilupakan pada masa kini ialah minimnya generasi penerus yang mempunyai ketertarikan untuk belajar dan mewariskan kebudayaannya sendiri.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari

Dikutip dari buku gramedia, Menurut Maliowski, budaya yang semakin tinggi dan aktif akan mempengaruhi budaya yang lebih rendah dan pasif lewat kontak budaya. Teori Malinowski ini benar-benar terlihat dalam perubahan nilai-nilai budaya kita yang cenderung ke Barat-baratan.

Zaman globalisasi info jadi kemampuan yang paling hebat dalam mempengaruhi sudut pandang manusia. Untuk menangani ini, perlu kesadaran akan pentingnya budaya lokal sebagai jati diri bangsa.

Kewajiban untuk tiap kalangan masyarakat untuk mempertahankannya, yakni generasi muda benar-benar diharapkan untuk selalu berusaha mewariskan budaya lokal dan bisa menjadi kemampuan untuk keberadaan budaya lokal tersebut, meskipun didera arus globalisasi.

Cara melestarikan budaya bangsa Indonesia bisa dilaksanakan dengan 2 langkah, yakni culture experience dan culture knowledge.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari

Apa sih Budaya itu?

Secara etimologi, kata culture atau budaya datang dari bahasa Latin, yakni colere yang memiliki arti mengolah atau melakukan. Kata culture dengan bahasa Inggris dapat disimpulkan sebagai kultur dengan bahasa Indonesia dan memiliki arti kebudayaan.

Disamping secara etimologi, beberapa pakar ikut menyampaikan gagasannya berkenaan pemahaman kebudayaan. Berikut opini beberapa ahli tentang arti kebudayaan.

A. Budaya menurut E.B Taylor

Menurut Taylor, kebudayaan sebagai hal kompleks yang meliputi banyak hal didalamnya seperti keyakinan, kesenian, hukum, kepribadian, tradisi istiadat dan kekuatan yang bisa didapat manusia sebagai sisi dari golongan masyarakat itu.

Apa saja yang didapat manusia sebagai anggota warga, dalam masalah ini diberi nama kemampuan dan rutinitas, itu ialah kebudayaan. Begitupun hal pengetahuan, keyakinan, kesenian, moralitas, hukum, dan adat istiadat, semuanya masuk ke pemahaman kebudayaan.

B. Budaya menurut Selo Seomardjan dan Sulaeman Sumardi

Menurut Selo dan Soelaeman, kebudayaan sebagai semua hasil kreasi, rasa, dan cipta dari masyarakat itu sendiri

C. Budaya menurut Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan ialah buah budi dari manusia yang ada karena ada hasil alam dan kodrat warganya. Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara merupakan wujud dari kemasyhuran dari masyarakat yang sanggup menangani kesusahan dan kesulitan dan jadi awal dari timbulnya peraturan dalam masyarakat.

D. Budaya menurut Koentjaraningrat

Kebudayaan sebagai keseluruhnya dari sikap makhluk seperti manusia dan hasil yang bisa didapat makhluk itu lewat beragam jenis proses belajar dan tersusun dengan struktural di kehidupan bermasyarakat.

Wajud kebudayaan, menurut Koentjaraningrat ada tiga, yakni bentuk sebagai satu kompleks ide, konsep, dan pemikiran manusia; bentuk sebagai satu kompleks kegiatan; dan bentuk sebagai benda.

E. Budaya menurut Parsudi Suparlan

Kebudayaan diartikan sebagai pengetahuan manusia sebagai ciri-ciri makhluk sosial yang bisa dipakai agar bisa pahami dan menafsirkan beragam hal di lingkungan, hingga membuat sebuah pengalaman. Menurut Parsudi Suparlan, kebudayaan sebuah dasar dan referensi seorang dalam bertingkah laku.

F. Budaya menurut Harjoso

Harjoso mendeskripsikan kebudayaan dalam tujuh point utama, seperti berikut.

  • Kebudayaan yang dimiliki oleh tiap tidak serupa dengan wilayah yang lain.
  • Kebudayaan sudah datang dari dulu kala, dan dipertahankan dengan diberikan secara turun-temurun ke generasi selanjutnya.
  • Kebudayaan mempunyai beberapa elemen didalamnya yang terdiri dari sosiologis, biologis, dan psikis kehadiran manusia di berbagai wilayah.
  • Kebudayaan bisa dikatakan sebagai kebudayaan dengan cara dan ketetapan tertentu.
  • Kebudayaan mempunyai beberapa faktor biologis didalamnya.
  • Kebudayaan memiliki sifat aktif.
  • Selainnya memiliki sifat aktif, kebudayaan memiliki sifat relatif dan berbeda dari warga yang satu ke warga yang lain.

Itu dia pemahaman kebudayaan dari 6 pakar. Dari pemahaman kebudayaan menurut ke enam para pakar itu, bisa diambil kesimpulan jika kebudayaan sebagai sikap yang dimiliki oleh manusia sebagai ciri makhluk sosial yang bisa dijadikan referensi dalam bertingkah laku.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari.

7 Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia

Nah sudah tahu pengertian Budaya, kini saatnya simak cara melestarikan Budaya Bangsa Indonesia, yang wajib kita lakukan untuk menjaga jati diri Bangsa

1. Mempelajari dan mendalami Budaya Lokal

Salah satunya cara untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia dengan memelajari dan mendalami budaya lokal.

Kamu bisa memelajari budaya dari beberapa hal, seperti buku, ensiklopedia, media massa, atau langsung ke tempatnya.

Kemudahan koneksi internet membuat kamu bisa memelajari budaya Indonesia yang bermacam-macam secara mudah.

Pengetahuan tentang budaya bangsa itu sanggup membuat budaya lokal bangsa Indonesia selalu terlindungi dalam jangka waktu lama.

2. Mengikuti Aktivitas Kebudayaan

Sesudah mengetahui info tentang budaya lokal, kamu mulai dapat ikuti aktivitas budaya itu.

Sebagai contoh, kamu bisa tergabung jadi peserta dan ikut lakukan budaya itu atau melihat orang-orang lakukan budaya itu.

Kamu bisa melihat tarian tradisional Indonesia dan turut memelajari tarian itu atau melihat tarian itu dengan cermat.

3. Mengajari budaya ke orang lain

Cara melestarikan budaya bangsa selanjutnya ialah mengajari budaya itu pada orang lain.

Dengan begitu, seseorang bisa ikut mengetahui budaya Indonesia. Orang akan mengetahui budaya lokal tersebut, makin terjaga juga adat tersebut.

4. Perkenalkan Budaya ke Dunia Internasional

Semuanya orang bisa memperkenalkan budaya lokal mereka ke dunia internasional.

Caranya lumayan gampang, kamu tinggal membagi foto atau video budaya lokalmu ke sosial media.

Beberapa orang, baik dari dalam negeri atau luar negeri bisa menyaksikan budaya yang kamu upload dan ketahui budaya itu sebagai budaya lokalmu.

Disamping itu, kamu dapat mengenalkan produk budaya lokal ke dunia internasional, lo!

Agar bisa mengenalkan produk budaya lokal ke internasional dengan jual produk lokalmu ke pasar luar negeri.

5. Gunakan Budaya Sebagai Identitas

Cara melestarikan budaya bangsa Indonesia selanjutnya dengan membuat budaya sebagai identitasmu.

Bangun rasa senang saat memperkenalkan atau memakai budaya lokalmu di tengah zaman globalisasi.

Ini bisa membuat kamu tidak gampang dipengaruhi oleh budaya asing yang ada di Indonesia.

6. Export Barang Kebudayaan ke Negara Lain

Bila kamu seorang pelaku bisnis, tidak ada salahnya untuk mempromokan budaya lokal dengan mengekspor beberapa barang lokal.

Dengan mengekspor barang lokal, memiliki arti kamu sudah ikut menolong untuk melestarikan dan mempromosikan budayamu ke dunia luar.

Baca juga : 10 Kesenian Tradisional Bali Yang Jarang Diminati di Jaman Milenial

Ini bisa membuat orang luar negeri memelajari budaya lokalmu dan memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat umum.

7. Jangan Mudah Dipengaruhi Budaya Asing

Di zaman globalisasi, kamu bisa secara mudah menemukan budaya asing di Indonesia. Saat ini terjadi, tidak boleh gampang dipengaruhi dan jadikan budaya asing pada kehidupan setiap hari.

Walau budaya asing kelihatan lebih baik dan kekinian, kamu tetap harus jaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Pandai dalam membeda-bedakan budaya asing dan jangan pernah kamu lupakan budaya Indonesia dan cenderung pilih budaya asing.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia Supaya Tetap Lestari

3 Jenis budaya

Jika dilihat dari ruang lingkup penyebarannya, Budaya bisa di bedakan menjadi 3 jenis, diantaranya :

I. Budaya Daerah

Budaya bisa berupa cara bertingkahlaku, skema pemikiran sampai cara melakukan tindakan dari anggota golongan masyarakat yang mempunyai kebudayaan itu. Budaya daerah bisa dibatasi oleh daerah administratif wilayah itu sendiri atau demografinya.

Baca juga : Budaya dan Tradisi di Bali yang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Apa saja itu?

Daerah demografis itu jadi batas budaya lokal, tetapi bersamaan dengan perubahan batas daerah Buday daerah ini jadi tak terbatas akibatnya karena penyebaran masyarakat yang tidak rata.

II. Budaya Lokal

Sedangkan budaya lokal tergantung pada faktor tempat. Ini bisa dilihat lewat tempat pada perkotaan yang datang sebagai budaya lokal perkotaan itu, atau daerah tertentu di bagian perkotaan yang dipengaruhi oleh budaya yang diusung oleh pendatang.

Pada Budaya lokal, ada juga kebudayaan dominan yang berkembang yakni budaya lokal asli pada kota atau wilayah itu.

Koentjaraningrat memiliki pendapat jika budaya lokal berhubungan dengan kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitasnya akan kesatuan kebudayaan asli di tempatnya. Dalam masalah ini yang dikatakan sebagai kebudayaan lokal ialah bahasa sebagai ciri-ciri uniknya.

III. Budaya Nasional

Budaya nasional sebagai budaya dari penumpukan dari budaya yang datang dari beberapa daerah. Ada beragam jenis bentuk budaya nasional dan bisa dilihat pada umumnya jika jadi perhatian dengan jeli,

Yakni bisa dijumpai jika ada penyebaran besar yang terjadi antara kebudayaan di satu wilayah dan wilayah yang lain. Tetapi, keberagaman budaya itu yang jadikan satu bangsa mempunyai jati dianya.