Untuk body

Australia Beri Bantuan Mesin Desalinasi Air ke Nusa Lembongan

  • Bagikan
Australia Beri Bantuan Mesin Desalinasi Air ke Nusa Lembongan
Proses penurunan mesin desalinasi air dengan Helikopter MH-60R punya Angkatan Laut Australia. Mesin ini Australia memakai kapal AL Australia HMAS Canberra menuju pulau Nusa Lembongan, Klungkung, Bali, Minggu (29/8/2021). source by Antaranews.com

KLUNGKUNG – Australia Beri Bantuan Mesin Desalinasi Air ke Nusa Lembongan. LSM Surfrider Foundation Australia hari ini memberikan bantuan berupa mesin desalinasi air yang di berikan kepada Yayasan Pendidikan Wisata Darma Bali (SMA Wisata Darma), yang berada di Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Nantinya mesin ini bisa mengolah air laut menjadi air bersih yang siap di minum untuk siswa dan warga sekitar dengan kemampuan pengolahan 150 liter air minum bersih /jam untuk 500 orang tiap hari.

Bantuan ini sebagai wujud persahabatan yang kuat di antara komunitas Australia dan Bali yang tergabung dalam semangat bersama kita untuk laut dan lingkungan,” ujar Konsul Jenderal Australia di Bali Anthea Griffin, Minggu, ( 29/8/2021).

Australia Beri Bantuan Mesin Desalinasi Air ke Nusa Lembongan

Bantuan berupa mesin pengolahan air ini diangkut dari Australia memakai kapal Angkatan laut Australia HMAS Canberra yang ada di 50 NM dari garis pantai Bali. Kemudian mesin ini diangkut dengan Helikopter MH-60R kepunyaan angkatan laut Australia, kemudian diturunkan di Nusa Lembongan Bali

Kami mengucapkan terima kasih ke Komandan IPE21, CDRE Mal Wise di kapal HMAS Canberra dan anggota TNI di Bali yang sudah membantu Surfrider Foundation untuk memberinya jalan keluar secara berkesinambungan untuk air, listrik, dan sampah plastik ke Nusa Lembongan,” ucapnya.

Anthea Griffin memaparkan bantuan mesin itu diserahkan ke Nusa Lembongan, karena awalnya LSM Surfrider Foundation dan Bottle for Botol sudah berkunjung ke sekolah itu dan belajar mengenai akses air dan persoalan sampah plastik di kawasan ini.

Setelah mengetahui persoalan yang ada di nusa lembongan ini, mereka terima dana lewat program Australian Friendship Grant dari pemerintah Australia dan yayasan ini bisa beli mesin desalinasi dari perusahaan tehnologi air Australia, Moerk Water untuk sekolah wisata darma ini,” jelasnya.

Dia mengharapkan dengan bantuan mesin desalinasi air ini, akan bisa memberikan solusi untuk mengurangi persoalan sampah plastik, terutamanya yang diakibatkan oleh plastik air minum dalam kemasan dan menyiapkan air minum bersih yang murah untuk warga setempat.

Simak Juga : Pemerintah Australia Jemput Warganya di Bali lewat Bandara Ngurah Rai

Tujuan utama kami ialah memberikan dukungan tentang cara inovatif melindungi sumber daya alam dan memberikan dukungan pariwisata berkesinambungan di Bali. Ini ialah ide yang baik sekali, dan kami mengharapkan bisa menyaksikan pengaruh positif pada warga di tahun kedepanya,

  • Bagikan